Mendapatkan pinjaman tanpa harus memiliki jaminan atau KTA tentunya dambaan bagi semua pengusaha terutama yang memiliki usaha baru. Jika anda melihat orang-orang di sekeliling anda, maka akan terlihat beberapa diantaranya yang bisa memberikan anda modal berupa pinjaman terutama keluarga. Keluarga adalah orang-orang yang masih memiliki hubungan darah atau kekerabatan dengan kita seperti ayah, ibu, adik, kakak, paman, atau sepupu. Banyak orang yang sudah mempraktekkan cara mendapat pinjaman dari keluarga. Ada yang berhasil namun ada juga yang harus menelan kekecewaan karena mereka harus mengorbankan hubungan yang harmonis akibat adanya kegagalan usaha.

"Pinjaman Tanpa Jaminan dari Keluarga"

Keluarga menjadi sumber pemberi dana yang paling difavoritkan karena memiliki sejumlah kelebihan salah satunya paling fleksibel dalam menentukan waktu pelunasan hutang sehingga anda mempunyai banyak waktu untuk lebih fokus pada bisnis dan bukan pada hutang. Selain itu, mereka juga biasanya tidak mengenakan bunga dari uang yang mereka pinjamkan. Hal ini tentu sangat menguntungkan terutama jika bisnis anda belum mampu memberikan profit yang besar. Berikut ini adalah tips untuk mendapatkan pinjaman darii keluarga:

  • Menjalin hubungan erat
  • Menjelaskan resiko
  • Membuat surat perjanjian
  • Membidik anggota keluarga yang mampu

Hubungan yang harmonis dan erat menjadi modal utama untuk mendapatkan kepercayaan dari keluarga. Mungkin anda sering mengabaikan keluarga yang jauh atau tidak menjalin kontak dengan mereka namun saat anda membutuhkan bantuan, keluarga adalah opsi terbaik sebagai solusi untuk permasalahan keuangan yang anda hadapi. Mulailah jalin komunikasi yang lebih intens dengan anggota kelurga lain sehingga anda tidak terkesan memanfaatkan mereka hanya untuk kepentingan usaha anda. Perhatian kecil dan sapaan adalah hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengawali hubungan yang baik.

Setiap usaha tentunya memiliki resiko. Keluarga anda patut mengetahui resiko yang harus mereka hadapi jika usaha anda mengalami kerugian. Jangan pernah berbohong dengan mengatakan bahwa usaha anda pasti memberikan keuntungan karena kita tidak bisa meramalkan apa yang akan terjadi kedepannya. Jelaskan dengan bahasa yang sederhana dan tidak berlebihan. Jujur menjadi kunci bagi anda untuk mengawali sebuah bisnis. Usaha yang dilandasi kebohongan hanya untuk mendapatkan investor tidak akan berbuah manis karena pada akhirnya akan banyak yang merasa tertipu jika anda mengalami kegagalan dalam menjalankan suatu bisnis.

Surat perjanjian tetap harus anda buat meskipun kerjasama ini anda lakukan dengan keluarga sendiri. Surat ini haruslah memiliki dasar dan sah di mata hukum. Anda bisa menempatkan anggota keluarga layaknya investor lain yang membutuhkan kejelasan tentang pinjaman yang mereka berikan. Hal ini juga akan membuat anda lebih disiplin dalam melakukan pelunasan. Banyak orang yang hanya bermodalkan pembicaraan tanpa adanya perjanjian hitam di atas putih dan berakibat pada kekacauan saat ada kendala dalam bisnis.

Kemampuan finansial setiap anggota keluarga tentunya berbeda-beda. Ada yang mampu hidup berkecukupan namun ada juga yang harus bekerja keras untuk keluarganya. Ajukan proposal kredit tanpa agunan anda kepada orang yang anda anggap mampu. Jangan meminjam dari anggota keluarga yang memiliki rencana besar di waktu dekat seperti pernikahan karena tentu akan lebih sulit untuk membujuk mereka. Usahakan agar uang yang dipinjamkan merupakan tabungan yang belum terpakai. Jika pinjaman dari anggota keluarga belum mencukupi, anda dapat mencari investor lain seperti teman atau kolega dan jangan malu untuk mengakui bahwa anda butuh pinjaman untuk mengawali usaha anda.

Facebook Comments