Jika gejala bronkitis menyerang seperti batuk berdahak, sesak nafas, lelah dan seterusnya maka biasanya anda akan diberi antibiotik. Pemberian antibiotik oleh dokter memang seolah menjadi hal yang biasa sekarang ini. selain untuk bronkitis biasanya diberikan juga pada gejala penyakit lain semisal radang tenggorokan, pilek, infeksi telinga, dan yang lainnya. Antibiotik sendiri sebenarnya digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Untuk penggunannya tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan karena antibiotik termasuk kedalam obat keras.

Efek Samping Antibiotik

Seperti kita ketahui obat keras akan bepengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh kita secara keseluruhan dan secara jangka panjang. Maka dari itu disarankan agar kita tidak gampang untuk menggunakan obat antibiotik jika memang tidak begitu diperlukan. Tubuh kita memiliki mekanisme sendiri untuk menyembuhkan penyakit, selain itu bisa dibantu juga prosesnya dengan banyak beristirahat, mengonsumsi makanan yang bergizi, dan menggunakan obat-obatan alami.

Ada beberapa alasan lain mengapa kita sebaiknay menghindari antibiotik jika memang memungkinkan, diantarany aadalah karena antibiotik hanya berfungsi untuk infeksi bakteri saja tapi tidak terhadap infeksi virus. Jika anda tidak yakin sakit anda disebabkan oleh virus, bakteri atau justru yang lainnya, jangan dulu konsumsi antibiotik karena hal itu justru bisa memperburuk kesehatan anda. Selain itu antibiotik juga dapat menyebabkan resistensi sehingga antibodi anda tidak lagi bereaksi pada infeksi bakteri yang sebenarnya. Terlalu banyak mengonsumsi antibiotik juga dapat menyebakan meningkatnya jumlah kuman yang resisten terhadap khasiat yang dikandung antibiotik.

Karena itu tetap saja obat yang baik untuk kesehatan kita adalah justru dengan pencegahan. Jika anda memiliki gaya hidup yang sehat anda tidak akan terkena penyakit yang memerlukan antibiotik, seperti halnya terkena gejala bronkitis atau yang lainnya. Konsumsilah antibiotik berdasarkan anjuran dokter, jika tidak maka percayakan sistem imun dan antibodi anda untuk memulihkan kondisi anda.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaSoftware Point of Sales Online Omega POS Cloud
Artikel berikutnyaManfaat Cuka Apel
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.