Ciungtips.com – Google selalu menghadirkan doodle menarik disaat memperingati tokoh besar dunia, dan hari ini Google memperingati ulang tahun Rembrandt Van Rijn yang ke 407. Seorang pelukis yang masyhur dari Negeri Belanda.

Rembrandt Harmenszoon van Rijn (lahir 15 Juli 1606 – meninggal 4 Oktober 1669 pada umur 63 tahun) adalah pelukis Belanda yang merupakan salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa. Rembrandt dikenal dengan keahliannya memanipulasi ekspos cahaya terhadap objek sehingga memberikan efek tertentu di dalam lukisan.

rembrandt doodle ke 407

Selama hidupnya, Rembrandt telah menghasilkan 600 lukisan, 300 sketsa, dan 2000 gambar. Dan kebanyakan merupakan karya self potrait, yang memberikan gambaran sangat jelas mengenai Rembrandt yang sebenarnya, baik dari segi emosi maupun penampilan.

Teknik yang dipakai kebanyakan adalah chiaroscuro, yang memberikan kontras yang cukup jelas antara bayangan dan pantulan cahaya dengan gradasi yang halus, sekaligus memberikan efek dramatis kepada pemirsanya. Meskipun tetap saja kebanyakan tampil dengan tema-tema yang formal, karyanya mendalami aspek-aspek kemanusiaan tanpa membedakan usia maupun kekayaan.

lukisan rembrandt : Jaga Malam (
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:The_Nightwatch_by_Rembrandt.jpg

Di akhir kehidupanya Rembrandt dikenal dengan gaya hidupnya yang boros, termasuk dengan membeli banyak karya seni, khususnya cetakan, (kebanyakan digunakan sebagai referensi lukisannya), dan barang-barang antik, yang kemungkinan besar menjadi alasan kebangkrutannya pada 1656. Ia terpaksa menjual rumah dan pindah ke rumah yang lebih sederhana di Rozengracht. Di sini, Hendrickje dan Titus memulai usaha toko barang seni hingga akhir riwayatnya. Bagaimanapun, reputasi Rembrandt tidak tenggelam pada masa ini karena ia masih mendapat penugasan untuk lukisan-lukisan sejarah yang besar untuk balai kota yang baru.

Menjelang kematian nya Rembrandt hidup terpisah dengan Hendrickje (istri nya*) dan Titus (anak Lelakinya*). Pada akhir riwayat, hanya Cornelia yang ada di sampingnya. Hidup terpisah dengan anak lelakinya membuat dia terpukul berat dan akhirnya meninggal dunia pada 4 Oktober 1669 di Amsterdam dan dikubur tanpa tanda atau upacara apapun diWesterkerk.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaHarga Blackberry Z10 Hanya Rp 990ribu
Artikel berikutnyaHarga Apple Iphone 5 Terbaru
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.