ciungtips.com – Hari ini google menampilkan doodle untuk merayakan ulang tahun ke 96 penyanyi jazz wanita legendaris As Ella Fitzgerald. Doodle nampak semarak dengan wanita berada di panggung dengan iringan grup musik,serta tulisan google terlihat di latar nya.

google doodle
google doodle ella fitzgerald

Sosok seniman yang diperingati oleh google adalah Ella Jane Fitzgerald, seorang penyanyi jazz legendaris AS yang dijuluki ‘Queen of Jazz’. Lady Ella, begitulah kerap ia disapa, dilahirkan di Newport News, Virginia, AS, pada 25 April 1917. Jika masih hidup, maka tepat hari ini ia merayakan ulang tahunnya yang ke-96.

Perjalanan Hidup Ella Fitzgerald
Tumbuh dalam kondisi ekonomi yang memprihatinkan, miskin dan tidak memiliki tempat tinggal tetap, Lady Ella banyak mempelajari musik dari radio dan musik gospel dari gereja.
Karirnya bermula pada November 1934, di kala ia berhasil memenangkan kontes bakat di Apollo Theater di Harlem, New York dengan mempertunjukkan kemampuannya dalam bernyanyi. Beberapa saat setelah itu, karirnya berlanjut dengan menjadi vokalis dari Chick Webb Orchestra.

Ada banyak album Lady Ella yang menjadi pilihan para pecinta musik jazz. diantaranya adalah ‘The Complete Ella Fitzgerald Songbooks’. Album ini berisi kumpulan komposisi jazz karya para komposer terkemuka seperti Cole Porter, Gershwin Brothers, Rodgers & Hart, Duke Ellington, Harold Arlen, Jerome Kern dan Johnny Mercer.

Selain itu, dokumentasi rekaman konsernya di Berlin pada tanggal 13 Februari 1960 yang dikemas dalam album berjudul ‘The Complete Ella In Berlin: Mack The Knife’ menjadi salah satu album unggulan miliknya dan bahkan sudah masuk ke dalam daftar koleksi legendary classic jazz albums.
Album ini pun kemudian muncul dalam dua versi, yang pertama versi lengkap dan kedua dengan judul ‘Ella In Berlin’. Kesuksesan album ini membuat Lady Ella diganjar dengan penghargaan Grammy Award pada tahun 1960 untuk kategori ‘Best Female Pop Vocal Performance’.
Ella Fitzgerald wafat di Beverly Hills, California, 15 Juni 1996 dalam usia 79 tahun.Sepanjang karirnya, ia telah memenangkan 13 penghargaan Grammy Award dan berhasil menjual 40 juta buah album musik.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaSpesifikasi Harga Tabulet Troy Duos 3G
Artikel berikutnyaKelebihan-kelebihan Tablet Android
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.