Bersin-bersin di pagi hari atau pada saat cuaca dingin ?.
Bersin-bersin plus hidung meler,.. Nah lo kena apa nih?
Kok tiap pagi kambuhnya?
Jadi Khawatir,?
Apakah sobat ada yang mengalaminya juga ?.

Dan ternyata..
Bersin-bersin di pagi hari adalah disebabkan oleh pembuluh darah pada hidung yang sensitif dengan udara dingin pagi hari,apalagi kalau musim hujan ( rhinitis vasomotor).
Ada beberapa orang yang daya tahan tubuhnya relatif rendah di pagi hari, karena memang selama kita tidur di malam hari itu, semua sistem tubuh secara otomatis ikut melambat (dalam keadaan santai), dan keadaan santai ini terus berlanjut sampai kita bangun dan sarapan pagi; setelah sarapan pagi tersebut daya tahan tubuh kita akan ikut bangun sedikit demi sedikit..
Oleh karena itu, selain berkaitan dengan reaksi alergi, daya imun tubuh kita juga harus ditingkatkan untuk mengatasi bersin-bersin dan akhirnya hidung berlendir (flu) tersebut.

Flu disebabkan oleh virus influenza, dan sebenarnya sekali virus itu ‘hinggap’ di tubuh kita, virus itu tidak bisa benar-benar kita lenyapkan, kita hanya bisa menekannya dengan daya imun yang baik sehingga virus tidak menginfeksi.
Makanya biasanya kalau kita flu itu, tidak minum obat pun sebenarnya juga tidak apa-apa, asal kita bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita yang sempat kendur, yang mengakibatkan virus ini merajalela dalam tubuh, flu itu lama-lama akan hilang sendiri bersamaan dengan melemahnya daya infeksi virus.

Makanya kalau kemudian daya tahan tubuh kita melemah lagi, virus akan kembali mencoba ‘menguasai’ tubuh kita.

Berikut ini cara-cara untuk meningkatkan daya tubuh tersebut :

1. Olah raga di pagi hari dengan teratur, sehingga metabolisme tubuh meningkat, sehingga tubuh menghangat, sel darah giat mengalir di seluruh pembuluh darah dan daya tahan tubuh ikut meningkat.
2. Makan atau minum makanan minuman yang kaya vitamin C dan mineral Kalsium.
3. Jaga kehigienisan saluran nafas atas dan mulut, kumur-kumur dengan air hangat dan bersihkan lubang hidung.
Hiruplah uap hangat untuk menghambat masuknya udara dingin yang bisa menyebabkan flu pagi itu.
4. Tenangkan pikiran atau hindari kemungkinan- kemungkinan jadi stres karena keadaan ini, karena stres sama juga akan menurunkan daya tahan tubuh.

Jadi jangan terlalu khawatir sob,yang penting kita selalu menjaga Kekebalan tubuh kita,supaya mampu menang melawan si Biang Flu.
Thank’s sob,Selamat hidup Sehat.

Facebook Comments