Bagaimana reaksi kamu jika mendengar ada orang jualan kandang ayam secara online ?, mungkin banyak yang tidak mempercayainya dan berpikir itu mustahil. Tetapi ini benar terjadi, karena saya sendiri yang mencobanya langsung dan memang cukup mengejutkan ada saja calon konsumen yang menanyakan dan order produk yang bisa dibilang nyeleneh ini.

Semua berawal dari perbincangan santai dengan seorang teman lama, obrolan mengalir dari mulai menanyakan kabar hingga kemudian membahas tentang usaha yang digelutinya. Ia bercerita memiliki usaha dalam pembuatan kandang ayam petelur dengan sistem baterai. Bahan utama yang digunakan adalah bambu, setiap deret kandang bisa memuat 8-10 ekor ayam petelur. Usaha ini masih rintisan skala rumahan, dan hanya berproduksi selagi ada pesanan.

https://www.facebook.com/jualkandangayampetelur

kandang bentuk sangkar empat persegi panjang disusun berderet memanjang bertingkat dua atau lebih.

Ia mengeluh katanya order tidak sebanyak dulu, karena kini banyak pesaing yang berani menawarkan harga yang lebih murah untuk tiap kandangnya walaupun kualitasnya sangat buruk. Entah kenapa saya kok kemudian nyeletuk, aku bantu pasarkan di Internet deh, siapa tau nanti ada order yang masuk. Saat itu saya merasa penasaran, dan menantang diri sendiri untuk mencoba memperkenalkan produk yang tidak umum dijual di Internet. Selama ini saya hanya bergelut dengan penulisan artikel dan mengelola blog, saya kira tidak ada salahnya memulai sesuatu yang baru seperti mempelajari digital marketing untuk membuka wawasan lebih jauh.

https://www.facebook.com/jualkandangayampetelur
https://www.facebook.com/jualkandangayampetelur

Untuk langkah awal, saya putuskan untuk memakai sosial media sebagai alat promosi. Foto-foto proses produksi, dan beberapa video saya sertakan untuk melengkapi profil facebook fanspage. Lalu saya juga lakukan campaign untuk menambah like dan mencoba memperkenalkan fanspage baru ini kepada lebih banyak orang. Target pemasaran dibuat spesifik hanya seputaran kota Tasik, Ciamis, dan Banjar hal ini dipilih karena kandang ayam memiliki dimensi yang besar, maka tidak cocok untuk dikirimkan melalui jasa ekspedisi. Seiring waktu jumlah like bertambah, dan mulai ada interaksi, pertanyaan mulai menghinggapi pada beberapa post yang dibuat. Kotak pesan juga mulai terisi oleh calon konsumen yang berminat untuk bekerjasama. Konsumen yang serius saya arahkan untuk menghubungi whatsap sang teman, dan akhirnya bisa nego langsung dan berkonsultasi tentang spesifikasi kandang yang di inginkan.

Setelah berjalan beberapa bulan, akhirnya ada konsumen yang deal order dan bahkan proses pembangunan kandangnya juga diserahkan kepada kami. Malah ada calon konsumen yang menghubungi mengatakan sebagai orang Sulawesi dan Kalimantan ingin memesan kandang untuk puluhan ribu ekor ayam dengan nilai kontrak ratusan juta rupiah. Namun sayangnya karena keterbatasan produksi, kami tidak bisa menyanggupi permintaan tersebut.

“Kandang Ayam Perlu Marketing yang Baik, dan Tentu Bisnis yang lain juga Membutuhkannya”.

“Business has only two functions — marketing and innovation.” — Milan Kundera, Writer & Playwright

Untuk sebuah produk yang tidak setiap hari dibutuhkan dan juga target marketnya yang spesifik, pengalaman menjual “kandang ayam” secara online ini membuka wawasan tentang bagaimana seharusnya strategi digital marketing diterapkan. Karena pemasaran digital memiliki begitu banyak pilihan dan strategi yang terkait dengannya, kita dapat menjadi kreatif dan bereksperimen dengan berbagai taktik pemasaran dengan anggaran terbatas. Setelah sosial media, kedepan kami akan memanfaatkan website, menjalankan iklan dan mungkin sembari meningkatkan kapasitas produksi agar mampu melayani order dengan baik.

kandang ads
kandang ads

Sekedar kandang ayam pun membutuhkan pemasaran dan promosi online agar dikenal dan mendapat order dari konsumen. Nah, tentu saja untuk bisnis yang lain atau bahkan branding diri pun memerlukan strategi digital marketing yang baik agar dapat mencapai tujuan yang di inginkan.

Digital marketing, Masa Depan pemasaran yang Tidak boleh diabaikan.

“Ignoring online marketing is like opening a business but not telling anyone.” — KB Marketing Agency

Saat ini dunia digital telah menjadi bagian dari gaya hidup kita. Perkembangannya setiap waktu terus meningkat, seiring dengan semakin baiknya infrastruktur internet. Dengan memanfaatkan dunia digital untuk marketing, maka kita bisa menjangkau lebih banyak orang daripada melakukan pemasaran secara konvensional. Tidak ada lagi hambatan dalam jarak dan waktu, karena selama masih ada internet maka selama itu pula produk kita dapat ditemukan oleh konsumen. Mengabaikan ranah digital berarti kita harus siap kehilangan publisitas atas produk yang dimiliki dan dikalahkan oleh pesaing.

Keunggulan lainnya dari Digital marketing adalah kita dapat menggunakan alat seperti dasbor analitik untuk menganalisa perilaku dan target konsumen yang ingin di sasar. Hal ini tentu tidak bisa diberikan oleh konten promosi tradisional – seperti papan iklan atau iklan cetak.

Digital Marketing Life Hack, Strategi terbaik Untuk Kesuksesan Campaign.

Strategi Digital marketing memanfaatkan berbagai platform digital dalam menuju kesuksesan campaign. Digital marketing memanfaatkan media-media digital seperti website, media sosial, e-mail, dan aplikasi mobile sehingga membentuk kesatuan yang saling mendukung.

1. Pentingnya Website untuk Mendukung Digital Marketing

Website adalah sebuah keharusan dalam digital marketing, sebuah media untuk kita mendisplay apa yang ingin kita perkenalkan kepada khalayak ramai. Dengan memiliki website, maka kita bisa tampil lebih profesional. Kita bisa menyajikan informasi dengan lebih detail dan leluasa daripada di platform lainnya, karena website biasanya sengaja dibangun dengan hosting mandiri.

Desain dan Konten harus Relevan

Supaya pengunjung merasa nyaman selama berada di website yang kita miliki, maka faktor desain merupakan hal yang harus diperhatikan dengan baik. Pemilihan theme, tata letak, kemudahan konten dan navigasi merupakan hal yang tidak bisa ditawar. Sebuah website tidak hanya membantu kita dalam digital marketing, tetapi juga menjadi pembawa citra bagi brand atau produk yang sedang dijalankan. Buatlah desain yang fleksibel dan bisa dibuka dari media apapun, baik itu PC ataupun secara mobile di smartphone. Manfaatkan AMP (Accelerated Mobile pages) untuk tampilan lebih baik di perangkat mobile dan lebih SEO Friendly.

Konten yang disajikan juga harus senantiasa segar dan fresh, maka updatelah secara berkala agar dapat menyampaikan pesan secara mudah ke pengunjung. Website atau blog yang tidak aktif dan terbengkalai tidak akan ada artinya. Pengalaman pengguna yang baik akan menentukan kesuksesan bagi digital marketing itu sendiri.

Pilih Domain dan Hosting Terbaik di Domainesia

Website dengan desain yang baik, harus juga didukung oleh hosting yang mumpuni. Karena jika hostingnya sering down dan membuat website yang kita miliki tidak bisa diakses maka tentu akan mengecewakan pengunjung. Kita akan kehilangan potensi keuntungan jika dibiarkan down dalam waktu yang lama, Situs web harus dirancang untuk dapat mengakomodasi semua kunjungan dengan lancar.

Pastikan loading yang cepat, terlepas dari perangkat yang digunakan pengguna. Menurut Search Engine Land, Google akan mempertimbangkan waktu pemuatan halaman sebagai faktor pemeringkat penting dalam hasil pencarian. Selain itu, pengguna juga lebih menyukai halaman web yang memuat dengan cepat, kecepatan memuat yang lambat dapat menyebabkan pengalaman pengguna yang buruk.

pilihan paket web hosting murah domainesia
pilihan paket web hosting murah domainesia

Bagi yang baru saja merintis dan berhadapan dengan pengelolaan budget yang terbatas, bisakah memulai memiliki website sendiri ?. Jawabanya tentu bisa, pilihan terbaiknya adalah memilih Web hosting murah di Domainesia. Pilihan harganya benar-benar sangat terjangkau, mulai dari 16 ribu rupiah/bulan!. Bahkan lebih murah daripada paket internet bulanan yang seringkali kita keluarkan.

alasan kenapa harus memilih domainesia
alasan kenapa harus memilih domainesia

Kunjungi www.domainesia.com/domain untuk mulai order domain kamu. Harga untuk ekstensi domain .com hanya 99ribu rupiah saja dan itu untuk 1tahun!. Pembayaran dapat dengan mudah dilakukan, kita bisa memilih apakah memakai bank, Paypal, bahkan Gopay, Ovo, Dana, Alfamart dan Indomaret. Dengan budget yang sangat terjangkau ini, pelaku usaha kecil seperti UKM dan UMKM dapat mulai memanfaatkan dunia digital untuk memperkenalkan produknya.

Ketakutan utama bagi mereka yang ingin memiliki website adalah merasa tidak mampu dan tidak familiar dengan pembuatan website. Kesannya, jika ingin membuat website maka kita harus bisa menguasai bahasa pemrograman dan kode-kode yang rumit. Padahal, dengan memilih membuka hosting di Domainesia, kita bisa dengan mudah membuatnya hanya dengan satu klik saja. Dengan adanya fitur Instant Deploy, kita cukup memilih kategori website yang diinginkan, memilih jenis hosting dan domain, kemudian memasukkan email serta password yang berguna untuk pengelolaan website. Senangnya lagi, website sudah bisa langsung memakai SSL untuk keamanan yang lebih baik. Kita tinggal pilih apakah akan menggunakan platform blog wordpress, atau bahkan toko online, forum dan lainnya.

Rekomendasi yang menarik adalah, memilih web hosting murah paket 32 ribu rupiah perbulan maka kita dapat Domain Gratis selama satu tahun. Menilik dari spesifikasinya, pilihan hosting ini sangat cocok untuk mulai membangun website pertama kita. Seiring waktu, jika pengunjungnya mulai meningkat maka kita bisa mengupgradenya kemudian.

Domainesia VM

pricing VM Domainesia

Selain shared hosting, Domainesia juga menyediakan VPS yang bisa membuat penggunanya lebih leluasa mengelola setiap aplikasi dan resources didalamnya. Secara sederhana, dengan membeli paket VPS kita seperti menyewa komputer virtual yang digunakan untuk menyimpan semua database website yang kita miliki. DomaiNesia menggunakan tekhnologi KVM (Kernel Based Virtual Machine) yang sudah terbukti unggul dalam dunia VPS. Untuk pilihan paketnya bisa dilihat di link www.domainesia.com/vm, kita bisa dengan mudah menyesuaikan kebutuhan dengan paket yang ada.

www.domainesia.com/vm
Keunggulan VPS Domainesia www.domainesia.com/vm

Keunggulan yang paling terasa jika memilih VPS adalah server yang lebih stabil karena server yang kita miliki tersebut terpisah secara mandiri dengan pengguna lain. VPS terbaik yang disediakan Domainesia ini tersedia beragam OS seperti Ubuntu, Centos dan Debian. Untuk Control panelnya kita bisa menginstall yang paling sesuai dengan keinginan, ada Webuzo, Plesk, VestaCP dan banyak lainnya.

https://www.domainesia.com/panduan/apa-itu-virtual-server/

Karena VPS itu Unmanaged, maka dibutuhkan pengetahuan yang baik untuk dapat mengelolanya. Beruntung Domainesia menyediakan halaman panduan yang cukup lengkap untuk kita ikuti. Ada juga dukungan costumer service yang siap membantu menjelaskan dari sisi teknikal. Jika masih ragu, sekarang jasa install VPS juga sudah banyak kok, sebagai user saya juga sering meminta bantuan mereka dan kita tinggal memakai saja.

2. Lakukan Optimasi SEO situs web Milikmu.

Desain website sudah bagus, konten fresh, hosting juga sudah bisa diandalkan, lalu apa lagi ?. Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah SEO atau Search Engine Optimization agar website yang kita miliki dapat tampil dihalaman pertama pencarian. Bagi pengunjung, tentu tidak akan mau repot-repot menggulir halaman selanjutnya jika pencarian yang mereka inginkan sudah didapatkan di halaman pertama. Untuk itu SEO sangat penting untuk diterapkan agar website yang dimiliki dapat menarik perhatian pengunjung dan selanjutnya tentu dapat menaikan popularitas dan keberhasilan digital marketing yang kita jalankan.

SEO bisa dilakukan dari optimasi website yang kita miliki atau yang disebut dengan on page. Kita bisa memperhatikan penggunaan Keyword, Heading Tag, Meta Description, Title Tag, Konten, Permalink, Outbond Link, dan Image alt-tag. Jangan lupakan bahwa Konten yang segar dan original selain memanjakan pengunjung juga sangat disukai oleh Google, untuk itu penulisan konten demikian akan sangat membantu dalam menaikan hasil pencarian di Search engine.

Jika optimasi on page sudah dilakukan, maka selanjutnya kita bisa melakukan optimasi off page yang berarti dari luar website yang kita miliki. Apa artinya ?, jika website kita dirujuk oleh website berkualitas lainnya maka google akan menganggap bahwa website kita ini penting dan menaikan peringkatnya di mesin pencari. Backlink berkualitas bisa kita dapatkan dari “guest post“, komentar di website lain atau bahkan dari akun-akun social media.

SEO seperti seni, dan sedikit melelahkan untuk dilakukan, apalagi jika tidak memiliki dasar-dasar tehniknya. Untuk itu jika ingin lebih cepat, maka kita bisa bekerjasama dengan jasa SEO dan membeli link-link berkualitas agar website yang kita miliki dapat cepat masuk ke halaman pertama halaman pencarian.

3. Gunakan Data dan Mau Tetap Belajar.

Dunia digital untungnya memiliki berbagai tools yang bisa kita gunakan untuk menganalisa keberhasilan suatu campaign. Google Analytic bisa memberikan data tentang perilaku pengunjung, keyword, konten yang disukai, bahkan hingga OS yang dipakai olehnya. Begitu juga di Sosial media, kita bisa melihat insight fanspage mulai dari interaksi, orang yang dijangkau, bahkan umur dan gender. Lakukanlah evaluasi berdasarkan data-data yang ada sehingga kita bisa tetap on the track.

Yang terpenting dari semuanya adalah jangan lelah untuk belajar, terus beradaptasi dan jeli melihat trend, karena dunia digital itu sangat dinamis. Bisa saja tekhnik yang kita gunakan work saat ini, tapi beberapa bulan lagi menjadi tidak berguna. Algoritma google berubah setiap tahun, SEO dari waktu ke waktu terkadang membutuhkan perlakuan yang berbeda. Begitupun trend sosial media, dahulu instagram dan youtube belum sepopuler sekarang. Tetapi kini platform tersebut memiliki peranan yang signifikan dalam digital marketing.

4. Lakukan campaign Iklan Tertarget

Apakah ada yang lebih mudah untuk masuk halaman satu pencarian ?. Jawabannya ada, yakni mengeluarkan budget untuk memasang iklan. Dengan target yang tepat, iklan yang kita pasang akan tampil persis di atas hasil pencarian pada keyword yang dibidik.

Tidak hanya di adwords, kita juga bisa melakukan promosi di sosial media dengan memanfaatkan facebook ads, atau instagram ads. Kabar baiknya, kita bisa menentukan budget dan target audiens yang dipilih dengan spesifik, sehingga iklan yang kita jalankan menjadi sangat efektif.

5. Lengkapi Profil website dan Bisnis di Google Bisnisku

Dengan melengkapi profil bisnis di google bisnisku, maka bisnis kita memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk ditemukan di penelusuran Google dan muncul di Google Maps. Cara mendapatkannya cukup simpel, kita hanya perlu mengisi formulir di https://business.google.com klik mendaftar, kemudian tunggu proses verifikasi.

6. Manfaatkan media sosial

“Content is fire. Social media is gasoline.” – Jay Baer

Media sosial bukan hanya alat untuk mendapatkan eksposur, tetapi kini telah menjadi tempat yang tepat untuk memperkenalkan setiap bisnis. Buatlah profil di Instagram, Facebook, Twitter dan bahkan Youtube agar kita bisa berinteraksi dengan pengguna yang lebih luas. Isi profil tersebut dengan konten-konten yang menarik, instagram bisa kita isi dengan foto produk atau mungkin infografis, sementara facebook bisa di mix dengan narasi yang lebih panjang, dan Youtube dengan video yang bermanfaat.

Konten jangan melulu tentang jualan tetapi kita bisa juga membuat konten yang fun dengan memperhatikan tren yang sedang terjadi. Sesekali membuat event giveaway juga bisa menjadi opsi yang menarik audiens lebih banyak.

Waktunya Manfaatkan Digital Marketing.

Ditengah perkembangan dunia digital yang berangsung cepat ini, sudah seharusnya kita beradaptasi dan memanfaatkan tekhnologi. Jangan sampai kita gagap dan tertinggal saat semuanya telah menjadi terlambat. Tidak perlu budget yang fantastis kok untuk memulainya, bahkan dengan dana terbatas kita sudah dapat memiliki domain, dan web hosting murah dari domainesia membantu mewujudkannya.

 

referensi : https://blog.hubspot.com/marketing/marketing-quotes, https://www.lyfemarketing.com/blog/what-is-web-marketing/, https://neilpatel.com/what-is-growth-hacking/, https://www.domainesia.com/panduan/panduan-instant-deploy-domainesia/

Facebook Comments