bisnis online
freepik

Era digital telah membuka banyak peluang bagi mereka yang ingin memulai bisnisnya sendiri. Dahulu, untuk memulai bisnis hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang karena membutuhkan sumber daya dan modal yang tidak sedikit. Sedangkan kini dengan beragam kemudahannya, bisnis online dapat menjadi pilihan bagus bagi siapa pun yang ingin memulai perjalanannya dalam dunia bisnis, terlepas dari latar belakangnya atau pengalamannya di masa lalu.

Bisnis online cocok bagi mereka yang sedang mencari penghasilan tambahan, ataupun mereka yang siap meninggalkan pekerjaan utamanya untuk menjalankan passion yang disukainya secara penuh. Namun perlu diingat bahwa, untuk membangun bisnis online untuk pemula yang sukses selalu diawali dengan sejumlah perencanaan yang matang. Ide-ide hebat harus disesuaikan dengan kemampuan, pengalaman, dan bakat Kita agar bisa berjalan dengan baik.

Ide Bisnis Online

Saat ingin memulai, Kita mungkin akan kebingungan cara memulai bisnis online ini bagaimana? Menemukan ide bisnis online yang tepat adalah setengah dari perjuangan, lalu separuh lainnya adalah menjalankannya dengan konsisten. Tidak memiliki modal bukan berarti jalan Kita menuju kewirausahaan sudah berakhir. Ada banyak cara untuk memulai Bisnis online tanpa modal. Yang Kita butuhkan hanyalah pola pikir seorang entrepreneur: kesabaran, kerja keras, kreativitas, dan kemauan untuk menguji hal-hal baru.

Bisnis online tanpa modal bukanlah sebuah kemustahilan. Ada banyak yang bisa kita coba dengan modal yang benar-benar minim di dunia online. Bahkan banyak yang memulai hanya dengan smartphone dan kuota saja hingga kemudian terus berkembang. Namun tentu saja tidak ada jalan pintas untuk sukses, dua hal yang perlu kita siapkan adalah waktu dan terus mengasah skill.

Membangun kepercayaan dan memperluas jaringan hingga menyempurnakan ide bisnis dan mengembangkan basis pelanggan tidak akan terjadi dalam semalam. Oleh karena itu butuh konsistensi dan selalu bersedia mengevaluasi setiap langkah agar hasilnya menjadi lebih baik.

Untuk memudahkan, berikut adalah beberapa bisnis online untuk pemula yang bisa dicoba tanpa perlu keluar banyak modal.

1. Jual Skill yang dimiliki

Cara bisnis online termudah dan tanpa modal uang adalah dengan menjual keahlian Kita.Jika kita sudah punya dasar skill di bidang tertentu, maka kita bisa menjual jasa tersebut di situs-situs seperti Fastwork atau Fiverr. Bisa juga memasarkannya sendiri di media sosial ataupun website. Saat ini banyak dicari jasa menulis artikel, jasa desain, jasa website, SEO, editing video, hingga penterjemah.

2. Sosial Media Spesialis

Dulu pernah ada anggapan kalau sosial media itu hanya sebatas main-main dan menghabiskan waktu. Namun kini, sosial media menjelma menjadi bagian tidak terpisahkan dari digital marketing. Posisi sebagai sosial media spesialis, konten kreator, copy writer cocok bagi kamu yang expert menangani berbagai platform sosial media. Tugas utamanya adalah memastikan setiap campaign yang dijalankan sukses menjangkau audiens dan memperkuat brand yang sedang ditangani.

bisnis online tanpa modal
bisnis online tanpa modal

3. Jadi Konten Kreator

Konten kreator adalah orang-orang yang mengubah ide-ide menjadi sebuah konten kreatif baik itu berupa tulisan, video, gambar, suara atau gabungan dari beberapa hal tersebut. Konten kreator adalah cara bisnis online yang kini banyak diminati karena bisa dimulai dengan modal yang minim.

Platform seperti blogger, wordpress, kompasiana, dan website self hosting untuk yang suka menulis, lalu ada Youtube, Tiktok, Instagram, dan Facebook untuk pembuat konten video. Konten-konten yang kreatif akan membuat orang-orang tertarik untuk following atau subscribe. Saat penonton bertambah maka pendapatan dari iklan, endorse atau affiliate juga dapat meningkat.

4. Jualan online

Bagi yang jiwanya seorang pedagang, dunia online adalah media yang tepat untuk menjual apapun. Kita bisa menjangkau audiens yang luas tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Produk yang kita tawarkan bisa dilihat oleh siapapun dan kapanpun sehingga lebih berpotensi untuk terjual. Jualan online relatif lebih mudah untuk dimulai, tidak perlu menyewa tempat fisik karena kita bisa memanfaatkan marketplace seperti Lazada untuk tempat etalase berjualan.

Jika tidak punya produk untuk dijual, kita bisa memulai sebagai reseller, membeli produk dari suplier kemudian dijual kembali. Jika ingin bisnis online yang lebih simpel lagi kita bisa dropship, kita jual produk dengan nama toko sendiri sedangkan produknya dari suplier. Kita tidak perlu menyetok sendiri, bahkan ada yang penanganan produk dan pengiriman diurus oleh suplier jadi Kita pun hanya fokus di penjualan. Atau bisa juga jadi affiliater, kita fokus ke penjualan, mengarahkan pembeli ke penjual dan akan mendapatkan komisi jika ada produk yang laku.

Produk fashion dan makanan adalah beberapa produk populer yang selalu dicari pembeli. Terutama jika menjelang lebaran maka orderannya bisa gila-gilaan. Selain itu ada juga produk skincare, produk bayi, peralatan dapur dan akesoris yang punya potensi untuk laris.

Yuk Jualan Online di Lazada

bisnis online untuk pemula
bisnis online untuk pemula

Setelah tahu apa yang akan dijual maka sekarang saatnya untuk membuka toko kita sendiri di platform online. Lazada adalah platform ecomerce terpercaya yang bisa kita pilih untuk membuka toko online pertama Kita.

1. Daftar jadi Seller Lazada

Cara jualan di Lazada sangat mudah, proses pendaftarannya juga cepat sehingga kita bisa segera jualan. Hanya perlu masukan nomor telepon dan email maka kita sudah siap jualan di Lazada. Langkah selanjutnya agar siap menerima pesanan adalah lakukan konfigurasi toko dan produk.

2. Konfigurasikan Toko

Untuk melakukannya kita bisa login yang nantinya otomatis diarahkan menuju dashboard Lazada Seller Center. Disinilah Kita bisa mengatur seluruh kegiatan toko yang Kita miliki. Untuk langkah pertama Kita bisa menuju ke tab “pengaturan” untuk menyunting bagian Informasi Penjual, Informasi Bisnis, juga Keuangan.

cara memulai bisnis online
cara memulai bisnis online

3. Lengkapi Profil

Lengkapi profil toko seperti nama, deskripsi, foto, dan banner. Kemudian masukkan alamat toko dan nomor rekening bank yang nantinya akan menjadi tujuan untuk mencairkan penghasilan dari penjualan.

4. Upload Produk

Langkah berikutnya adalah mulai upload produk-produk yang Kita miliki, lengkapi dengan detail yang lengkap agar pembeli bisa mengerti tentang produk yang dijual. Jangan lupa untuk memanfaatkan berbagai fitur di “Pusat Pemasaran” seperti beberapa campaign, promo diskon dan voucher yang akan membantu toko Kita memperoleh kunjungan dan pesanan.

Banyak ide bisnis online untuk jualan di Lazada

Keuntungan Jualan di Lazada

Berjualan di Lazada bisa jadi cara memulai bisnis online yang tepat karena banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan untuk mengembangkan toko Kita. Selain pendaftarannya yang gratis, berikut adalah beberapa keuntungan lainnya.

1. Platform yang Populer

Saat ini siapa sih yang tidak mengenal Lazada, situs ecomerce terbesar yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 2012. Lazada bisa terus bertahan berkat dari beragam fiturnya yang inovatif dan sistem pembayaran yang terpercaya. Dengan membuka toko di Lazada maka kemungkinan untuk memperoleh pembeli juga jadi jauh lebih besar.

2. Ada program pendampingan bagi seller baru

Sebagai seller baru tentu saja Kita masih bingung tentang apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Nah Lazada sangat mengerti hal ini dan peduli dengan mengadakan program pendampingan bagi seller baru agar bisa memahami betul beragam fitur dan tips triknya agar jualan makin laris.

3. Gratis Ongkir dan Biaya Komisi paling murah

 

Sebagai seller baru Kita mungkin belum memiliki kondisi keuangan yang stabil. Lazada sangat friendly bagi seller baru karena biaya komisinya paling rendah dan juga biaya gratis ongkir. Sebagai seller kita bebas menentukan produk dan minimum belanja untuk tiap pesanan.

4. Adanya seller rewards

Keuntungan selanjutnya yang bisa kamu nikmati jika berjualan online di Lazada adalah bisa berkesempatan untuk mendapatkan berbagai rewards. Dengan adanya program ini, toko online yang kita miliki akan menjangkau lebih banyak pelanggan dan akses ke berbagai promo yang menarik.

5. Fitur Seller Center Lengkap dengan Tampilan yang mudah dipahami

Fitur seller center Lazada ini memiliki user interface yang mudah untuk dipahami bahkan oleh pemula sekalipun. Sebagai seller, Kita bisa memelajari fitur-fitur di dashboard seller center dengan cepat. Mulai dari upload produk, akses ke promosi hingga mengelola proses pesanan yang masuk semuanya bisa dilakukan di website ataupun ponsel.

Perbanyak wawasan kunjungi YukJualanOnline.com

Sebagai orang yang baru saja bergelut di bisnis online Kita harus rajin untuk belajar. Diantaranya bisa mengunjungi situs YukJualanOnline.com yang konten-kontennya sangat berguna untuk menambah wawasan Kita.

1. Ada Inspirasi jualan, tren bisnis hingga cerita sukses seller

Jualan apa sih yang sedang tren? Pertanyaan seperti ini seringkali ditanyakan oleh seller pemula nah di situs YukJualanOnline.com ini ada beberapa insight menarik tentang ide bisnis online, tren hingga cerita para seller.

2. Ada Tips Jualan

Penjual baru biasanya masih belum mengerti cara jualan yang benar. Untuk itu dapatkan tips-tips jualan yang bisa kita terapkan dari situs ini. Seperti bagaimana menangani stok, bagaimana memanfaatkan promo dan event untuk mendongkrak penjualan.

3. Akses ke Komunitas dan Lazada University

Situs ini juga menyediakan tab menu menuju ke Lazada University dimana Kita bisa mengenali fitur-fitur Lazada lebih jauh lagi. Lalu Kita juga bisa bergabung dengan Komunitas para seller Lazada untuk saling berbagi pengetahuan.

Banyak pengusaha yang menciptakan bisnis yang sangat sukses pada awalnya seringkali tanpa modal yang memadai dan hanya sekedar pekerjaan sampingan. Dengan komitmen yang kuat untuk merealisasikan ide pada akhirnya dapat membawa Kita lebih jauh dari yang Kita kira. Jadi jangan patah semangat, yuk mulai bisnis online dengan memanfaatkan apa yang kita miliki. Menjadi seller Lazada bisa jadi adalah jalan untuk menuju kesuksesan yang kita impikan.

Facebook Comments

14 KOMENTAR

  1. Musuh utama pemula di bisnis online itu lebih ke konsistensi, seringnya hilang fokus jadi patah semangat duluan. Kalau untuk peluang sebenarnya banyak sekali termasuk jualan online.

  2. Kalo mulai jualan brrti emang sebaiknya di Lazada aja yaaaa Kak. Banyak banget manfaatnya untuk seller baru yaaa

  3. Dulu mau buka usaha mah ribet, belum lagi modal sewa tempatnya. Sekarang jadi lebih mudah karena serba online, jadi ngga perlu punya toko fisik juga. Apalagi jualan di Lazada, banyak banget untungnya. Ada pendampingan buat seller baru dengan freong dan komisi murah.

  4. Di era digital sekarang, banyak banget bisnis online yang bisa kita lakukan ya kak, kalau punya skill bisa coba nyari kerjaan freelancer dari berbagai pemberi kerja, kalau yang mau jualan barang pun gampang banget sekarang ini

  5. Kehadiran lazada sebagai plafotform digital untuk jual beli barang ini memang membantu banget, apalagi kita sebagai pengguna yang tidak memiliki barang secara fisik pun masih bisa berjualan, bisa dicoba nih

  6. Bener banget dulu susah banget kalau mau jualan, sekarang udah nggak ada alasan lagi untuk nggak bisa berbisnis apalagi jualan online. Nggak bisa jualan barang, bisa “jual” skill.

    Semakin mudah jualan online sama Lazada karena dibimbing langsung sama Lazada. Nggak ada alasan nggak bisa bisnis. Intinya ada kemauan aja.

  7. Zaman sekarang serba digital maka bisnis pun bisa online yaa. Banyak yang bisa dilakukan asalkan mau usaha/
    Ternyata jualan di platform Lazada cukup mudah yaa. Apalagi gak cuma difasilitasi jualan di platformnya tetapi juga bisa mendapatkan tips supaya jualannya laku keras. TFS infonya.

Komentar ditutup.