Cara bayar menggunakan QRIS

Cara bayar menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) memang sudah tidak asing lagi di era digital. Prosesnya yang mudah dan cepat membuat metode pembayaran transaksi non tunai dengan pemindaian kode QR ini diminati.

Layanan QRIS  ini juga didukung oleh salah satu e-wallet terbesar dan terpercaya, GoPay Indonesia. Kehadiran QRIS GoPay  tentunya disambut baik oleh pemilik usaha dan konsumen karena fleksibilitas transaksi dan promo-promo menarik yang ditawarkannya.

5 Penyebab Pembayaran QRIS GoPay Gagal

Umumnya, proses transaksi menggunakan QRIS dari GoPay lancar. Namun seiring meningkatnya jumlah pengguna, QRIS bisa saja mengalami kendala sehingga gagal melakukan pembayaran. Jika ini terjadi, kamu jangan panik, cari tahu dulu penyebabnya agar bisa mengatasinya.

Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab gagalnya pembayaran QRIS :

Sinyal Internet yang Buruk

Salah satu penyebab kegagalan pembayaran QRIS adalah koneksi internet yang tidak stabil atau buruk. QRIS berbasis digital sehingga membutuhkan jaringan internet yang kuat untuk memproses transaksi. Apabila koneksi internet lemah atau bahkan terputus, pembayaran QRIS tidak akan masuk.

Terjadi Kesalahan Pemindaian QR Code

Pemindaian kode QR yang tidak akurat atau terlalu cepat bisa mengakibatkan kesalahan sistem dalam membaca informasi transaksi. Karena itu, kamu harus hati-hati dan cermat saat melakukan pemindaian agar kode QR tidak salah dan bisa terbaca dengan jelas pada aplikasi pembayaran QRIS.

Terdapat Kendala Teknis pada Aplikasi Pembayaran

Cara bayar menggunakan QRIS bisa saja gagal karena aplikasi pembayaran tersebut mengalami kendala teknis. Aplikasi QRIS error mungkin terjadi sehingga membutuhkan pembaruan atau ada bug yang menghambat proses pembayaran.

Terjadi Kesalahan Data atau Informasi Transaksi

Terkadang, pembayaran QRIS tidak berhasil karena kesalahan memasukkan data atau informasi ketika melakukan transaksi. Mungkin kamu salah memasukkan nomor rekening, jumlah pembayaran, atau data pelanggan lainnya. Untuk mencegah hal ini terjadi, periksa lagi data dan informasi yang kamu masukkan sebelum melakukan pembayaran.

Ada Batasan dan Kendala dari Penyedia Layanan

Umumnya, penyedia layanan pembayaran QRIS memiliki batasan atau kendala yang pemicu gagalnya transaksi. Contohnya, terdapat batasan jumlah transaksi, sistem backend yang error, atau masalah teknis lainnya.

Solusi Ketika QRIS Mengalami Gagal Bayar

Setelah mengetahui penyebabnya, saatnya kamu mencari solusi agar QRIS bisa berfungsi lagi dan memudahkan aktivitas transaksimu. Menjawab pertanyaan bagaimana jika pembayaran QRIS gagal berikut ini langkah-langkah untuk mengatasinya:

Periksa Koneksi Internet

Langkah pertama, jika mengalami kegagalan pembayaran melalui QRIS adalah mengecek koneksi internet. Segera lakukan penambahan atau mendaftar paket data internet jika kuotanya menipis atau habis. Kamu juga bisa menggunakan jaringan Wi-Fi yang aman dan memiliki sinyal seluler yang kuat.

Hubungi Call Center PJSP

Sudah memastikan koneksi internet aman, namun kamu tetap gagal melakukan pembayaran QRIS? Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi Call Center Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) QRIS yang digunakan.

Pastikan kamu mengetahui nomor kontaknya, karena setiap PJSP memiliki call center yang berbeda. Kamu bisa mengakses layanan customer service  di website atau aplikasi penyedia QRIS dan jelaskan kendala yang kamu dialami secara terperinci.

Siapkan dan unggah bukti-bukti pembayaran beserta data yang diperlukan. Bukti dan data yang lengkap akan membantu pihak PJSP untuk menindaklanjuti permasalahanmu dengan cepat.

Minta Bukti Pembayaran ke Konsumen 

Kegagalan pembayaran QRIS tidak hanya dialami oleh konsumen, namun juga merchant, toko atau pemilik bisnis. Terkadang transaksi pembayaran QRIS dari konsumen berhasil, namun sebagai merchant kamu tidak menerima dana yang dikirimkan.

Jika itu yang terjadi, kamu bisa meminta bukti pembayaran kepada konsumen. Bukti pembayaran bisa berupa nota invoice manual, virtual, atau bukti chat dari konsumen. Unggah bukti pembayaran tersebut sesuai instruksi dan sertakan data-data pendukung yang diminta. Customer service atau call center PJSP akan memproses keluhanmu dan menindaklanjutinya.

Menunggu Pengembalian Dana

Setelah melaporkan kendala bayar, langkah selanjutnya adalah menunggu tindak lanjut dari PJSP.  Pada umumnya customer service PJSP akan menginformasikan kepada konsumen untuk menunggu proses pengembalian dana maksimal 7 hari kerja.

Proses bisa lebih cepat tergantung dari permasalahannya. PJSP akan menghubungi kamu atau menginformasikan melalui Whats Up layanan customer service jika proses penanganan sudah selesai dan refund berhasil dilakukan. Periksa rekeningmu di aplikasi pendukung QRIS untuk memastikan pengembalian dana telah kamu terima.

Transaksi Aman dengan Bank Digital Terpercaya

Cara bayar menggunakan QRIS bank digital

Tidak dimungkiri QRIS telah memberikan banyak kemudahan dalam transaksi non-tunai di Indonesia. Kendati kadang-kadang terjadi masalah, pembayaran menggunakan QRIS tetap aman dan nyaman.

Pemahaman yang baik tentang penyebab gagal bayar dan solusi yang tepat, masalah dapat terselesaikan dengan baik. Kamu pun bisa terus memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan oleh GoPay dengan pembayaran menggunakan QRIS.

Jika saldonya menipis, kamu dapat melakukan top up melalui bank digital digibank by DBS. Layanan pengisian saldo Gopay di Aplikasi digibank by DBS dengan fitur digibank QRIS terbilang cepat dan sat set. Bukan cuma itu, banyak keunggulan lain yang bisa kamu peroleh ketika bertransaksi dengan menggunakan digibank QRIS, antara lain :

  • Bisa membayar apapun lebih cepat, praktis dan sat set dengan digibank QRIS.
  • Limitnya besar, mencapai Rp10 juta/transaksi/hari.
  • Kamu bisa dapat promo menarik di berbagai merchant favorit

Jadi gunakan terus QRIS GoPay untuk segala kebutuhan transaksi. digibank by DBS selaku bank digital yang sudah diawasi oleh OJK sehingga dipastikan aktivitas perbankan yang kamu lakukan dijamin aman. Nah, ingin tahu lebih banyak produk dan layanan menarik dari digibank by DBS? Temukan informasi lengkapnya di sini.

Facebook Comments