Cara Jualan di TikTok

Jualan di Tiktok saat ini sedang hype banget. Dengan menggabungkan sisi hiburan dan belanja sekaligus Tiktok jadi platform yang sangat powerfull untuk jualan. Saat sedang scroll-scroll seringkali Tiktok tanpa disadari merekomendasikan produk ke pengguna yang tentunya bisa jadi ladang cuan.

Di Tiktok kita bisa melihat bagaimana kekuatan dari mulut ke mulut di dunia online bekerja. Produk yang lagi viral saat masuk fyp bisa memicu rasa penasaran penonton untuk juga membelinya. Kelebihan lainnya adalah penonton bukan hanya bisa melihat produknya mereka juga bisa melihat ulasan dan berdiskusi di kolom komentar. Bahkan bisa berinteraksi langsung dengan seller saat sedang live.

Sebagai seller kita harus pandai memilih platform mana yang lagi hype. Disaat Tiktok meraih popularitas kita juga jangan sampai ketinggalan untuk memanfaatkannya. Apalagi sekarang ada fitur Tiktok Shop dan Tiktok Affiliate yang membuat seller semakin mudah jualan di Tiktok..

Dulu sebelum Tiktok secara resmi menghadirkan Tiktok shop, creator menaruh link jualan di profil dan kemudian mengharapkan penonton mengkliknya. Nah setelah adanya fitur tiktok shop, semuanya menjadi semakin simpel dan kemungkinan lakunya semakin tinggi karena pengguna tidak perlu keluar dari apps. Semua proses checkout bisa dilakukan di apps Tiktok itu sendiri.

jualan di tiktok

Tiktok Shop, Tips Jualan Modal kecil buat UMKM

Jualan di Tiktok bisa dilakukan dengan modal yang minim dan relatif lebih mudah. Bahkan hanya dengan smartphone saja kita bisa memulainya. Edit-edit konten video bisa langsung dari appsnya atau pakai apps ketiga seperti capcut. Balas komen, bikin caption, menambahkan produk hingga live jualan juga bisa dilakukan dari smartphone.

Jualan di tiktok jauh lebih efektif daripada harus memakai jasa influencer di media sosial lain. Di Tiktok pengguna dapat lebih interaktif dan bisa langsung checkout produk yang diinginkan. Ketika konten yang kita buat berhasil masuk fyp, maka inilah momen untuk penjualan dapat meningkat dengan pesat. Selain itu akun kita semakin dikenal, follower meningkat dan juga kemungkinan untuk branding produk.

Live Tiktok, Cara terbaik jualan Online

Saya cukup terkejut saat toko kelontong dan konter hape di dekat rumah juga suka live untuk menjual dagangannya. Bayangkan, rasanya dulu hal ini tidak mungkin terjadi bukan? Disela-sela menunggu pembeli, mereka produktif menggelar live dan menjual barang-barangnya disana.

Belanja online tetapi pengalamannya seperti belanja langsung dengan penjualnya. Nah inilah yang kita rasakan saat menonton live shopping. Pengalaman berbelanja yang menyenangkan karena interaktif dan sekaligus menghibur. Dengan Live Tiktok, penjual selain memperlihatkan produk juga melakukan penjualan dan mendapatkan audiens baru.

Bagi penonton dengan munculnya live shopping ini berarti mereka tidak perlu lagi repot membaca deskripsi produk dan menavigasi halaman hanya untuk mendapatkan produk yang diinginkan. Mereka bisa mengajukan pertanyaan langsung kepada seller sehingga membangun kepercayaan kepada merek dan kualitas produk.

Cara Live Tiktok untuk Jualan

Cara Live Tiktok untuk Jualan
Cara Live Tiktok untuk Jualan

Untuk bisa jualan, kita sebaiknya daftar dulu ke Tiktok Shop dan ubah akun menjadi akun bisnis. Isi semua data yang dibutuhkan, setelah itu tunggu notifikasi bahwa permintaan jadi seller diterima oleh tiktok. Setelah itu maka kita bisa langsung start jualan juga live.

Untuk melakukan live jualan, berikut adalah tutorialnya:

  • Tentukan produk yang akan dijual dan berapa stoknya.
  • Lakukan layout produk agar lebih menarik.
  • Atur pencahayaan yang cukup agar saat live kita terlihat jelas.
  • Buka aplikasi TikTok lalu pastikan masuk ke akun tiktok yang sudah akun bisnis.
  • Klik ikon “Plus” di bagian bawah.
  • Disana akan ada opsi “Live”, lakukan beberapa pengaturan yang diperlukan.
  • Seperti tambahkan deskripsi produk dan toko yang menarik, moderator, kualitas video.
  • Setelah itu kita bisa langsung memulai live streaming dan memperkenalkan produk yang akan dijual.
  • Berikan informasi yang lengkap dari barang yang dijual tersebut.
  • Kita juga bisa mengadakan diskon dan penawaran selama live berlangsung.
  • Layani penonton dengan baik agar mereka bisa tertarik untuk membeli.

Saat awal-awal live jualan mungkin penonton dan pesanan tidak akan sebanyak yang dikira, jadi kita jangan patah semangat. Coba terus dan pelajari kira-kira apa hal yang bisa kita perbaiki.

Dukung jualan dengan Aplikasi POS

Banyak orang bisa jualan tapi kurang pandai mengatur arus kas dan stok barang. Mereka kesulitan untuk mencatat transaksi yang terjadi karena masih menggunakan cara manual. Kelemahannya adalah saat terjadi kesalahan tulis dan hitung ini akan sangat susah untuk ditracking dimana letak kesalahannya. Untuk itu diperlukan Aplikasi Kasir yang mumpuni agar jualan kita semakin berkembang.

Aplikasi kasir atau bisa disebut juga Aplikasi POS (Point of Sale) akan membantu bisnis kita dengan melakukan penjualan dan menerima pembayaran dari pelanggan secara realtime. Ini berfungsi seperti mesin kasir, tetapi dengan fitur yang jauh lebih lengkap. kita bisa melacak penjualan, mengelola inventaris, mengumpulkan informasi kontak pelanggan, dan banyak lagi.

iReap POS, Aplikasi Kasir terbaik untuk Bisnis Kamu

aplikasi kasir iReap POS
aplikasi kasir iReap POS

Bagi yang baru saja memutuskan untuk jualan mungkin akan sedikit kebingungan saat menentukan Aplikasi POS yang terbaik. Aplikasi POS apa yang terbaik? Diluar sana memang ada banyak sekali aplikasi Point Of Sale, tapi sebaiknya kamu mencoba Aplikasi kasir iReap POS sebagai penunjang jualan.

iReap POS (integrated retail application point of sale) adalah sebuah aplikasi kasir yang bisa berjalan di Android dan didesain simple sehingga mudah digunakan. iReap bertujuan untuk membantu para pelaku bisnis kecil agar juga bisa menjalankan usaha dengan lebih efisien tanpa perlu aplikasi yang ribet. iReap memiliki user interface yang mudah untuk dipahami bahkan oleh pengguna baru sekalipun.

Aplikasi kasir iReap Lite dan Pro

Untuk pelaku usaha yang baru merintis dan skalanya masih kecil menggunakan iReap POS Lite saja sudah cukup. Ini adalah aplikasi versi lite yang sudah mencakup aplikasi Point of Sale, master data, dan stok barang. Menariknya iReap POS lite ini gratis tanpa ada batasan transaksi maupun iklan yang mengganggu.

Untuk usaha yang skalanya sudah lebih besar seperti sudah punya beberapa cabang usaha. Inilah saatnya untuk beralih ke Aplikasi iReap Pro. Ada banyak fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini yang akan sangat membantu keseharian bisnis. Selain fitur POS dan stok barang, iReap Pro juga punya fitur manajemen toko cabang, piutang, absensi karyawan, dan transfer barang antar toko.

iReap Pro bisa diakses oleh multiple user dengan hak akses yang berbeda-beda. Sementara itu penyimpanan database selain di lokal juga di cloud sehingga bisa diakses dari manapun. Juga ada fitur export data ke format file CSV, Excel dan PDF sehingga mudah digunakan dan dipahami.

Jualan di TikTok dengan iReap POS

Facebook Comments

Artikulli paraprakVirgo, Aplikasi untuk Kumpulin Uang Kembalian Belanjamu
Artikulli tjetërPanggung Teater Taman Indonesia Kaya, Panggung Pertunjukan Terbuka untuk Semua
Hallo, saya adalah Rusdiana. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.

9 KOMENTAR

  1. sampai saat ini tiktok the best sih, entertainmentnya ada bisa sambil belanja juga. Trus bukan hanya buat seller aja, affiliatenya juga sepertinya cukup menjanjikan

  2. Tiktok nih bikin kita musti belajar lagi haha, bagaimana edit video durasi pendek bisa ngena di penonton. begitu fyp rasanya beuh mantap jualan kenceng.

  3. Tiktok salah satu yang perlu banget untuk dicoba oleh para seller, banyak yang sukses jualan disini. Bahkan sampai terjual puluhan ribu order. Andai saya punya produk rasanya ingin sekali nyoba.

  4. Tiktok yang dulunya banyak dihujat kini berubah banget, malah bisa buat jualan juga. bagi yang ingin nyobain jualan online boleh dicoba deh. pastikan untuk pakai Ireap untuk handle stok dan pencatatan jualan.

Komentar ditutup.