Macam macam Cryptocurrency
Macam macam Cryptocurrency

Harga Cryptocurrency pada bulan Januari 2023 ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bitcoin yang sempat menyentuh range harga 16000$ pada tanggal 1 Januari, kini di pertengahan bulan sudah berada di kisaran 20000$ sekaligus menyentuh harga tertingginya dalam dua bulan terakhir. Ini adalah trend yang cukup menggembirakan setelah tahun 2022 terasa begitu suram dimana mayoritas harga crypto turun sangat dalam.

Diantara rasa optimisme ini, maka sudah waktunya untuk mulai memilih crypto mana nih yang potensial di tahun 2023. Yang kamu harus tahu, Cryptocurrency bukan hanya tentang Bitcoin atau Dogecoin tetapi sebenarnya ada ribuan cryptocurrency lainnya di luar sana. Banyak dari cryptocurrency tersebut berbagi infrastruktur berbasis blockchain yang sama, namun secara umum, cryptocurrency dapat dikelompokkan menjadi dua kategori yang berbeda: yakni koin dan token.

Macam macam Cryptocurrency

CoinMarketCap
CoinMarketCap

Apa itu Koin, dan Token? Koin adalah cryptocurrency yang menggunakan blockchain independennya sendiri. Misalnya, Bitcoin disebut sebagai “koin” karena berjalan di atas infrastrukturnya sendiri. Demikian pula, Ether dioperasikan melalui blockchain Ethereum, lalu ada blockchain Ripple Labs yang memiliki koin yang disebut XRP. Dan istilah “altcoin” digunakan untuk menyebutkan koin apa pun selain Bitcoin.

Sementara Token seperti halnya koin, token juga merupakan aset digital yang dapat dibeli dan dijual. Token crypto dibuat dengan blockchain yang sudah ada dan dapat mewakili aset atau utilitas. Token tidak perlu memiliki blockchain dan dapat ada sebagai bagian dari ekosistem jaringan lain. Misalnya, token yang tak terhitung jumlahnya berjalan di jaringan Ethereum. Termasuk Tether, yang menggunakan blockchain Ethereum, TerraUSD, Chainlink, Uniswap, dan Polygon matic.

Jenis Token Kripto

  • Value Token. Jenis token ini adalah objek bernilai, seperti aset digital termasuk seni atau musik dalam bentuk NFT.
  • Utility Token. Ini adalah token yang membantu menyediakan layanan. Mereka memberi pengguna hak untuk melakukan tindakan di jaringan blockchain atau aplikasi terdesentralisasi.
  • Security Token. Jenis token ini mewakili kepemilikan suatu aset. Perusahaan dapat menggunakan token keamanan untuk meningkatkan modal dengan menjual token ekuitas. Karena mewakili kepemilikan sekuritas finansial, aset ini diatur oleh Securities and Exchange Commission (SEC).

Altcoin

Pada awal perkembangannya cryptocurrency hanya ada segelintir saja. Jadi untuk menyebut koin selain Bitcoin lahirlah istilah altcoin. Namun saat ini cryptocurrency telah jauh berkembang, dengan begitu banyaknya koin dan token yang hadir.

Jika Bitcoin dimaksudkan hanya sebagai bentuk mata uang terdesentralisasi. Lalu hadir Ethereum, sebuah jaringan komputasi yang memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi terdesentralisasi di blockchain dan meng-hosting smart contract. Ini membuat Altcoin dapat memiliki tujuan yang beragam dan tidak hanya berfungsi sebagai mata uang digital.

Stablecoin

Stablecoin adalah mata uang kripto dengan nilai yang dipatok ke harga aset lain. Misalnya stablecoin yang dipatok ke dolar AS harus selalu bernilai $1. Satu jenis stablecoin dikeluarkan oleh entitas keuangan yang memegang jaminan untuk setiap unit stablecoin dan yang lainnya menggunakan strategi algoritma untuk memastikan aset kripto mempertahankan nilai mata uang yang mendasarinya.

Stablecoin yang dijaminkan. Stablecoin yang dijamin memiliki kumpulan agunan untuk mendukung nilai koin. Jumlah agunan yang sama diambil dari cadangan koin setiap kali seseorang menjual token mereka. Tether (USDT), yang dipatok ke dolar AS merupakan stablecoin yang paling dikenal.

Stablecoin algoritmik. Stablecoin ini menggunakan algoritma untuk mengontrol pasokannya dan dengan demikian mempertahankan harganya. Contohnya adalah TerraUSD (UST), yang awalnya dipatok $1 dengan membuat dan menghancurkan koin bernama Luna. Setiap kali TerraUSD dibeli atau dijual, sejumlah token Luna, dijual atau diburn.

Strategi ini berhasil dengan baik sampai akhirnya kolaps ketika kepanikan menyebabkan orang menarik TerraUSD dalam jumlah masif. TerraUSD jatuh dari harga $1 dan meluncur mendekati nol, bersama dengan hancurnya Luna.

Koin Meme

koin meme
koin meme

Koin meme adalah proyek lucu-lucuan dunia kripto. Koin ini mendapatkan popularitas dan daya tarik melalui meme yang sedang hype dan booming media sosial. Koin meme yang memulai semua ini adalah Dogecoin (DOGE). Walaupun pada awalnya dianggap sebagai lelucon tetapi saat ini Dogecoin justru menjadi aset yang bernilai dengan market cap yang besar.

Sejak itu lebih banyak lagi koin meme bermunculan, hingga lebih dari 200 koin meme telah dibuat sejak Dogecoin pertama kali diluncurkan. Tapi kita perlu hati-hati karena banyak diantaranya rugpull dan hilang tanpa kejelasan.

Beli Cryptocurency di Indodax

Indodax adalah pelopor platform jual beli aset kripto di Indonesia. Disaat semua orang belum menyadari betapa potensialnya crypto, Indodax sudah memulai langkahnya. Pada tahun 2014 hingga saat ini jejak panjang reputasinya ini membuat Indodax menjadi platform paling terpercaya di Indonesia.

Memilih crypto exchange yang tepat sama pentingnya saat mengambil keputusan untuk membeli koin mana yang potensial. Kita harus memastikan platform yang dipilih terjamin keamanannya dan legalitasnya. Indodax sudah terdaftar secara resmi di BAPEBTI dan diawasi oleh badan resmi yang terkait.

Asyiknya di Indodax adalah Kita bisa membeli aset kripto dengan mudah karena proses deposit dapat dilakukan melalui semua bank lokal Indonesia. Selain itu Kita juga bisa jual aset kripto dengan mengkonversikannya menjadi Rupiah secara instan.

Selain itu keunggulan Indodax adalah biaya trading yang murah dan persentase withdrawal mulai dari 0%. Ini akan cocok sekali jika ingin trading cepat disaat harga sedan naik turun. Transaksinya berlangsung 24 Jam, kapanpun dimanapun kita bisa melakukan transaksi tanpa hambatan.

Manfaatkan Indodax Academy

Jika kamu baru mengenal tentang crypto maka bisa memanfaatkan kanal edukasi Indodax Academy. Disini kita bisa belajar bagaimana investasi crypto itu sesungguhnya. Ada banyak hal yang sangat berguna mulai dari memahami teknologi blockchain, istilah trading, fitur trading di Indodax, hingga tips trik biar cuan maksimal. Oh ia, Indodax juga menyediakan market signal yang bisa jadi referensi berharga untuk trading crypto.

Jika sudah paham maka kita dapat langsung deposit di indodax dan mulai membeli koin pertamamu. Proses pembelian dan penjualan di Indodax ini bisa dilakukan baik melalui website resmi atau pun via mobile Apps sehingga kita bisa cari cuan dimanapun dengan mudah.

Masa depan cryptocurency masih sangat cerah, dan rasanya sekarang adalah saat yang paling tepat untuk membelinya. Harganya masih sangat rendah sehingga relatif terjangkau. Jangan terbalik, FOMO saat harganya sudah naik tinggi itu cara instan untuk nyangkut di harga pucuk.

 

Facebook Comments