Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Kartu kredit merupakan kartu yang digunakan sebagai alat pembayaran untuk melakukan pembelajaan, yang dimana pembelajaan tersebut dipenuhi terlebih dahulu oleh penerbit kartu kredit.

Selain digunakan untuk melakukan pembelajaan, kartu kredit juga bisa digunakan untuk melakukan penarikan tunai. Dan pemegang kartu kredit tersebut wajib melakukan pembayaran kepada pihak penerbit kartu kredit sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Berdasarkan data dari Asosiasi Kartu Kredit Indonesia pada 2020, terjadi peningkatan signifikan pada tahun 2009-2019 jumlah kartu kredit yang beredar Indonesia. Dimana pada 2009 peredaran kartu kredit di Indonesia sebanyak 12.259.295, sedangkan pada tahun 2019 terjadi peningkatan menjadi 17.487.057.

Kemudian pada Desember 2021, Bank Indonesia mencatat nilai transaksi menggunakan kartu kredit mencapai Rp.25,91 triliun, dimana nilai transaksi tersebut meningkat sebesar 10,39% dari bulan sebelumnya yang mencapai Rp.23,47 triliun.

Hal tersebut membuktikan bahwa kartu kredit sudah menjadi metode pembayaran yang populer saat ini. Sehingga pihak bank-pun terus-menerus memasarkan kartu kredit mereka kepada nasabah dengan persyaratan dan berbagai fasilitas yang ditawarkan.

Kabar baiknya, jika Anda ingin membandingkan dan mengajukan kartu kredit terbaik di Indonesia secara gratis, Anda cukup mengunjungi Financer.com.

Namun dibalik kepopuleran, kecanggihan dan keuntungan yang diberikan, kartu kredit juga dapat memberikan kerugian bagi anda yang tidak bijak menggunakannya.

Nah untuk menghindari terjadinya kerugian saat anda menggunakan kartu kredit, kami akan memberikan beberapa tips.

kartu kredit

Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Pilih Kartu Kredit yang Sesuai dengan Kebutuhan

Ada banyak jenis kartu kredit yang ditawarkan pihak perbankan kepada nasabahnya dengan berbagai fasilitas dan keuntungan yang ditawarkan. Sesuaikan kebutuhan anda dengan kartu kredit yang akan anda pilih, misalnya saja kartu kredit yang ditawarkan oleh Maybank dan OCBC NISP. Kedua kartu kredit ini memberikan beragam pilihan jenis kartu kredit sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan nasabahnya.

Hindari bertransaksi melebihi limit kartu kredit

Gunakan kartu kredit anda untuk bertransaksi sesuai dengan kebutuhan anda. Meskipun kartu kredit yang anda gunakan memberikan cashback atau cicilan 0%, anda tetap harus teliti dalam bertransaksi menggunakan kartu kredit. Sebab jika anda menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi meskipun kartu kredit tersebut memberikan cashback, tetap saja transaksi yang anda lakukan akan mengurangi limit kartu kredit sesuai dengan nilai transaksi anda. Tips ini penting agar transaksi yang anda lakukan tidak melebihi limit kartu kredit, karena jika transaksi kartu kredit anda melebihi limit maka akan dikenakan denda.

Membayar tagihan kartu kredit sebelum tenggat waktu jatuh tempo

Anda harus memperhatikan kapan tagihan kartu kredit anda jatuh tempo dan membayar tagihan tersebut sebelum tenggat jatuh temponya. Sebab jika anda melakukan pembayaran tagihan kartu kredit melewati tenggat jatuh tempo, anda akan dikenakan denda atau bunga. Bunga yang dikenakan pada bulan anda melewati tenggat jatuh tempo akan lebih besar dari bunga pada bulan sebelumnya.

Hindari membayar tagihan minimum

Pihak bank memberikan opsi pembayaran tagihan dalam jumlah minimum, artinya nasabah pengguna kartu kredit diperbolehkan untuk membayar tagihan minimum sebesar 10% dari jumlah tagihan. Namun jika keuangan anda sedang baik-baik saja, sebaiknya anda perlu menghindari opsi ini. Pembayaran tagihan dalam jumlah minimum ini bisa saja merugikan anda karena bunga yang dikenakan akan terakumulasikan semakin lama.

Hindari menggunakan kartu kredit untuk gesek tunai

Kartu kredit memberikan akses bagi penggunanya untuk melakukan gesek tunai. Namun sebenarnya gesek tunai ini akan memberikan kerugian bagi anda pengguna kartu kredit, karena saat melakukan gesek tunai anda akan dikenakan bunga sebesar 2,5% per bulan. Jadi semakin sering pengguna kartu kredit melakukan gesek tunai, maka jumlah tagihan kartu kredit juga akan semakin besar.

Demikian tips menggunakan kartu kredit dengan bijak.

Facebook Comments