ASUS ROG Phone 6, Smartphone Gaming Terkuat

ASUS ROG Phone 6 adalah penerus Sang Legenda mobile gaming yang terlahir kembali dengan kekuatan penuhnya. Smartphone bagi para pemberani yang mendambakan experience gaming terbaik dalam sebuah handheld kompak yang futuristis.

Kinerja tanpa kompromi yang didukung oleh SoC Qualcomm terkuat saat ini dan upgrade di beberapa sektor membuatnya menjadi smartphone gaming paling buas dan paling bisa diandalkan dalam segala hal.

ASUS ROG si Paling Konsisten Dalam Menghadirkan Smartphone Gaming

ASUS ROG Phone pertama kali dirilis di Indonesia pada penghujung tahun 2018. Dan saya sangat beruntung bisa hadir langsung di momen launchingnya tersebut bersama teman komunitas Zenfans. Pada acara yang sangat seru dan megah itulah sang legenda “Best Gaming Phone” berawal.

Asus rog phone
Momen launching Asus rog phone generasi pertama

Ponsel yang tadinya hanya sebatas rumor akhirnya menjadi kenyataan. Sangat takjub bahwa DNA Gaming akhirnya bisa dinikmati juga di perangkat mobile. ROG yang sudah melegenda di segmen PC dan Laptop kini berada dalam genggaman.

Pada acara tersebut kami berkesempatan langsung mencobanya, rasanya tangan ini tremor saking tak percayanya meraba ROG Phone pertama kalinya di booth yang disediakan. Sungguh pengalaman magis yang masih terawat hingga kini.

Momen launching Asus rog phone generasi pertama

Baca juga artikel: Ini Keseruan Hadir Langsung di Acara Launching Asus Zenfone MAX Pro M2 dan ROG Phone

Logo ROG yang tersemat padanya bukanlah isapan jempol belaka. Spesifikasi yang dibawanya selalu yang terbaik dan membuatnya pantas disebut sebagai The real smartphone gaming. Setiap series yang dirilisnya selalu sukses dalam memanjakan gamer dengan performa terbaiknya yang mencengangkan.

ROG Phone series
ROG Phone series

Sejak tahun 2018, Asus tidak pernah absen merilis seri ROG Phone setiap tahun. Dengan catatan tidak ada serie 4, lompat langsung dari serie 3 langsung ke serie 5. Hingga pada tahun 2022 ini sudah sampai ke seri ROG Phone 6. Semakin canggih dibekali dengan fitur inovatif khas ROG dan upgrade di beberapa sektor sehingga membuatnya menjadi seri flagship mobile gaming paling kuat saat ini.

ASUS ROG Phone 6 Semakin Monster!

Dulu sulit membayangkan jika sebuah smartphone akan memiliki RAM hingga 18GB dan penyimpanan 512GB, tetapi inilah yang kini disandang oleh ROG Phone. Begitupun skor Antutunya benar-benar menunjukan bahwa smartphone ini telah dibekali dengan upgrade yang signifikan. Bayangkan skor lebih dari 1 juta dicatatkan oleh smartphone ini! padahal generasi pertamanya dulu hanya sebatas 300ribuan.

ROG Phone 6 tampil lebih fresh dengan desain futuristis. Sementara disisi hardware smartphone ini menjanjikan performa yang tak tertandingi, layar AMOLED untuk pengalaman immersif, sistem pendinginan yang mumpuni, baterai besar dan dukungan aksesoris yang membuatnya menjadi perangkat dengan kemampuan monster. Yuk kenali lebih jauh.

Dukungan Hardware yang Gahar

ROG Phone 6 dibekali dengan Soc Snapdragon 8+ Gen 1, inilah prosesor terkuat dan tercepat dari Snapdragon saat ini yang menawarkan peningkatan kinerja yang signifkan namun disi lain juga lebih efisien terhadap daya. Prosesor Snapdragon 4nm generasi baru ini menawarkan kinerja 15% lebih baik dibandingkan dengan Snapdragon 888. Dan jika membandingkannya secara langsung dengan varian non-Plus, chipset baru ini menawarkan kinerja CPU 10% lebih baik dan efisiensi daya 30% lebih tinggi.

perbedaan rog phone 6 dan 6pro

Untuk memaksimalkan grafis, ada GPU Andreno 730 yang didukung oleh RAM LPPDDR5 yang tersedia dalam pilihan 8GB, 12GB dan 18GB. Untuk memastikan kinerja yang cepat smartphone ini juga didukung oleh memori internal SSD UFS 3.1 dengan kapasitas 256GB dan 512GB.

Hasil perpaduan ini membuat ROG Phone 6 bisa melahap beragam game berat dengan sangat mudah. Game seperti Genshin Impact dan Honkai Impact yang dikenal berat dapat berjalan dengan smooth dengan rata-rata 60 fps. Apalagi game seperti PUBG Mobile atau Mobile Legend pastinya sangat lancar jaya dengan setingan tertinggi. Selain itu, hal ini juga memungkinkan ROG Phone 6 mampu memproses video hingga 8K, editing video dan foto lebih cepat serta multi tasking yang responsif.

Desain yang Futuristis

Desain ROG Phone 6 ini kental dengan nuansa gaming, bahkan ketika kita hanya melihatnya dengan sekilas kita akan tahu bahwa itu adalah ROG Phone Series. Garis tegas, penempatan kamera, Led Light dengan logo ASUS ROG dan tulisan Dare to Play seakan menantang kita untuk memilikinya.

Smartphone ini tersedia dalam dua varian, yakni versi standar dan versi pro. Perbedaan utama antara keduanya hanya terletak pada kapasitas RAM, kapasitas memori internal dan ROG vision berupa layar AMOLED 2 inci yang menawarkan 60 animasi yang membuat versi Pro terlihat lebih atraktif. Sementara model standar hanya memiliki LED Light matriks RGB. Untuk pilihan warnanya, model standar tersedia dalam versi hitam (Phantom Black) dan putih (Storm White), lalu ROG Phone 6 Pro hanya tersedia dalam warna putih.

Build quality ROG Phone 6 ini sangat baik, begitupun material yang digunakannya. Pada bagian belakang memakai bahan kaca yang dilindungi dengan Gorilla Glass 3, sementara bagian framenya menggunakan alumunium. Ini membuat ponsel ini terlihat kokoh dan rigid. Jangan lupakan juga bahwa ROG Phone 6 ini sudah mengantongi sertifikat IPX4 yang membuatnya tahan terhadap cipratan air.

Rasio layar-ke-body adalah 82%, ini membuat bezel terlihat sedikit lebih tebal di sisi bagian lebarnya. Hal ini bukanlah masalah besar karena justru akan sangat berguna saat ponsel dipegang dalam format landscape. Bezel ini juga menampung dual facing speaker yang membuatnya menjadi ponsel yang memiliki kualitas audio terbaik saat ini.

Layar AMOLED dengan frame rate up to 165 Hz

Layar yang digunakan adalah layar Samsung E4 AMOLED HDR10+ dengan ukuran 6,78 inci, kecepatan refresh 165Hz dan waktu respons 1ms. Layarnya ini dilindungi dengan Corning Gorillas Glass Victus, yang merupakan standar terbaik dari seri smartphone flagship masa kini. Layarnya ini akan memberikan pengalaman pengguna yang menyenangkan terutama untuk gaming karena layar jadi lebih smooth dan responsif.

Menariknya layarnya ini dilengkapi juga dengan pengaturan mode yang bisa dipilih, mulai dari Optimal, Natural, Cinematik, Standard, dan Customized.

Kamera Terbaik Dikelasnya

kamera ROG Phone 6
kamera ROG Phone 6

ROG Phone 6 dibekali dengan kamera yang benar-benar mumpuni sehingga membuatnya menjadi smartphone gaming dengan kamera terbaik saat ini. Jadi bisa dikatakan bahwa ROG Phone 6 ini bisa diandalkan bukan hanya di sektor gamingnya saja.

Pada bagian belakang, tersemat 3 kamera yang terdiri dari Kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX766, Kamera Ultrawide 13MP dan Kamera Macro 5MP. Kamera utamanya mampu merekam video 8K. Fitur slowmotion 4K 120 fps juga akan terpakai ketika butuh membuat video slowmotion. Walaupun hanya mengandalkan EIS tetapi secara keseluruhan video yang diambil relatif stabil. Kamera selfie disematkan di bezel depan memiliki resolusi 12MP dengan kemampuan merekam video 4K 30 Fps.

Baterai Monster dengan waktu charging yang singkat

baterai rog phone 6
baterai rog phone 6

Sebagai smartphone gaming, ROG Phone 6 dibekali dengan baterai dengan kapasitas yang besar yakni 6000 mAh. Desain baterainya unik karena dibagi menjadi dua masing-masing 3000mAh. Baterainya ini memungkinkan kita untuk terus bermain game tanpa takut kehabisan daya dan dengan suhu yang lebih dingin. Menurut pengujian yang dilakukan oleh JagatReview ROG Phone 6 mampu bertahan selama 25 jam memutar video nonstop, memainkan Genshin Impact selama 30 menit hanya turun 16%.

Waktu charging dari kondisi 0 hingga terisi 50% hanya butuh 16 menit dan dari 0 hingga full hanya butuh waktu 37 menit. Benar-benar menakjubkan, kita tidak perlu menunggu lama untuk kembali siap digunakan. Atau kalaupun ingin digunakan sambil dicharge kita tidak perlu khawatir baterai jadi menurun kinerjanya karena ada fitur Bypass Charging yang membuat proses charging dipakai untuk menyuplai daya langsung ke sistem.

Gaming Kontrol Airtrigger 6 yang semakin memanjakan

rog airtrigger
rog air trigger

Seringkali saat bermain game di smartphone yang menjadi kendala adalah keterbatasan tombol kontrol. Nah kesulitan ini tidak akan kita temui di ASUS ROG Phone 6 karena telah dibekali dengan AirTrigger 6 yang telah diupgrade. Menjadikan perangkat ini cocok untuk memainkan beragam genre game. Sensor ultrasonik sepenuhnya mendukung berbagai gerakan, termasuk fitur baru seperti Dual Action, Press and Lift, dan Gyroscope Aiming.

Sistem Pendinginan yang Canggih

Sebagai smartphone gaming dengan kinerja yang berat, ROG Phone 6 wajib didukung dengan sistem pendinginan yang canggih agar kinerjanya bisa maksimal. ASUS melengkapinya dengan fitur Gamecool 6, yang memastikan smartphone ini tetap dingin dari berbagai arah.

Desain All New 360º Cooling Technology yang menempatkan prosesor di tengah body. Dilengkapi dengan senyawa boron nitrida dan ruang uap yang dilengkapi dengan lembaran grafit yang bisa membuang panas dengan maksimal. Dengan demikian penyebaran suhu dimulai dari tengah sehingga proses pendinginan menjadi jauh lebih efektif.

aeroative cooler 6

AeroActive Cooler 6 merupakan aksesoris tambahan yang akan memastikan walaupun dipakai gaming jangka panjang smartphone akan tetap dingin. Kini aksesoris ini bisa dipasang langsung ke smartphone melalui port USB type C yang terletak di tengah body. Ini menjadikannya lebih simpel karena tidak membutuhkan charger ekstra. Dan jika ingin pendinginan maksimal di level Frosty barulah dibutuhkan daya tambahan.

GameFX Audio terbaik untuk Pengalaman Gaming yang Imersif

Saat bermain game audio adalah bagian yang penting, dengan audio yang mumpuni kita seolah berada dalam game itu sendiri. ROG Phone 6 memiliki speaker ganda 12x16mm dengan amplifier Cirrus Logic, dan memiliki jack headphone 3.5mm built-in. Dimana audionya ini memiliki kompatibilitas DIRAC dan Qualcomm aptX, yang merupakan fitur audio yang diakui oleh audiophiles di smartphone.

Kolaborasi antara DIRAC dan Republic of Gamers menghadirkan beberapa opsi mode audio. Pengguna juga memiliki opsi untuk mengatur equalizer untuk mengubah nilai frekuensi tertentu dari 60Hz hingga 20.000Hz dan juga dapat mengubah level treble dan bass.

OS dan UI

ASUS ROG Phone 6 menggunakan OS Android 12 dan menjanjikan update Android 2 kali serta update security hingga 24 bulan. Smartphone ini menggunakan UI ROG yang telah ditingkatkan untuk memberikan pengalaman gameplay yang maksimal dan terintegrasi. Kita bisa melihat fitur-fiturnya ini terinspirasi dari perangkat desktop dan laptop ROG.

game genie ROG Phone
game genie ROG Phone

Versi baru dari Armory Crate menjadikan Kita sangat leluasa melakukan customisasi. Kita memiliki opsi untuk mengubah pengaturan kinerja, AirTriggers, dan Makro per game. Kita juga bisa mengaktifkan X Mode, bermain dengan System Lighting, mengaktifkan pengaturan AeroActive Cooler, dan menyesuaikan Game Genie.

Game Genie adalah toolbar yang dapat kita tarik kapan saja saat bermain game. Ini berisi pintasan ke fitur yang biasanya dapat ditemukan di Armory Crate. Dengan adanya fitur ini gamer tidak perlu repot saat membutuhkan jalan pintas untuk mengubah pengaturan saat bermain game.

Gaming Monster yang Juga Cocok Untuk Para Kreator

ROG Phone 6 adalah smartphone yang memiliki kemampuan yang menakjubkan. Kinerja monster yang dimilikinya tidak hanya berguna untuk gaming saja tetapi juga sangat berguna bagi menunjang aktifitas para kreator. Saat ini banyak sekali orang yang mengedit video di ponsel dan kemudian menguploadnya ke berbagai platform. Dengan layar AMOLED HDR10+ yang cukup luas dan kinerjanya yang buas membuatnya tidak akan kesulitan saat diajak kerja keras editing foto maupun video.

Jangan lupakan juga kameranya yang kini lebih baik sehingga kita bisa tetap percaya diri ngonten video dengan hasil yang tidak akan mengeewakan. Baterai kapasitas besarnya juga akan bisa diandalkan karena kita tidak perlu repot bolak-balik melakukan charge.

Pada intinya ASUS ROG Phone 6 adalah smartphone yang sangat reliable dan paling bisa diandalkan untuk kebutuhan saat ini. Kabar baiknya kini kita sudah bisa melakukan pre-order untuk varian ROG Phone 6 PRO, yang dimulai pada tanggal 24 Oktober hingga 10 November 2022.

Jangan lewatkan kesempatan ini karena akan banyak bonus menarik yang sayang untuk dilewatkan. Diantaranya adalah Free Aero Active Cooler 6 + Devil Case + Exclusive Backpack ROGXONIC Esports selama persediaan masih ada, dengan total keuntungan hingga Rp.2.000.000. ROG Phone 6 PRO ini bisa kita dapatkan dengan harga Rp 18,999,000 eksklusif hanya di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace dan Tokopedia. Untuk Info selengkapnya kamu bisa cek disini ya : https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-6-model/

Jika ingin varian yang lebih terjangkau kita bisa memilih ROG Phone 6 yang sekarang sudah tersedia di partner-partner penjualan seperti Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace, dan JD.ID. Harganya Rp 10,999,000 untuk varian 8/256GB dan ROG Phone 6 12/256GB dengan harga Rp 13,999,000.

Untuk sebuah smartphone terkuat di Bumi, ponsel ini memang impian bagi setiap orang. Jangan kebanyakan mendang-mending, ASUS ROG Phone 6 menantangmu untuk memilikinya, berani?

Kesimpulan

harga rog phone 6

Performa dan kemampuannya adalah bukti yang cukup bahwa ASUS ROG Phone 6 adalah smartphone yang sangat serius di industri game seluler. Selain performa gaming, ROG Phone 6 juga dilengkapi dengan beberapa fitur top yang menjadikannya pilihan terbaik di kelasnya. Kualitas Audio, Manajemen cooling termal, Kamera kelas atas, dan desain futuristis.

ROG Phone 6 adalah smartphone gaming future proof yang masih akan tetap gahar hingga beberapa tahun kedepan. Logo ROG yang tersemat adalah jaminan perangkat gaming kelas atas dengan prestise yang akan membuat kita selalu menjadi pusat perhatian. Pengalaman bermain game next level yang begitu memanjakan, kinerja maksimal yang juga membuatnya cocok untuk dijadikan daily driver para konten kreator.

Bahan tulisan: https://www.travelerien.com/, https://rog.asus.com/event/rog-phone-6/id/, Press release Asus Rog Phone 6, JagatReview – https://www.youtube.com/watch?v=arhhVDLFd9M&t=654s.

Facebook Comments