Pengertian dan Teknik Shooting Bola Basket
Pengertian dan Teknik Shooting Bola Basket

Permainan bola basket ini dimainkan oleh dua buah tim yang berebut untuk bisa mencetak poin dengan cara memasukan bola kedalam ring. Pemenangnya ini di tentukan dengan pencapaian skor yang paling banyak.

Permainan yang satu ini juga tidak bisa dimainkan secara asal karena didalamnya ini ada beberapa teknik dan juga aturan yang harus Anda ikuti. Salah satu hal yang paling penting untuk di ketahui adalah teknik shooting, pada kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai pengertian dan teknik dari Shooting Bola Basket

Pengertian Shooting Bola Basket

Shooting ini adalah salah satu usaha yang dilakukan untuk memasukan bola kedalam ring atau keranjang dari lawan. Tujuannya ini supaya tim bisa mendapatkan poin. Usaha yang satu ini adalah usaha yang cukup penting dan bisa membuat salah satu tim menjadi menang. Saat melakukan shooting ini ada beberapa teknik yang harus Anda pahami.

Jadi shooting ini bukan hanya sekedar memasukan bola saja tapi ada juga teknik yang memang harus di kuasai didalamnya. Karena jika ada sebuah pelanggaran saat melakukan shooting maka ada ada foul dan menjadikan tim lawanlah yang diuntungkan. Teknik untuk shooting ini bisa menggunakan dua tangan atau satu tangan.

Supaya Anda bisa memasukan bola kedalam ring dengan lancar Anda juga butuh latiha yang cukup dan rutin supaya bisa menguasai semua teknik yang ada supaya hasilnya maksimal.

Teknik Shooting Bola Basket
Teknik Shooting Bola Basket

Teknik Shooting Bola Basket

  • Set shoot 

Teknik yang pertama ini ada teknik set shoot. Teknik yang sati ini bisa dilakuakn oleh para pemain basket tanpa harus melompat atau tanpa harus ada hadangan dari lawan. Cara untuk melakukannya cukup musah yaitu Anda cukup tekuk lutu Anda lalu pasang kuda- kuda, pastikan bada Anda dalam posisi tegap dan lenturkan tangan supaya bisa melakukan doronga pada bola basket supaya bola basket ini bisa Anda masukan kedalam ring.

  • Lay up shoot 

Teknik shooting yang satu ini biasanya dilakukan pada akhir dribble bola dan memiliki jarak yang dekat dengan ring. Cara untuk melakukan teknik yang satu ini cukup mudah Anda hanya perlu melempatkan bola basket dengan menggunakan satu tangan sambil Anda melompat. Teknik yang satu ini bisa Anda gunakan jika Anda sedang di kepung oleh lawan dan nantinya lawan akan kesulitan untuk mengambil bola basket.

  • Jump shoot 

Teknik yang satu ini adalah teknik yang membuat pemain tidak maju atau tidak mundur saat sedang memasukan bola kedalam ring. Teknik ini dilakukan dengan berhenti di tempat kemudian lompat setinggi mungkin supata bola basket ini bisa di lempar dan masuk kedalam ring.

  • Slam dunk 

Teknik shooting yang terakhir ini ada teknik Slam dunk, teknik yang satu ini biasanya menjadi salah satu serangan yang cukup kuat untuk kering lawan. Cara untuk menggunakan teknik yang satu ini adalah dengan menembaka bola langsung ke ring dengan cara melompat dan melayang ke udara sambil tangan tetap memegang bola basket. Jika sudah ada di posisi puncak selanjutnya lemparkan bola yang sedan  di pegang supaya melambung kemudian masuk ke dalam ring milik lawan.

Nah itu dia pengertian dan teknik yang biasa digunakan dalam bola basket, semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda. sampau jumpa lagi pada kesempatan yang lain ya!

Facebook Comments