Berurusan dengan jerawat seringkali tidak mudah, selain membuat kita tidak percaya diri dengan penampilan yang kita miliki, jerawat juga tidak jarang terasa menyakitkan. Seperti beberapa waktu lalu, jerawat tiba-tiba muncul di atas diantara bibir dan hidung. Dan percayalah rasanya sungguh tidak nyaman. Jika sudah begini satu-satunya cara adalah bersabar dan jangan sekali-kali dipencet sendiri karena bisa menjadi infeksi.

Jerawat adalah kondisi kulit yang sangat umum bagi banyak orang. Remaja biasanya mengalami jerawatan saat memasuki masa pubertas. Tetapi walaupun begitu pada usia dewasapun, jerawat masih bisa saja muncul. Jerawat sebagian besar hadir di wajah, dahi, dada, bahu dan bahkan punggung bagian atas. Intensitas kemunculan jerawat sangat tergantung pada kondisi tubuh masing-masing orang, ada yang hanya mengalami jerawat ringan dan ada pula yang bisa sangat parah sehingga terasa menyakitkan juga jadi mempengaruhi penampilan.

Penyebab jerawat pada prinsipnya adalah karena tersumbatnya pori-pori oleh minyak di permukaan kulit yang bercampur dengan sel kulit mati. Namun kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah faktor genetik, tingkat hormon yang berfluktuasi, stres, kelembaban tinggi dan penggunaan produk perawatan yang berminyak.

Cara menimalisir Jerawat

Jangan Malas Cuci Muka

Jerawat paling sering muncul di wajah untuk itu jagalah kebersihannya. Lakukan cuci muka dengan teratur untuk menimalisir minyak, keringat dan kotoran di wajah sehingga dapat membantu mencegah jerawat. Tetapi ingat terlalu sering mencuci muka justru dapat memicu jerawat makin banyak.

Cuci muka berlebihan dapat menghilangkan kemampuan alami kulit sehingga lebih kering. Untuk menyeimbangkannya kulit meniadi lebih banyak memproduksi minyak untuk menyeimbangkannya. Mencuci muka sebaiknya tidak lebih dari dua kali dalam sehari.

Kulit kita Termasuk Jenis kulit apa?

Untuk menentukan produk apa yang paling cocok untuk perawatan kulit maka kita kita harus mengetahui jenis kulit apa yang dimiliki. Seperti yang kita tahu, kondisi Kulit terbagi dalam beberapa kategori. Kulit Kering, Kulit berminyak, kulit Kombinasi dan kulit Sensitif.

Tetap terhidrasi

Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik, ini karena jika kita mengalami dehidrasi, tubuh akan mengimbanginya dengan memproduksi lebih banyak minyak pada kulit. Selain itu, dehidrasi juga membuat kulit tidak berkilau, dan memicu iritasi. Agar tubuh bisa terhidrasi dengan baik, usahakan untuk minum setidaknya delapan gelas air setiap hari.

Jangan Make Up Berlebihan

Untuk menutupi jerawat Kamu mungkin memilih untuk menggunakan make up, tetapi yang kamu perlu ketahui adalah make up dapat menutup pori-pori dan dapat menimbulkan jerawat lebih banyak lagi.

Jika tidak bisa menghindari make up, pilihlah alas bedak atau concealer yang noncomedogenic dan bebas pewangi sehingga kulit tidak semakin rusak. Pastikan untuk membersihkan riasan tersebut terutama menjelang tidur.

mencegah jerawat

Biasakan Cuci tangan

Jangan lupa untuk mencuci tangan karena bagaimanapun kita seringkali menyentuh wajah tanpa disadari jadi pastikan tangan kita tetap bersih. Ini karena wajah sangat mudah teriritasi daripada bagian tubuh lainnya.

Jangan Memencet Jerawat

Saat ada jerawat muncul seringkali kita tidak bisa menahan diri untuk memencetnya. Tetapi cobalah untuk jangan melakukannya lagi, karena tindakan ini dapat membuat Jerawat berdarah dan memperburuk masalah karena bisa meradang dan menyumbat pori-pori di sekitarnya, terinfeksi dan meninggalkan bekas luka.

Hindari Stress

Penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara stres dan munculnya jerawat. Belajar untuk mengurangi dan mengelola stres dapat sangat berguna untuk mencegah munculnya jerawat.

Facebook Comments