printer terbaik

Fungsi printer di zaman seperti sekarang ini sangat berguna untuk membantu kelancaran aktivitas kita sehari-hari seperti sekolah, kuliah dan bekerja. Meskipun terkadang ketika ingin membeli sebuah printer, ada banyak jenis dan merk yang tersedia di pasaran dan hal tersebut cukup membuat kita bingung. Kalau ditanya ingin printer yang seperti apa, pasti jawabannya tentu ingin printer yang terbaik yang sesuai dengan keinginan kita. Nah, masalahnya, apa saja sih hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memilih mesin yang tepat sesuai dengan fungsi printer yang benar-benar kita butuhkan?

Printer terbaik seharusnya memiliki kualitas cetak yang baik dan mudah untuk dioperasikan. Misalnya saja, khusus untuk pencetakan dokumen seperti foto maupun salinan cetak lainnya, kita perlu mempertimbangkan hasil dari kualitas pencetakan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan fungsi dari printer itu sendiri: apakah butuh mesin printer untuk di rumah saja (biasanya hanya untuk print/pencetakan dokumen kertas biasa), atau kamu saat ini sebenarnya membutuhkan printer yang juga bisa melakukan print foto berkualitas tinggi dengan hasil warna yang benar-benar tajam? Atau, kita membutuhkan printer yang dapat melakukan pemindaian, penyalinan, bahkan faks?

Pertimbangan Sebelum Memilih Printer

Bukan hanya sampai di situ, ketika kamu memutuskan untuk memilih printer yang baik juga bisa didasarkan pada kategori printernya. Misalnya, sekarang ini, selain printer inkjet, juga ada tipe printer lain seperti printer ink tank. Keunggulan dari printer ink tank ini apabila dibandingkan dengan printer inkjet pada umumnya adalah karena jika dihitung dari segi biaya operasional, pemakaian jenis printer ini jauh lebih hemat daripada printer inkjet. Biaya operasional ini termasuk ongkos pembelian tinta dan juga seberapa banyak kertas yang bisa kamu print setiap bulannya.

tips memilih printer

Lain lagi halnya jika nanti kamu ingin memiliki printer yang bisa mencetak foto, tidak ada salahnya untuk melihat printer ink tank foto yang tersedia di toko. Prinsip pemilihan printer foto tentunya akan berbeda ketika kita ingin memilih printer untuk mencetak dokumen kertas biasa, karena printer foto membutuhkan jenis kertas glossy dan terkadang kita juga harus membeli tinta tambahan untuk menghasilkan kualitas foto yang lebih baik.

Namun, apapun jenis printer yang kelak kamu pilih, biaya/ ongkos pembelian tinta print merupakan hal yang perlu dipertimbangkan juga loh. Karena, kegiatan isi ulang tinta adalah bagian dari biaya pengoperasian printer yang tidak bisa kamu hindari. Nyatanya, ongkos yang perlu dikeluarkan untuk refill tinta bisa jadi cukup mahal.

Catatan Penting

Tapi, kamu tidak perlu khawatir, karena printer jenis ink tank memang dirancang agar mampu mengurangi biaya. Selain itu, printer ink tank seperti PIXMA series dari Canon memiliki kemudahan penggantian kepala cartridge pada mesin. Jadi, jika saat ini kamu sedang mencari printer terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu, buat daftar apa saja sih yang memang menjadi kebutuhanmu (misalnya, fungsi printer yang bisa melakukan print, scan dan copy) lalu jangan untuk mencocokkan dengan tipe printer yang dijual di pasaran.

Facebook Comments