apa itu damri
apa itu damri

Transportasi umum seperti bus maupun angkot masih eksis sampai saat ini. Perbedaannya terletak pada sistem yang terintegrasi teknologi. Salah satunya adalah Damri bandara.

Umumnya, bandara menyediakan jasa angkutan umum antar jemput penumpang pesawat sesuai tujuan mereka. SebagaI contoh, kamu hendak ke Botani Square namun datangnya Bandara Halim dengan naik pesawat Batik Air.

Jadwal lengkap terkait penerbangan Batik Air bisa kamu temukan di Traveloka.

Apa itu Perum DAMRI

DAMRI singkatan dari Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia. Jika memakai ejaan sekarang adalah Jawatan Angkutan Motor Republik Indonesia. Jasa DAMRI bermula dari dua usaha angkutan pada zaman penjajahan Jepang yaitu JAWA UNYU ZIGYOSHA (angkutan barang) dan ZIDOSHA SOKYOKU (angkutan penumpang).

Jasa angkutan umum milik negara ini dibentuk berdasarkan Maklumat Kementerian Perhubungan RI No.01/DAMRI/46 tanggal 25 November 1946. Sesuai namanya, DAMRI bertugas mengantar penumpang atau barang dengan memakai kendaraan bermotor seperti bus, minibus, maupun truk.

DAMRI memiliki jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini tentu memudahkan masyarakat mengakses DAMRI.

Jenis DAMRI

Berdasarkan situs resmi DAMRI tersedia berbagai mode transportasi yang tersedia.

1. Angkutan kota

Angkutan Kota melayani trayek perkotaan baik reguler maupun BRT (Bus Rapid Transit). Terdapat dari 18 kantor cabang DAMRI dan 1 SBU khusus untuk BRT Jakarta.

2. Angkutan antar kota

Pernah melihat angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP)? Inilah yang menyediakan jasa angkutan antar kota dari DAMRI. Jenis DAMRI ini memiliki 33 kantor cabang DAMRI.

3. Angkutan lintas batas negara

Angkutan lintas batas negara melayani trayek Pontianak – Kuching (Malaysia) dan Pontianak – Bandar Seri Bengawan (Brunei). Selain itu, DAMRI sedang membuat rute untuk tujuan Timor Leste dan Papua Nugini.

4. Angkutan bandara

Angkutan bandara melayani trayek dari dan menuju bandara. Jenis DAMRI ini memiliki 25 cabang kantor dengan lebih dari 90 trayek dan didukung 598 unit armada. Angkutan ini terbagi dua tipe yaitu:

  • Angkutan Apron Airport
  • Angkutan Shuttle Inter Terminal.

5. Angkutan travel/ pariwisata

Pelayanan angkutan travel / pariwisata DAMRI menggunakan minibus dan bus besar. Bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan dalam pengangkutan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari terminal kedatangan Soekarno – Hatta menuju daerah asal TKI.

6. Angkutan logistik

Angkutan logistik melayani pengiriman barang menggunakan truk. Jenis DAMRI ini memiliki 4 kantor cabang. Untuk pengiriman barang, DAMRI bekerja sama dengan PT Pos Indonesia, Kereta Api Logistik, dan pihak swasta.

7. Angkutan perintis

Angkutan perintis melayani daerah 3T (Terdepan, Terpencil, Tertinggal) yang belum dijangkau perusahaan jasa transportasi.

Angkutan perintis merupakan penugasan dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat seperti anak-anak bisa sekolah, logistik masyarakat, dan distribusi hasil bumi.

Keuntungan menggunakan DAMRI

damri bandara

Berbeda dengan dahulu, pemesanan DAMRI jauh lebih mudah seperti memesan tiket Batik Air lewat Traveloka. Kamu tidak perlu mengantri, semua bisa kamu pesan secara online. Jadi, apa saja sih keuntungan yang kamu dapatkan ketika memesan Damri Bandara?

1. Harga jauh lebih murah

DAMRI menyediakan jasa angkutan dengan harga murah karena diperuntukan untuk masyarakat umum. Harga yang ditawarkan DAMRI bandara tidak ada penambahan sampai ke tujuan yang diinginkan.

2. Jam keberangkatan fleksibel

Setiap bandara memiliki jadwal keberangkatan DAMRI setiap 20-30 menit sepanjang hari. Dari sini, dapat dikatakan layanan DAMRI bandara ada setiap 24 jam. Untuk itu, kamu tidak perlu khawatir ketinggalan angkutan umum setelah mendarat.

3. Rute Damri yang tersedia beragam

Rute DAMRI bisa kamu pesan lewat aplikasi Traveloka. Semua informasi ditampilkan di sana seperti jadwal keberangkatan, rute, dan wujud bus dapat dilihat.

Salah satu rute Damri yang tersedia adalah Jakarta – Bogor. Kamu dapat berangkat dari Bandara Halim sampai Botani Square, begitu juga sebaliknya.

4. Terdapat berbagai promo dengan sistem pembayaran yang mudah

Pemesanan layanan Damri bandara mudah dilakukan dan bisa dilakukan secara online. Salah satunya, kamu bisa memesan melalui aplikasi Traveloka. Tidak hanya itu, kamu juga bisa tiket pesawat seperti Batik Air.

Melalui aplikasi, kamu dapat mendapatkan berbagai promo menarik terkait harga tiket dan pemesanan Damri bandara. Informasi harga yang tertera memudahkan perencanaan perjalanan kamu.

5. Layanan 24 jam

Selain mendapatkan harga promo, pemesanan Damri bandara lewat Traveloka juga dimudahkan dengan pelayanan 24 jam. Kamu dapat meminta bantuan maupun kelelahan perihal kesalahan jam keberangkatan dan sejenisnya.

6. Dapat memesan kursi untuk rombongan

Fasilitas bus damri bandara dapat menampung puluhan orang. Tidak hanya selalu ada setiap waktu, kamu juga tidak terpisah dari rombongan selama perjalanan.

Perjalanan ramai-ramai pun menjadi menyenangkan. Hadirnya teman menambah rasa aman dalam perjalanan kamu.

Oleh sebab itu, kamu dapat memesan DAMRI bandara dari atau menuju bandara. Pemesanan juga mudah dengan aplikasi Traveloka. Semua informasi terkait jadwal keberangkatan, harga tiket dan rute pun terjadikan.

Selain itu, kamu tidak perlu takut ketinggalan bus DAMRI bandara setiap 20-30 menit sekali. Khawatir terpisah dengan teman? Bus DAMRI bandara menyediakan puluhan kursi yang menunjang kenyamanan kamu.

Facebook Comments