olahraga outdoor

Pandemi COVID-19 membuat masyarakat terkadang mesti membatasi aktivitas fisik. Kendati demikian, bukan berarti kamu boleh bermalas-malasan. Aktivitas olahraga tetap harus dilakukan untuk menjaga kesehatan. Tak masalah jika sesekali kamu melakukan olahraga outdoor asalkan tetap menaati protokol kesehatan secara ketat.

Ada banyak sekali jenis olahraga outdoor yang bisa kamu lakukan di masa senggang, seperti trekking, memancing, berenang, dan lain sebagainya. Apabila kamu berencana untuk pergi olahraga outdoor tanpa perlu pusing memikirkan kendaraan, kamu bisa melakukan cek sewa mobil terdekat melalui Traveloka.

Mulai sekarang, mari mempertahankan kebiasaan olahraga outdoor di masa new normal dengan mengikuti beberapa kiat berikut ini:

Menyewa Kendaraan Pribadi Jika Ingin Pergi Jauh

Olahraga outdoor di tempat-tempat yang sering kamu singgahi memang rentan menyebabkan rasa bosan. Kalau ingin berolahraga ke tempat baru yang lebih jauh, sebaiknya kamu menyewa mobil daripada mengandalkan transportasi umum. 

Kini, Traveloka telah bekerja sama dengan mitra rental mobil berkualitas untuk menyediakan layanan sewa mobil terbaik. Tak perlu khawatir soal kebersihannya karena Traveloka telah menerapkan fitur Clean Trip. Proses penyewaan mobil dilakukan dengan memperhatikan seluruh aspek protokol kesehatan. Sopir sudah melalui proses pengecekan suhu tubuh dan sudah divaksin, mobil dibersihkan dengan desinfektan, dan terdapat sekat pelindung antara sopir dan penumpang.

Berolahraga dalam Kondisi Sehat

Sebelum melakukan rutinitas olahraga outdoor saat new normal, pastikan kalau kondisi fisik kamu benar-benar sehat. Jangan sampai kamu rentan terkontaminasi penyakit menular karena daya tahan tubuh sedang menurun atau malah menularkan penyakit pada orang lain. Di samping itu, berolahraga dalam kondisi kurang prima juga berisiko serius bagi kesehatan. Ada beberapa kasus kematian akibat olahraga karena kondisi jantung yang tidak sehat dibebani aktivitas fisik intensitas tinggi.

Membawa Masker Sesuai Standar Kesehatan

Sebenarnya kamu tidak harus menggunakan masker jika berolahraga saat new normal pada kondisi lingkungan sepi. Masker yang terlalu tebal dapat membatasi suplai oksigen yang dibutuhkan tubuh. Jadi, sebaiknya kamu tetap membawa masker yang sesuai dengan standar kesehatan, misalnya masker medis 3 lapis atau masker kain. Ketika sedang berhenti berolahraga atau berinteraksi dengan orang lain, jangan lupa menggunakan masker tersebut untuk meminimalkan penyebaran COVID-19 atau penyakit menular lainnya.

Menggunakan Barang-Barang Pribadi Selama Berolahraga

Kebiasaan saling meminjam perlengkapan olahraga (pakaian, handuk, raket, sepeda, dan lainnya) patut dihentikan pada era new normal. Karena kebiasaan tersebut rentan memicu penyebaran penyakit menular dari satu orang ke orang lain. Jadi, alangkah lebih baik jika kamu menggunakan barang-barang pribadi selama melakukan olahraga outdoor. Di samping itu, usahakan untuk tidak menyentuh permukaan benda-benda apapun di tempat umum. Jika terpaksa atau sempat menyentuh fasilitas umum, cucilah tangan dengan sabun antiseptik dan air mengalir atau gunakan hand sanitizer.

Menjaga Jarak dengan Orang Lain dan Menghindari Kerumunan

Tak masalah jika kamu berolahraga outdoor saat new normal bersama keluarga, sahabat, rekan kerja, atau anggota komunitas. Namun, jangan lupa menjaga jarak dengan orang lain saat berada di luar rumah. Kamu juga patut menghindari kerumunan karena kondisi tersebut rentan memicu penyebaran penyakit menular. Cobalah mencari alternatif lokasi olahraga yang lebih sepi, nyaman, dan tetap aman.

Menyiapkan Berbagai Perlengkapan Pribadi

Kamu wajib membawa beberapa perlengkapan pribadi jika ingin berolahraga saat new normal. Jangan lupa membawa air minum, hand sanitizer, tisu basah, dan tisu kering. Alangkah lebih baik jika kamu membatasi keinginan jajan, terutama bila ingin membeli makanan atau minuman di tempat yang kebersihannya kurang terjamin. Sebagai gantinya, kamu bisa membawa perlengkapan makan pribadi (sendok, garpu, dan sumpit) atau bekal dari rumah yang kehigienisannya terjamin.

Membersihkan Diri setelah Berolahraga

Sepulang dari kegiatan olahraga outdoor, jangan lupa membersihkan diri dan seluruh barang bawaan. Bersihkan permukaan barang-barang seperti tas atau perlengkapan olahraga dengan cairan desinfektan. Jangan lupa pula mengganti pakaian dan mandi sebelum berinteraksi dengan keluarga di rumah. Cara sederhana ini efektif membuat tubuhmu selalu higienis dan terhindar dari penularan penyakit.

Kesimpulannya, kamu tak perlu ragu melakukan aktivitas olahraga outdoor jika ingin sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Traveloka siap membantumu menemukan rental mobil terbaik untuk mendukung aktivitas olahraga outdoor ke tempat-tempat baru yang kamu inginkan. Tetap patuhi prokes ya!

Facebook Comments

Artikulli paraprak4 Cara Top Up Saldo PayPal Yang Mudah Dan Cepat
Artikulli tjetërCara Mendapat Dobel Cuan dengan Deposito, Manfaatkan Program Referal Komunal
Hallo, saya adalah Rusdiana. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.