review SSD Verbatim Vi550 512GB
review SSD Verbatim Vi550 512GB

Akhirnya Upgrade PC terlaksana juga, dan kali ini sistem penyimpanan menjadi sasarannya. Ini karena kapasitas SSD yang dipakai sudah terasa sesak sekali, maklum cuma 128GB saja. Padahal dulu saat pertama kali meminangnya, rasanya 128 GB itu bakalan cukup banget tapi seiring pemakaian size ini tuh semakin terasa kurang lega.

Dipakai untuk install OS dan aplikasi saja sudah penuh dan tidak ada cukup ruang untuk install game yang kita tau sizenya sekarang itu nauzubillah besarnya. Minimal harus ada ruang kosong 50GB atau lebih jika ingin memainkan game AAA. Mau install game di HDD jadinya kurang ngebut, dan terasa lagging karena pembacaan file yang masih lambat.

Pilihan jatuh ke Verbatim Vi550 S3 SSD 512GB, brand satu ini pastinya sudah legend banget jika bicara tentang sistem penyimpanan di PC. Dulu zaman masih SMP saya ingat sekali memakai disket Verbatim untuk belajar Dos. Dan ternyata setelah waktu berlalu, Verbatim masih tetap eksis lho, kini mereka memiliki produk SSD, bahkan juga punya produk adapter charger dan juga Kabel Konverter. Mereka dapat terus bertahan karena menerapkan inovasi dan produknya memang memiliki kualitas yang sangat baik.

Jadi bagaimana performa dari Verbatim Vi550 S3 SSD 2.5 ukuran 512Gb ini, Apakah layak masuk sebagai rekomendasi ssd terbaik? Yuk simak.

Spesifikasi SSD 2.5″ Verbatim Vi550 S3 512GB

  • Form Factor: 2.5 7mm
  • Write Host Performance Data Transfer(ATTO): Up to 460 MB/s
  • Read Host Performance Data Transfer(ATTO): Up to 560 MB/s
  • TBW Rating: 75TB
  • Write IOPS Random(4K) QD=32(Max): 81,727
  • Read IOPS Random(4K) QD=32(Max): 61,279
  • Berat Produk: 45 grams
  • Ukuran Produk: 7mm x 69.9mm x 100.5mm

Isi Paket penjualan Verbatim Vi550 S3 512GB.

  • 1 Unit SSD
  • Kertas Panduan

rekomendasi ssd terbaik verbatim

Review SSD Verbatim Vi550 S3 512GB

SSD Verbatim Vi550 dikemas dengan cukup rapi, kemasan putih berkelir biru kini ada dihadapan saya menunggu di unboxing. Isi paket penjualan terdiri dari 1 Unit SSD nya itu sendiri dan juga ada kertas petunjuk pemasangan. Nah, sekilas ketika memegang produknya saya cukup terkesima karena beratnya yang ringan. Hanya 45 gram saja lho, jadi kalau laptop kamu di upgrade dari hdd ke ssd ini, tentu beratnya akan berkurang signifikan ya.

Verbatim Vi550 ini merupakan SSD dengan form factor 2.5 inci yang cocok digunakan untuk SSD Laptop maupun SSD PC. Casingnya terbuat dari polikarbonat jadi karena itulah bobotnya menjadi sangat ringan. Tapi walaupun demikian, keseluruhan bodynya terasa rigid.

Pemasangan SSD Verbatim Vi550 di PC

pasang ssd di PC

Saya memasang SSD ini di PC, prosesnya mudah banget dan saya rasa bisa dilakukan oleh siapapun. Kita hanya perlu copot hardisk lama atau ssd lama, pindahkan kabel SATA ke SSD baru dan jangan lupa kabel powernya juga. Lalu karena tidak memiliki mounting ssd, saya memasangnya di dinding casing PC. Baut dengan baik, dan selesai sudah.

Jika sudah terpasang kita tinggal lakukan instalasi OSnya, bisa pakai windows atau ubuntu tergantung pilihan. Atau jika ingin menggunakan windows yang lama kita bisa melakukan clone dulu dari penyimpanan lama ke SSD baru ini.

Spesfikasi PC yang saya Gunakan

  • Prosesor: AMD Ryzen 3 3200G
  • RAM 8GB
  • Motherboard: MSI A320M A Pro Max
  • PSU: Magnum pro 225 Alcatroz
  • OS: Windows 10 Home

Benchmark Verbatim Vi550 512GB

Dengan beralih ke SSD kita tentu mengharapkan kinerja PC atau laptop akan semakin ngebut. Booting cepat, mengeksekusi aplikasi dengan lancar dan bermain game tanpa lag karena pembacaan yang lambat. Nah untuk membuktikannya, saya menggunakan aplikasi Crystal Disk Mark dan juga AS SSD.

Dari hasil benchmark yang sudah dilakukan bisa kita simpulkan bahwa kinerja dari Verbatim Vi550 ini cukup mumpuni dikelasnya. Dengan harga yang relatif terjangkau ini menjadi rekomendasi ssd yang paling masuk akal.

Saya juga melakukan test copy file dari HDD ke SSD Verbatim. Untuk file ukuran 27GB bisa selesai dengan cepat.

Test Render dan Gaming

Saya memilih untuk mengupgrade SSD pc ini karena salah satunya ingin mengedit video dengan lebih gegas. Kemampuan read dan write SSD yang tinggi tentunya akan mempercepat proses rendering dan saat transfer file. PC yang saya miliki untungnya cukup bisa diandalkan untuk membuka aplikasi Premiere Pro dengan baik. Proses editing dan rendering relatif lancar. Untuk file dengan durasi 12 menit Full HD dirender dalam waktu sekitar 9 menit.

Untuk gaming memang tidak banyak yang saya test, karena gaming sendiri tentunya tidak hanya membutuhkan SSD tetapi juga Prosesor dan Kartu Grafis yang mumpuni. Sebagai PC yang “kentang” uhuk!, saya harus menahan diri. Memainkan game Battlefield 4 dan menjelajah kota-kota dengan berkendara di Euro Truck Simulator dan Forza 4 cukuplah sebagai pelepas penat dikala dikejar deadline.

Harga Verbatim Vi550 512GB

Rekomendasi SSD ukuran 512 ini tidak akan lengkap jika tidak disertai dengan info harganya bukan? Nah Verbatim SSD Vi550 ini dibanderol dengan harga Rp 1 juta pas. Kamu bisa menemukan Official Storenya di Marketplace seperti Tokopedia. Jadi kamu tidak perlu was-was dengan kualitas dan originalitasnya ya, pastikan untuk membelinya di Official Storenya tersebut.

Kesimpulan.

Overall, puas sekali dengan kinerja dari SSD Verbatim ini. Dengan kemampuannya untuk membaca dan menulis file dengan lebih cepat bisa membuat kinerja PC atau Laptop jadi lebih ngebut. Booting hitungan detik, akses aplikasi lebih mudah, transfer file tidak perlu menunggu lama. Ini akan membantu banget lho, apalagi jika kamu memang menggunakan PC atau Laptop itu untuk bekerja.

Harga SSD saat ini relatif semakin terjangkau, Verbatim Vi550 ini saja bisa kita peroleh dengan harga 1 jutaan untuk kapasitas 512GB. Dengan segala benefitnya, ini akan terasa worth it. Jadi jangan bingung lagi ketika memilih SSD untuk Laptop dan PC kamu, Verbatim udah paling bener sebagai rekomendasi ssd terbaik.

Preview dan Unboxing Verbatim Vi550 S3 512GB

Facebook Comments

Artikel sebelumyaDedicated Hosting yang Cocok dan Bisa Diandalkan Untuk Multiple Website
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.