pentingnya mentor bisnis

Tahun-tahun pertama dalam bisnis selalu penuh dengan tantangan terutama bagi mereka yang baru terjun untuk pertamakalinya. Banyak bisnis ini pada akhirnya gulung tikar karena mereka gagal mempertimbangkan prospek pelanggan juga tidak memiliki kelayakan model bisnis yang ideal saat memulainya. Perusahaan-perusahaan ini tidak bisa melakukan penyesuaian terhadap model bisnis dan seringkali tidak fokus pada pengembangan yang dibutuhkan.

Sebagai orang yang baru memutuskan untuk terjun membuka usaha kondisi ini mungkin akan membuat kita merasa kaget. Menghadapi masalah bisnis yang lebih rumit dari yang dibayangkan dan tidak tahu bagaimana cara menyelesaikannya akan membuat bisnis yang dijalankan terancam kelangsungannya.

Pentingnya Memiliki Mentor Bisnis

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini? Untuk menjadi pemilik bisnis yang sukses maka dibutuhkan bantuan dari orang lain yang memiliki pengetahuan lebih mendalam tentang tata cara berbisnis yang benar. Mereka akan membantu memberikan saran dan meningkatkan semangat agar bisnis yang baru dimulai bisa terus berkembang.

“Katakan padaku dan aku lupa, ajari aku dan aku mungkin ingat, libatkan aku dan aku belajar.” – Benjamin Franklin

Mentor bisnis akan membantu kita membuat rencana bisnis, menentukan budget, dan bahkan tips operasional sehari-hari dari model bisnis yang sukses. Mentor bisnis berbagi tips dan trik berdasarkan pengalamannya selama bertahun-tahun mengarungi pasang surut dunia usaha. Mereka telah mengalami ini sebelumnya, belajar dari kesalahan dan kesuksesan mereka akan memberikan kita beberapa pelajaran berharga yang akan sangat berarti dalam menjalankan bisnis.

Mendengar langsung dari mentor tentang pengalamannya akan membantu kita menyadari bahwa perjuangan yang kita lalui saat ini akan mempersiapkan kita menjadi pebisnis yang lebih baik di masa depan. Mentor bisnis membantu melihat masalah dan situasi dari perspektif yang terkadang tidak terpkirkan oleh kita. Mereka juga membantu kita untuk mengembangkan keterampilan bisnis yang berharga seperti meningkatkan cara berkomunikasi sehingga kita akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana berkomunikasi dengan staf, pelanggan dan suplayer dengan lebih efektif.

Salah satu hal yang mendukung bisnis adalah jaringan yang luas, dan mentor bisnis membuka kesempatan bagi kita masuk ke dalam banyak jaringan bisnis. Semakin banyak orang yang kita temui, semakin besar kemungkinan kita dapat menemukan orang yang akan mendukung memecahkan masalah bisnis saat sedang membutuhkannya.

Seorang mentor tidak hanya memiliki pemahaman yang baik tentang pengetahuan bisnis yang kita butuhkan untuk berhasil, tetapi mereka juga memiliki intuisi yang terlatih selama bertahun-tahun. Dari pengetahuan tersebut akan membantu kita mengkonfirmasi, mengabaikan, atau membentuk naluri bisnis kita sendiri.

tips menemukan mentor bisnisSangat penting bagi sebuah startup memiliki mentor untuk membimbing prosesnya bertumbuh.

Bagaimana cara menemukan mentor yang baik?

  • Temui pengusaha berpengalaman melalui pertemuan yang digelar.
  • Bergabunglah dengan program bimbingan berbayar.
  • Bertanya-tanya di forum dan komunitas online.
  • Terhubung dengan mentor di media sosial.
  • Buat grup pengusaha.

Di mana saya dapat menemukan mentor?

  • Social media
  • LinkedIn
  • Program pendampingan gratis
  • Acara jaringan profesional
  • Komunitas daring

Apa saja kualitas yang membuat seorang mentor yang baik?

  • Pendengar yang baik
  • Kesediaan untuk berbagi keterampilan dan keahlian
  • Tertarik pada pengembangan profesional dan pribadi Anda
  • Menanyakan segalanya

Facebook Comments

Artikel sebelumyaDaftar Harga Headlamp LED Mobil di Rumah Modifikasi Terbaru
Artikel berikutnyaInspirasi Nama Modern & Unisex Untuk Anak Bayi
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.