gejala gerd dan langkah pertolongannya
gejala gerd dan langkah pertolongannya

GERD dikenal juga sebagai penyakit asam lambung, dimana memang asam lambung keluar atau naik hingga kerongkongan, tak jarang juga beberapa kondisi yang menyebabkan penderitanya muntah atau mengeluarkan isi lambung. Banyak orang yang menyepelekan kondisi ini dan menganggapnya sebagai hal yang normal.

Padahal sebenarnya jika dibiarkan sangat berbahaya. Patut untuk diketahui bahwa memang cairan asam lambung ini sifatnya sangat keras dan dapat mengikis apa saja yang ada disekitarnya. Semakin lama dibiarkan bisa menjadi penyebab masalah kesehatan yang serius.

Banyak orang yang terlambat mendapatkan pertolongan karena memang tidak dapat mengenali gejala dari GERD ini, untuk itu penting sebelumnya bagi Kamu untuk kenali gejala GERD tersebut. berikut yang patut Kamu ketahui, yaitu:

  1. Rasa sulit untuk menelan makanan, terasa ada benjolan pada bagian tenggorokan, sehingga menyebabkan kesulitan dalam menelan.
  2. Gangguan pada pernapasan, sebagian orang yang punya GERD ini juga tak jarang yang mengalami gangguan di sistem pernapasan mereka, utamanya bagi yang memiliki penyakit asma bawaan.
  3. Suara menjadi serak, karena terasa seperti ada lendir yang menutup tenggorokan.
  4. Mengalami mual dan muntah, dalam beberapa kasus tak jarang yang sampai mengeluarkan isi lambung mereka.
  5. Rasa sakit yang terjadi pada tenggorokan.
  6. Gangguan tidur karena rasa tidak nyaman di dada.
  7. Gigi menjadi rusak, karena terlalu sering terkena cairan asam.
  8. Bau mulut, cairan asam lambung ini nyatanya juga bisa menjadi penyebab dari bau mulut.

Setelah kamu mengetahui dan mengenali gejala GERD tersebut maka hal yang penting untuk dilakukan adalah dengan mengobatinya, berikut ini diantara beberapa langkah pertolongan pertama yang dapat dilakukan sehingga nantinya asam lambung tersebut juga bisa reda, yaitu:

  1. Jika posisi Kamu sedang duduk atau berbaring maka segeralah untuk berdiri, karena dengan berdiri nantinya gaya gravitasi akan membantu untuk menurunkan asam lambung tersebut agar kembali kedalam lambung. Sedangkan ketika Kamu tidur justru asam lambung akan semakin naik.
  2. Longgarkan celana maupun pakaian yang digunakan, ketika Kamu mengenakan pakaian yang ketat maka akan terjadi tekanan pada area perut, secara otomatis hal tersebut juga akan memicu asam lambung untuk naik hingga kerongkongan bukan.
  3. Kunyah permen karet, mengunyah permen karet memberikan banyak sekali manfaat, termasuk diantaranya adalah membantu tingkatkan produksi air liur. Hal ini secara otomatis berguna untuk menetralkan asam lambung Kamu. Karena air liur ini memang mengandung banyak enzim yang bagus untuk pencernaan, jadi jika Kamu punya permen karet maka bisa segera dikunyah.
  4. Gunakan obat antasida, cara paling cepat lainnya yang dapat digunakan untuk menetralkan asam lambung, ada banyak diantara kategori obat antasida ini yang dijual secara bebas di pasaran, salah satu diantaranya yang bisa Kamu beli adalah dari Promag, ia bekerja secara langsung untuk mengurangi produksi asam lambung, meredakan gejala GERD ini dan juga mengatasi perut kembung dengan cara mengeluarkan gas yang ada dalam perut.

promag asam lambung

Promag ini sekarang sudah tersedia dalam berbagai jenis, mulai diantaranya adalah varian tablet kunyah, cair sampai dengan herbal juga ada. Sehingga dapat disesuaikan dengan selera Kamu. Memang kondisi kesehatan semacam ini tidak dapat disepelekan, harus segera diobati jika tidak ingin berdampak fatal. Kondisi seperti maag kronis sampai dengan kanker yang menyerang saluran cerna biasa disebabkan oleh GERD tersebut.

Ada satu tambahan lagi dari saya jika kamu ingin mengetahui lebih lengkap mengenai gejala gerd kamu bisa pergi ke situs resmi dari promag yang membahas mengenai banyak hal yang bersangkutan dengan penyakit yang ada pada lambung.

Dan sekian dulu informasi yang saya berikan pada artikel ini semoga informasi di atas bermanfaat dan sampai bertemu di informasi pada artikel yang akan datang saya sudahi dulu dan sampai jumpa lagi.

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaManfaat Melakukan Imunisasi Sejak Bayi
Artikel berikutnyaDaftar Harga Headlamp LED Mobil di Rumah Modifikasi Terbaru
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.