Mengatasi Gatal akibat Jamur
Mengatasi Gatal akibat Jamur

Saat ini seharusnya kita memasuki musim kemarau, tetapi hujan masih saja sering turun. Cuaca yang cerah di pagi hari bisa berubah menjadi mendung dan turun hujan saat sore hari. Kondisi ini tidak jarang membuat kita kehujanan saat di perjalanan, sepatu dan baju yang dikenakan bisa menjadi basah. Jika sepatu dan baju ini terus dipakai pada jangka waktu yang lama maka dapat memicu infeksi jamur yang sangat mengganggu.

Infeksi jamur pada kulit sering berkembang pada area yang berkeringat atau lembab serta tidak mendapatkan banyak aliran udara. Contohnya adalah lipatan kaki, selangkangan, dan lipatan kulit. Seringkali, infeksi ini muncul sebagai ruam bersisik atau menimbulkan perubahan warna kulit yang terasa sangat gatal.

Beberapa infeksi jamur seperti panu, kadas, kurap dan kutu air sangat umum terjadi. Penyakit ini cukup mengganggu, karena selain terasa tidak nyaman, hal ini juga bisa mempengaruhi rasa percaya diri. Penderita bisa sangat terpengaruh dan mulai menarik diri dari pergaulan.

Infeksi jamur kulit sering menyebar melalui kontak langsung. Ini dapat mencakup kontak dengan jamur pada pakaian atau barang lain, atau pada orang atau hewan.

Sepatu basah
Sepatu basah pemicu kutu air

Penyakit Infeksi jamur

Kurap (tinea corporis)

Kurap disebabkan oleh jamur, ini bisa menginfeksi pada beberapa bagian tubuh. Gejala utama kurap adalah ruam berbentuk cincin dengan tepi sedikit menyembul. Ruam dapat menyebar ke area lainnya dan seringkali terasa sangat gatal. Kurap adalah infeksi jamur kulit yang umum dan sangat menular. Walaupun begitu, kurap tidaklah berbahaya, dan biasanya dapat diobati dengan krim antijamur.

Kutu Air

Kut air adalah infeksi jamur yang mempengaruhi sela-sela kulit kaki. Gejala khasnya adalah terasa gatal, atau sensasi terbakar, menyengat, kulit tampak merah, bersisik, kering, pecah-pecah atau melepuh. Dalam beberapa kasus, infeksi juga dapat menyebar ke area lain termasuk kuku, selangkangan, atau tangan.

Tinea versikolor/Panu

Tinea versikolor atau Panu adalah infeksi kulit jamur yang menyebabkan bercak-bercak kecil berbentuk lingkaran pada kulit. Ini disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jenis jamur tertentu yang disebut Malassezia, yang secara alami ada pada kulit sekitar 90 persen orang dewasa.

Bercak kulit yang berubah warna ini paling sering terjadi di punggung, dada, dan lengan atas. Itu mennyebabkan kulit menjadi terlihat lebih terang atau lebih gelap dari bagian kulit yang lain dan terasa gatal serta bersisik.

Kondisi yang dapat memicu infeksi jamur

  • Tinggal di lingkungan yang lembab
  • Banyak berkeringat
  • Tidak menjaga kulit agar senantiasa bersih dan kering
  • Berbagi pemakaian pakaian, sepatu, handuk, atau tempat tidur dengan orang lain yang terkena infeksi jamur
  • Mengenakan pakaian ketat atau sepatu yang tidak memiliki sirkulasi yang baik
  • Melakukan kontak dengan hewan yang mungkin terinfeksi jamur
  • Memiliki sistem kekebalan yang lemah

Pengobatan Panu, kadas, Kurap dan Kutu Air

Walaupun infeksi jamur pada umumnya tidak berbahaya, tetapi tetap saja bisa terasa sangat mengganggu. Gatal dan perih yang ditimbulkannya akan membuat kita tidak nyaman. Selain itu tentunya dapat mempengaruhi penampilan yang jika dibiarkan akan membuat kita merasa kurang percaya diri.

canesten
canesten

Canesten dengan kandungan aktif Clotrimazole dapat menjadi pengobatan yang efektif dan juga praktis. Infeksi jamur seperti kurap, panu, kadas, dan kutu air dapat diatasi oleh Clotrimazole dengan merusak struktur membran sel jamur tersebut sehingga pertumbuhan jamur dapat dihentikan. Canesten telah dipercaya selama lebih dari 45 tahun mengatasi infeksi jamur kulit. Cara pakainya praktis hanya perlu dioleskan secara teratur 2-3 kali sehari agar jamur tidak datang lagi.

Selain melakukan pengobatan, penting juga untuk menjaga kebersihan tubuh. Pastikan untuk mandi secara teratur, segera keringkan tubuh jika basah atau lembab baik akibat keringat ataupun terkena air. Ganti pakaian secara teratur, jangan berbagi pakai handuk ataupun pakaian dengan orang lain. Pakailah pakaian yang menyerap keringat dengan baik dan keringkan sepatu jika basah.

Agar kita senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, kita harus menerapkan gaya hidup yang bersih dan jangan lupa berolahraga serta menjaga asupan makanan yang seimbang.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaSalep Zambuk Atasi Gigitan Nyamuk Lembut Nyaman Dikulit
Artikel berikutnyaAneka Resep Minuman Nyegerin Menyehatkan
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.