donasi

Secara umum ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari bersedekah, bahkan beberapa diantaranya akan kamu rasakan manfaatnya tanpa disadari. Oleh karena itu sangat disarankan untukmu dan umat Islam lainnya untuk membiasakan diri bersedekah.

Sebagai seorang muslim dan makhluk sosial memang sudah seharusnya saling tolong menolong dalam hal kebaikan, seperti salah satu caranya yang bisa dilakukan adalah dengan memberi sedekah. Sebenarnya istilah sedekah ini cukup familiar terdengar dalam kehidupan sehari hari, tetapi belum banyak orang yang mengetahuinya. Lalu sebenarnya arti dari sedekah itu apa?

Sedekah atau shadaqah atau shodaqoh adalah kegiatan memberikan sesuatu kepada fakir miskin atau kepada orang yang berhak menerimanya, diluar kewajiban kamu untuk berzakat dan berzakat fitrah. Sehingga bisa dibilang bahwa bersedekah itu adalah kegiatan memberi sesuatu pada orang lain secara sukarela. Hal tersebut tetap menjadi kewajiban umat Islam, tetapi diluar kewajiban lain seperti mengeluarkan zakat.

Jika telah mengerti arti dan tujuan dari sedekah, kini saatnya mencari tahu manfaat dari melakukannya. Berikut dibawah ini manfaat sedekah bagi pelaku dan penerimanya, diantaranya yaitu :

  1. Sebagai Penghapus Dosa

Manusia memang tempatnya berbuat salah dan dosa. Oleh karena itu untuk menghapus dosa dosa terdahulu, kamu harus sering sering melaksanakan sedekah. Manfaat sedekah ini akan semakin terasa jika kamu menjalankannya bersamaan dengan niat untuk bertaubat. Dengan begitu, Allah SWT akan lebih menerima niat sedekahmu.

  1. Diberikan Pahala Dan Imbalan Berlipat Ganda

Tidak ada salahnya, kamu melakukan sedekah dengan niat ingin mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Bahkan, Allah SWT telah menjanjikan manfaat bersedekah tersebut pada orang orang yang mengamalkannya. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan harta saat sering melakukan sedekah. Pasalnya, Allah SWT sendiri telah menjanjikan akan mengganti sedekahmu tersebut dengan rezeki yang lebih besar.

  1. Menghindarkan Dari Segala Petaka

Kamu juga harus tahu bahwa dengan rajin bersedekah maka hal tersebut mampu membantumu terhindar dari segala malapetaka. Hal tersebut secara jelas telah diutarakan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa, manfaat bersedakah itu bisa menutup 70 pintu kejahatan dan bencana, serta musibah itu sendiri tidak akan mampu mendahului sedekah.

  1. Meringankan Beban Orang Lain

Bagi orang yang memberi sedekah, dirinya akan mendapatkan sebuah ketenangan jiwa serta kesenangan. Tetapi manfaat sedekah bagi orang yang menerimanya adalah beban yang dia derita akan berkurang. Sebagai contoh, kamu bersedekah pada orang yang sedang sakit. Dengan memberikan bantuan berupa uang atau apapun, tentunya akan sangat bermanfaat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan orang  tersebut.

  1. Mengeratkan Tali Silaturhami

Bersedekah juga bisa mengeratkan tali silaturahmi. Dengan banyak membantu orang, tentunya mereka yang berada di sekitarmu akan merasa sangat senang akan kehadiranmu. Oleh karena itu, bersedekah bisa membuat semakin eratnya tali silaturahmi. Selain itu juga dengan rajin bersedekah pada orang lain, kamu akan lebih mudah mendapat pertolongan saat tengah merasa kesusahan .

Selain itu masih ada manfaat sedekah lainnya bagi pelaku dan penerimanya seperti meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, memperbanyak warisan di dunia dan akhirat, memperpanjang usia seseorang, terbebas dari siksa kubur, serta mendapat jaminan di hari akhir. Catatan yang harus diingat adalah bahwa bersedekah itu tidak selalu tentang harta, tetapi masih ada cara lain yang bisa dilakukan selain memberi uang.

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTips Memulihkan Bisnis yang Lesu Terdampak Pandemi
Artikel berikutnyaNikmati Keuntungan Berlimpah Dengan Berlangganan TV Kabel
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.