makanan oriental
makanan oriental

Wilayah yang luas dan sejarah yang mendalam dari Tiongkok memberkahi negara tidak hanya dengan berbagai lanskap alam dan peninggalan sejarah, tetapi juga budaya makanan yang melimpah. Makanan Cina dapat dibagi menjadi Delapan Masakan termasuk rasa manis dan asam serta rasa panas dan pedas. Makanan cina juga termasuk kedalam makanan oriental yang populer di Indonesia, pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa masakan oriental dari china yang populer dipenjuru dunia.

Ayam Kung Pao

Kung Pao Chicken (宫保鸡丁), pasti salah satu dari  masakan Cina teratas, ayam kung pao adalah hidangan populer tidak hanya di kalangan orang Cina. Cita rasa khasnya yang manis asam dengan sedikit pedas juga disukai di luar negeri. Bahan utama dari Kung Pao Chicken adalah ayam potong dadu. Menumis ayam dengan kacang tanah dan cabai kering bisa membuat rasanya segar dan renyah, pedas tapi tidak gosong.

Chow Mein

Chow Mein(炒面) adalah pengucapan Kanton dari mie tumis. Ini adalah salah satu masakan Cina terbaik, biasanya terbuat dari mie, bawang bombay, irisan daging, paprika hijau dan daun bawang. Pertama, mie perlu direbus sampai 90% matang. Setelah dingin, tumis mie dengan bahan lain hingga berwarna kuning keemasan. Tanpa persiapan yang rumit, Chow Mein biasanya menjadi pilihan pertama makanan larut malam bagi kebanyakan orang Tionghoa.

pangsit

Pangsit

Pangsit (饺子) telah menjadi hidangan Cina yang sangat diperlukan dalam makan malam reuni pada Malam Tahun Baru Imlek, terutama di wilayah utara. Ini ditemukan oleh Zhang Zhongjing – orang bijak pengobatan Tiongkok lebih dari 1.800 tahun yang lalu untuk menyembuhkan telinga yang membeku. Saat ini, orang mencampur daging babi, ayam, kambing, atau sapi cincang dengan sayuran cincang untuk membuat isian, lalu membungkusnya dengan selembar kulit pangsit tipis dan mencubit bungkusnya menjadi bentuk telinga. Pada Tahun Baru Imlek, orang juga membungkus gula merah, kurma, atau kacang sebagai pertanda baik.

Nasi Goreng Yangzhou

Nasi Goreng Yangzhou (扬州 炒饭) pasti salah satu masakan Cina paling terkenal, sangat populer di seluruh negeri. Sesuai namanya, Nasi Goreng Yangzhou berasal  di Yangzhou, Provinsi Jiangsu, dan asalnya dapat ditelusuri kembali ke Periode Musim Semi dan Musim Gugur (770 – 476 SM). Nasi dan telur adalah dua bahan penting. Disajikan dengan ham, udang, dan kacang polong, Nasi Goreng Yangzhou tidak hanya terasa segar dan harum, tetapi juga berwarna cerah untuk membangkitkan selera makan pengunjung.

Telur Orak-Arik dengan Tomat

Telur Orak-Arik dengan Tomat (西红柿 炒 鸡蛋) tidak diragukan lagi ada di daftar teratas masakan Cina untuk kebanyakan orang Cina. Resepnya cukup sederhana yaitu hanya terdiri dari telur, tomat, minyak, dan garam. Masyarakat yang tinggal di daerah selatan seringkali mengganti garam dengan gula. Setelah matang, tomat yang berwarna merah cerah bersama kuning telurnya yang mengembang selalu bisa membuka selera makan pengunjung

Hot Pot

Orang China menganggap Hot Pot (火锅) pilihan pertama mereka untuk mengadakan pesta makan malam karena bisa memuaskan selera semua orang. Seperti namanya, Hot Pot dimasak dalam wajan besar yang diletakkan di atas kompor agar terus dipanaskan. Setelah sup yang dibuat direbus, orang memasukkan irisan daging dan berbagai sayuran ke dalam wajan dan menunggu sampai matang. Chongqing Hot Pot pedas dan Beijing Copper Pot dengan daging kambing rebus instan adalah dua perwakilan dari China Hot Pot.

 

 

Facebook Comments