ka kahuripan
ka kahuripan

Mau liburan seru hemat di kantong, maka bisa memilih menggunakan Kereta Kahuripan untuk liburan kali ini. Rutenya melayani destinasi favorit di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta juga Jawa Timur. Suatu cakupan area yang luas. Harga tiketnya juga terjangkau, yakni di bawah 100 ribu Rupiah tiap kali jalan per satu orang penumpang, yakni tepatnya sekitar 84 ribu Rupiah untuk rute perjalanan full dari Bandung ke Blitar atau sebaliknya, sedangkan jika naik atau turun di stasiun antaranya maka harga tiketnya bisa lebih murah lagi.

Dulu sebelum gerbongnya direnovasi, diganti kipas anginnya menjadi AC Split malah bisa lebih murah lagi harga tiket kereta api Kahuripan ini, yakni seharga 38 rupiah per sekali jalan per penumpang. Beberapa stasiun kereta yang dilewati oleh stasiun Kahuripan ini merupakan destinasi wisata favorit. Pilihannya ada kota Bandung, Yogyakarta, Solo, Kediri dan lalu Blitar, juga beberapa stasiun antara di beberapa kota lainnya.

Kota-kota tersebut memiliki kekayaan kuliner yang menggiurkan dan patut dicoba, mulai dari aneka cemilan Bandung, ada batagor, siomay, asinan, karedok dan lain sebagainya, lalu beralih ke hidangan manis khas Jawa Tengah dan Jogja, seperti gudeg, bakpia, lumpia rebung, tengkleng, sego kucing, kopi arang, wedang uwuh, dan lain sebagainya dan lalu hingga aneka kuliner khas Jawa Timur seperti pecel, rawon, dan tahu khas Kediri, hingga bebek goreng dan lain sebagainya, belum lagi aneka varian sotonya yang bermacam ragamnya, rasakan soto khas Jawa Barat, yang beda dengan soto khas Jawa Tengah dan juga beda lagi dengan rasa soto khas Jawa Timur.

Suatu liburan yang seru. Pemandangan alam di berbagai kota yang dilewati oleh rute kereta api Kahuripan ini juga khas dan indah serta instagramable, layak untuk dijadikan koleksi dan kenang-kenangan. Jangan ragu untuk liburan naik kereta Kahuripan.

Apa itu Kereta Kahuripan.
Kereta api Kahuripan ialah kereta api low budget, kereta penumpang kelas ekonomi AC PSO yang melayani rute Jawa Barat, Bandung, stasiun Kiaracondong hingga Jawa Timur, Blitar dan sebaliknya, dengan melewati Jawa Tengah dan Yogyakarta, stasiun Lempuyangan. Kereta yang telah beroperasi sejak 26 Juli 1995 ini melayani perjalanan Bandung – Blitar dan sebaliknya dengan jadwal sebanyak satu kali sehari. Perjalanan antar dua kota di Jawa Barat dan Jawa Timur tersebut ditempuh dengan kecepatan rata-rata yakni antara 70 kilometer per jam hingga sekitar 100 kilometer per jam. Jangka waktu durasi lamanya perjalanan yang diperlukan untuk menempuh sejak stasiun awal di Kiaracondong hingga stasiun Blitar dan sebaliknya adalah sekitar kurang lebih 14,5 jam.

Jadwal Kereta Api Kahuripan
Jadwal keberangkatan Kereta Api Kahuripan dari stasiun Blitar adalah mulai pukul 12:10 siang lalu akan tiba di Stasiun Kiaracondong, Bandung pada pukul 02:42 pagi dini hari, setelah berjalan dengan durasi perjalanan selama 14 jam 32 menit. Sementara jadwal keberangkatan kereta api Kahuripan dari Stasiun Kiaracondong, Bandung adalah mulai pukul 18:10 malam dan lalu akan tiba di stasiun Blitar pada keesokan harinya pada pukul 08:31 pagi, setelah menempuh perjalanan dalam waktu selama 14 jam 21 menit.

Daftar Stasiun yang Dilewati Kereta Api Kahuripan.
Berikut ini adalah daftar beberapa stasiun kereta api yang dilewati dan beberapa ada yang disingahi dan menjadi tempat pemberhentian sementara oleh Kereta Api Kahuripan, sehingga bisa juga jika ada penumpang yang ingin naik atau turun di beberapa stasiun antara tersebut.

sudut stasiun
sudut stasiun

Dari Jawa Barat ada

  • Stasiun Kiaracondong
  • Stasiun Cibatu
  • Stasiun Cipeundeuy
  • Stasiun Tasikmalaya
  • Stasiun Ciamis
  • Stasiun Banjar

Lalu memasuki Jawa Tengah, ada

  • Stasiun Maos
  • Stasiun Gombong
  • Stasiun Kutoarjo

Kemudian memasuki wilayah DIY, ada

  • Stasiun Wates
  • Stasiun Lempuyangan, stasiun tertua di Yogyakarta

Lalu memasuki wilayah Jawa Tengah lagi,

  • Stasiun Klaten, dan
  • Stasiun Purwosari, di Laweyan Surakarta, yang juga merupakan stasiun tertua di Solo.

Kemudian mulai memasuki Jawa Timur, ada

  • Stasiun Paron di Ngawi
  • Stasiun Madiun
  • Stasiun Caruban
  • Stasiun Baron, di Nganjuk
  • Stasiun Kertosono
  • Stasiun Kediri
  • Stasiun Tulungagung
  • Stasiun Blitar.

Tidak semua stasiun antara yang dilewati tersebut menjadi tempat pemberhentian kereta api Kahuripan, tanyakan dan sekaligus minta untuk diingatkan atau dibangunkan apabila ketiduran dan ingin turun di salah satu stasiun antara yang disinggahi dan menjadi tempat berhenti sementara kereta api Kahuripan.

stasiun blitar

Fasilitas Kereta Api Kahuripan
Interior gerbong kereta api Kahuripan cukup  nyaman dan bersih. Kini telah terdapat AC sebanyak dua unit untuk per gerbongnya. Juga tersedia kamar mandi di tiap ujung belakang gerbong, yang telah dilengkapi dengan semprotan air, dan WC jongkok, serta wastafel. Fasilitas tempat duduk yang disediakan berlapis kulit berkapasitas dua orang berdampingan yang disusun dengan secara berhadapan dengan barisan tempat duduk di depannya. Pada tiap empat nomor tempat duduk, terdapat dua buah stop kontak yang bisa digunakan secara bergantian bersama-sama.

Ada juga meja kecil untuk tempat menaruh makanan ataupun minuman pada tiap sisi jendelanya. Ada juga rak ruang penyimpanan bagasi yang lokasinya ada di atas tempat duduk. Penumpang dapat menyewa bantal dengan harga 5 ribu Rupiah, bersiap juga untuk mengenakan jaket jika AC di gerbong kereta api menjadi terlalu dingin pada malam hari. Para penumpang Kereta Api Kahuripan juga bisa memesan makanan berbayar, yang bisa langsung dari tempat duduk melalui bantuan para pramugari atau pramugaranya, atau dengan mengunjungi gerbong makan yang secara khusus disediakan, dan lalu memilih menu makanannya.

Seru dan hemat liburan dengan kereta api Kahuripan, patut untuk dicoba.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaReferensi HP Vivo Murah Seri Terbaru 2020
Artikel berikutnyaCiri-ciri Keju Kiloan Berkualitas Baik yang Harus Anda Ketahui
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.