backpacker kereta

Sekarang ini model liburan backpacker tentu lebih populer. Model liburan ini adalah jalan – jalan dan berpetualang dengan barang bawaan minimalis dan berusaha mendatangi banyak tempat wisata secara coba – coba. Hal yang paling sering digunakan untuk keperluan liburan ini adalah kendaraan kereta.

Kendaraan kereta adalah pilihan banyak backpacker karena harganya yang cukup terjangkau untuk keperluan transportasi wisata jarak jauh. Selain itu, kereta juga lebih cepat sampai dibandingkan menggunakan kendaraan seperti bus.

Kebutuhan tiket dengan kereta sekarang ini juga lebih mudah di beli. Informasi soal tiket KAI kereta semua sudah bisa didapatkan dengan online. Jasa beli online seperti dari Traveloka, juga membuat tour dari kota ke kota lebih praktis.

Nah, bagi Anda yang tertarik melakukan liburan dengan kereta sebagai backpacker, mari bahasa tips – tipsnya berikut ini!

Rencanakan Rute Kereta yang Menarik Dicoba
Sebagai backpacker Anda tentu mencari petualangan yang berbeda, untuk hal ini sangat disarankan melakukan research terlebih dahulu untuk keperluan rute kereta yang akan diambil untuk tour. Banyak rute kereta, terutama di Jawa, menawarkan pemandangan yang tidak biasa. Sebagai contoh rute kereta Mutiara Selatan yang melaju dari Bandung ke Surabaya, selalu melewati area – area jembatan rel. Pemandangan dari atas jembatan ini tidak hanya melewati sungai, tapi juga hutan, bukit dan terkadang jalan raya. Hal ini tentu membuat Anda bisa menikmati pemandangan yang tidak biasa selama perjalanan.

Pastikan Bawaan Anda Muat Satu Tas Backpack
Anda yang mencari tahu tentang hobi backpacker tentu tahu bahwa saat berpergian, Anda disarankan membawa barang seminimalis mungkin. Jika terlalu banyak membawa barang, Anda sendiri yang repot mengawasinya saat liburan dengan kereta. Banyak kejadian karena proses backpacker membutuhkan Anda sering berpindah – pindah tempat, hasilnya banyak barang penting ketinggalan ataupun hilang di kereta. Jika tidak mau hal ini terjadi pada Anda, tentu lebih baik masukan semua barang Anda dalam satu tas.

backpaker dengan kereta
src: tripsavvy.com

Pastikan Tas Anda Selalu Ada di Dekapan Anda
Jika ingin aman membawa bawaan, pastikan tas selalu ada dihadapan Anda. Teknik menggunakan ransel dan memangku-nya tentu membuat Anda lebih bisa mengawasinya. Selain itu, Anda bisa mudah membawanya jika harus ke kamar kecil. Banyak orang meninggalkan tasnya di bagasi atas dan akhirnya kecolongan saat pergi meninggalkan kursi.

Jangan Banyak Jajan di Atas Kereta
Melakukan wisata backpacker tentu ketat budgetnya. Hal ini memastikan Anda harus pilih – pilih untuk jajan. Menu makanan dan camilan dalam kereta tentu terlihat sedap untuk dicoba, tapi di sisi lain Anda lebih baik menabung untuk keperluan wisata kuliner di tempat tujuan nanti.

Perjalanan Malam Lebih Baik Jika Liburan Jarak Jauh
Banyak orang lebih suka melakukan perjalanan siang hari untuk melihat – lihat pemandangan dari kereta. Tapi bagi Anda backpacker, pastikan istirahat cukup sebelum berkeliling di lokasi wisata nantinya. Untuk keperluan ini, Anda disarankan ambil kereta malam terutama jika perjalanan di atas 4 jam.

Perjalanan panjang di kereta terkadang bisa memakan tenaga dan stamina. Hal ini terlebih saat Anda melakukan backpacker sendirian. Jika ada teman, mengobrol dan saling berinteraksi bisa menghilangkan masalah stamina ini. Tapi untuk keperluan pergi sendiri, lebih baik istirahat selama perjalanan di kereta dan baru aktif di pagi hari saat sampai lokasi liburan.

Pastikan Beli Tiket Berangkat dan Pulang Sekaligus
Membeli tiket kereta untuk berangkat liburan dan sekaligus tiket pulang memastikan Anda memiliki deadline untuk diikuti. Banyak orang yang melakukan backpacker tidak bisa pulang tepat waktu karena kehabisan budget ataupun tidak disiplin menentukan tanggal pulang. Jika tidak ingin terjadi, Anda lebih baik persiapkan dari jauh hari tiket pulang Anda saat memutuskan sudah berangkat.

Bagaimana? Apakah Anda sekarang tertarik mencoba liburan dengan kereta? Jika tertarik liburan backpacker dengan kereta, sangat dianjurkan menggunakan aplikasi Traveloka. Dari aplikasi ini Anda bisa pesan tiket kereta dengan lebih mudah, mencari hotel dan tempat menginap dan bahkan rekomendasi untuk tempat tempat wisata yang wajib dikunjungi!

Facebook Comments

Artikel sebelumyaSpesifikasi dan Kelebihan Samsung Galaxy M20 yang Bikin Ngiler
Artikel berikutnyaThe Jakmania Bersikap Realistis Terhadap Performa Persija
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.