Sebagai warga Indonesia, tentu saja berlibur ke Jogja masuk ke dalam salah satu daftar destinasi liburan kalian. Bagaimana tidak, Jogja merupakan kota yang sarat akan keindahan, tidak hanya keindahan alam, tetapi juga keindahan budaya dan sejarah. Tidak heran, setiap harinya Jogja tidak pernah sepi pengunjung, baik dari domestik, maupun mancanegara. Namun, liburan kalian tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Solo. Di samping letak Jogja dan Solo yang berdekatan, kurang lebih 2 jam perjalanan, Jogja dan Solo memiliki hubungan yang dekat. Bagi beberapa orang, Solo tidak kalah romantisnya dengan Jogja, dan mempunyai kenangannya sendiri.

Jogja-Solo
Bagi kalian yang merencanakan liburan panjang, tidak ada salahnya memasukkan Solo sebagai salah satu destinasi dalam bucket list atau daftar kota yang ingin Anda kunjungi. Jika Jogja menjadi destinasi utama kalian, kalian mungkin akan memikirkan bagaimana cara untuk ke Solo dari Jogja. Untuk hal tersebut, kalian tidak perlu khawatir. Dikarenakan jarak tempuh Jogja ke Solo yang cukup dekat, ada beberapa opsi yang dapat kalian pilih, mulai dari rental mobil, bus, atau kereta. Jika Anda pergi bersama keluarga, menyewa mobil mungkin menjadi pilihan yang tepat agar memangkas biaya dan mendapat kebebasan mobilitas ketika mengunjungi Solo. Namun, jika Anda hanya berlibur sendirian atau bersama pasangan, menggunakan kereta menjadi opsi terbaik dengan kenyamanan, kemudahan, dan biaya yang ditawarkan.

stasiun-tugu

Salah satu alasan menggunakan kereta menjadi opsi terbaik adalah letak stasiun di Jogja yang strategis. Stasiun Tugu, stasiun terbesar di Jogja, terletak sangat dekat dengan jalan Malioboro. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir soal akses untuk ke stasiun. Jika Anda menginap di sekitar Malioboro, Anda dapat berjalan kaki menuju ke stasiun, atau menggunakan ojek online jika dirasa berjalan kaki melelahkan. Di sisi lain, bandara internasional Adisucipto juga memiliki stasiun Maguwoharjo yang akan memudahkan Anda jika ingin menuju ke bandara Jogja setelah berlibur dari Solo. Untuk masalah tiket, Anda dapat membeli di loket stasiun atau dengan mencari tiket kereta Solo Jogja di Traveloka agar lebih mudah.

KA joglosemarkerto
KA Joglosemarkerto : Infotegal

Tiket Kereta Jogja-Solo
Untuk tiket, tersedia banyak pilihan tiket sesuai dengan preferensi dan juga budget Anda. Kereta yang paling sering digunakan adalah Prameks (Prambanan Ekspres). Selain memiliki harga yang sangat murah, hanya 8000, Prameks juga berangkat setiap satu jam sekali. Tiket ini dapat dibeli melalui loket stasiun Tugu, Lempuyangan, atau via KAI Access. Namun, tiket Prameks tidak menyediakan tempat duduk, artinya siapa cepat dia dapat. Prameks sangat sering digunakan oleh pekerja maupun siswa yang bepergian dari Jogja ke Solo maupun sebaliknya.

Jika Prameks tidak sesuai dengan preferensi Anda, Anda dapat mencari tiket dengan berbagai jenis kelas di Traveloka, Mulai dari ekonomi, bisnis, hingga eksekutif. Jika Anda mengedepankan kenyamanan namun dengan harga yang masih terjangkau, Solo Ekspres atau Joglosemar Kerto menjadi pilihan yang patut Anda pertimbangkan. Solo Ekspress dan Joglosemar Kerto menyediakan tiket kelas bisnis dengan harga yang masih terjangkau. Dikarenakan jarak tempuh Jogja ke Solo yang hanya satu jam, Solo Ekspres maupun Joglosemar Kerto menjadi pilihan terbaik dari segi biaya dan kenyamanan.

Namun, jika Anda lebih suka menggunakan kereta eksekutif, terdapat banyak pilihan kereta Eksekutif di Traveloka, seperti Sancaka, Lodaya, Malioboro Ekspres, dan juga Argo Lawu. Sesuai dengan namanya, kereta Eksekutif tentu saja menawarkan kenyamanan dalam bepergian. Jika Anda tidak memiliki masalah dengan budget, pergi ke Solo dari Jogja akan lebih nyaman menggunakan kereta Eksekutif.

Menentukan Solo sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi dari Jogja, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang bagaimana cara untuk pergi ke Solo. Naik kereta merupakan pilihan terbaik yang Anda miliki. Selain itu, hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah mempersiapkan tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi di Solo. Jangan sampai Anda tiba di Solo namun belum memiliki tujuan wisata. Anda tidak ingin hanya menghabiskan waktu dengan bingung memikirkan tempat mana saja yang ingin Anda kunjungi, bukan?

Facebook Comments

Artikel sebelumyaSeafood Ayu Kelapa Gading, Salah Satu Restaurant Seafood Recommended Di Kota Jakarta
Artikel berikutnyaIni Perbedaan Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, Pilih yang Mana ?
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.