sr: provoke online

Jogja adalah salah satu kota yang menjadi tujuan utama dalam libur lebaran kali ini. Bukan hanya bagi pemudik yang ingin kembali ke kampung halamannya, tetapi juga para wisatawan yang ingin berlibur menikmati keistimewaan kota ini. Kuliner, kebudayaan, pantai serta alam Jogja selalu menarik untuk di eksplorasi. Dan salah satu moda transportasi darat yang bisa dipilih untuk mencapai kota ini adalah Bus. Waktu tempuh rute Jakarta Jogja dengan bus berkisar antara 10 jam hingga 13 jam.

Kisaran harga tiket bus termurah menuju Jogja adalah 270 ribu rupiah. Jika dibandingkan dengan harga tiket pesawat yang bisa mencapai 1.2 jutaan, tentu saja naik bus jauh lebih hemat. Bahkan jika dibandingkan dengan kereta api sekalipun, yang penjualan tiketnya sudah habis jauh – jauh hari sebelumnya, maka bus bisa menjadi alternatif yang bisa kita tempuh untuk mencapai kota Jogja.

Persiapkan Mudik Dengan Baik.

Momen pulang kampung untuk bertemu keluarga ini selalu terasa spesial dan menjadi yang dinantikan setelah sebelumnya penat dengan berbagai kesibukan di perantauan. Ketika dapat berkumpul dengan keluarga, semua rasa lelah di perjalanan menjadi tidak berarti. Bertemu orang tua dan saudara selalu menjadi kebahagiaan yang tiada terkira di hari Lebaran.

PO Bus Jogja – Jakarta ada gunung Harta, Sumber Alam, Pahala kencana, santoso, dan Damri

Dan libur lebaran tahun ini, lumayan panjang mulai dari tanggal 30 Mei hingga 10 Juni nanti, 11 hari libur yang tentunya sangat jarang sekali terjadi. Untuk itu, penting untuk merencanakan dengan baik rencana mudik agar tidak berantakan. Usahakan memesan tiket dan memilih transportasi jauh – jauh hari agar tidak kehabisan.

Ditengah tarif tiket pesawat yang masih mahal, maka perjalanan via jalur darat menjadi pilihan yang masuk akal. Terlebih bagi yang mau mudik di Jawa karena kini sudah ada Tol Trans Jawa yang membuat jalanan menjadi lebih lancar dan cepat. Rasanya tidak akan terjadi lagi peristiwa macet parah di Pantura seperti tahun – tahun terdahulu. Bahkan dikatakan dibeberapa ruas tol akan memberlakukan one way sepanjang ratusan kilometer untuk memperlancar arus mudik ini.

Mudik Memakai Bus Kini semakin nyaman.

Dulu saat masih jadi perantau saya juga selalu mudik dengan bus, dan sampai sekarang terkadang masih merasa rindu untuk melakukan mudik seperti dulu. Jujur saja, selalu ada sensasi yang menyenangkan ketika berbaur dengan penumpang lain dan membayangkan kampung halaman sudah di pelupuk mata.

Tenang saja, saat ini moda transportasi ini sudah sangat jauh berubah. Bus semakin nyaman dan aman untuk digunakan. Beberapa perusahaan Bus mulai berbenah agar bisa bersaing dengan moda transportasi lain.

gunung harta jogja
Leg rest lega, selimut dan bantal

Kini kita bisa melihat bus – bus dengan tampilan yang modern dan nyaman. Karoseri High Deck hingga Double Decker dengan konfigurasi kursi yang lega membuat perjalanan jarak jauh menjadi tidak terasa melelahkan. Tersedia selimut, bantal, colokan charger dan video on demand di setiap kursi menjadi fitur standar yang ada di sebuah bis eksekutif. Ditambah dengan fasilitas snack dan makan menjadi pelengkap manis di tengah perjalanan.

Tips Mudik Aman Memakai Bus

1. Beli Tiket Secara Online

Untuk tiket bus kini kita juga telah bisa membelinya secara online sehingga lebih mudah dan praktis. Tidak perlu lagi kita berebut tiket di terminal yang terkadang sangat melelahkan dan rawan sergapan calo yang menjual tiket lebih mahal serta tak jarang tiketnya palsu.

pesan online tiket bus
pesan online tiket bus di traveloka

Setelah melakukan pembelian secara online baiknya kita melakukan konfirmasi lagi pembelian tiket dan ketersediaan kursi melalui telepon baik ke agen terdekat ataupun langsung ke kantor PO Bus yang dipilih. Kita bisa memilih berangkat dari pool atau agen sehingga bisa mempersiapkan keberangkatan dengan lebih aman.

2. Bawa Barang Bawaan Seperlunya.

Perhatikan barang bawaan agar tidak terlalu berlebihan. Walaupun bus biasanya memperbolehkan bagasi, tetapi lebih baik kita membawa barang secukupnya agar kita tidak kesulitan selama di perjalanan. Karena penumpang akan sangat penuh, kemungkinan tertukarnya bagasi tetap ada, maka tandai barang bawaan kita agar mudah dikenali. Simpan barang berharga di dalam tas yang dibawa bersama kita dan jangan diletakan di bagasi.

3. Memakai Pakaian yang Nyaman

Perhitungkan pakaian yang akan dikenakan selama perjalanan dan type bus yang digunakan. Jika melakukan perjalanan malam hari dan memakai bus AC alangkah lebih baik memakai pakaian hangat agar tidak kedinginan. Sebaliknya jika perjalanan siang hari, kita bisa memakai kaus kasual agar tidak kegerahan.

4. Membawa Camilan dan siapkan Kuota

Perjalanan dengan bus membutuhkan waktu yang lumayan panjang dan tidak berhenti sembarangan waktu. Untuk itu bawalah camilan agar kita tidak bosan di perjalanan. Atau jika melakukan perjalanan siang dan berpuasa, menikmati hiburan dari smartphone bisa menjadi opsi yang bisa dipilih.

Beruntung kini Bus sudah semakin nyaman sehingga menggunakan moda transportasi ini bisa terasa lebih menyenangkan. Semoga saja mudik tahun ini berlangsung dengan aman ya, dan semua pemudik dapat sampai ke kampung halamannya dengan selamat.

Facebook Comments

Artikel sebelumya2 Ide Bisnis Memanfaatkan Dana Cepat yang Cocok dan Menguntungkan
Artikel berikutnyaManfaat yang Bisa Anda dapatkan Saat Mengonsumsi Kue Jahe
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.