ayam kremes

Jajan di luar memang menyenangkan. Selain tidak perlu susah-susah memasak, Anda juga tidak perlu khawatir soal rasa. Karena yang dijual, biasanya 65% lebih terjamin rasanya daripada buatan sendiri. Tak terkecuali olahan Ayam Kremes yang diminati oleh banyak orang. Rasanya yang gurih, enak dan crispy ini mampu menarik selera siapa saja yang pernah mencobanya. Tak heran jika main menjamur toko-toko atau restoran yang menyajikan menu ini.

Bagi Anda yang tergiur untuk memasaknya sendiri, maka berikut adalah cara mudah membuat Ayam Kremes yang super lezat dan gurih. Tidak perlu pandai memasak, karena caranya cukup mudah namun rasa yang dihasilkan tetap tak kalah dengan Ayam Kremes ala restoran. Mungkin kalau sekali-kali beli di restoran, tidak masalah. Tapi jika keterusan, pasti bisa menguras kantong. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk membuat Ayam Kremes sendiri.

Membuat Ayam Kremes Super Gurih
Pada dasarnya, ayam yang baik adalah dengan menggunakan daging ayam kampung. Namun jika tidak bisa menemukan ayam kampung, boleh saja pakai ayam potong. Untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang diharapkan, Anda perlu memperhatikan cara penggorengannya dan campuran bumbunya.

Sebagian orang mengatakan jika lebih baik bumbu ayam kremes diuleg, tidak diblender. Karena kalau diblender, aromanya jadi kurang harum saat ditumis. Jika Anda baru pertama kali mencoba membuat Ayam Kremes, maka Anda bisa mencoba kedua cara tersebut. Mau diuleg atau diblender, lalu silakan simpulkan sendiri lebih enak dengan cara yang mana.

ayam-goreng-kremes

Bahan Membuat Ayam Kremes
1.1 ekor ayam yang sudah dipotong-potong
2.Daun salam sebanyak 2 lembar
3.Hancurkan 1 barang serai
4.Santan kelapa setengah butir, atau 1 bungkus Kara (santan instan) larutkan dengan 2 gelas air
5.Gila pasir 1 sdt dan garam secukupnya.

Bumbu Halus:
1.Bawang Merah 6 siung
2.Bawang Putih 4 Siung
3.Setengah sendok makan ketumbar
4.Kunyit
5.Kemiri 4 butir

Bahan Membuat Kremes:
1.Kunjung Tepung Beras sebanyak 2 sdm
2.Ais sisa rebusan ayam sekitar 300 ml
3.Tepung sagu sebanyak 125 gram
4.1 sendok teh baking Powder
5.Kuning telur 1 butir.

Cara Membuat Ayam Kremes:
1.Pertama-tama, campurkan santan, bumbu halus, garam, salam, serai dan gula, kemudian aduk rata. Setelah itu, masukkan ayam, dan masak dengan api kecil hingga santan susut dan bumbu menyerap. Sisakan air kaldunya dan saring. Takar kaldu tadi sebanyak 300 ml untuk Kremes.

2.Panaskan minyak goreng, sembari menunggu minyak panas, celup ayam ke adonan lalu goreng. Bolak-balik hingga matang dan angkat.

3.Untuk kremesannya, aduk semua bahan tadi kecuali baking powder, setelah itu, panaskan minyak lagi. Sambil menunggu minyak panas, masukkan baking powder ke adonan lalu diaduk.

4.Setelah minyak panas, aduk lagi adonan dengan jemari dan ambil, tuang secara memutar di atas minyak yang telah panas.

5.Adonan yang masuk akan menyebar dan tunggu hingga kering, Anda bisa membolak-balik adonan tersebut supaya kering merata. Tiriskan hingga minyak berkurang, bisa gunakan tisu. Setelah itu taburkan ke atas ayam goreng dan jangan lupa siapkan sambal juga lalapan.

Membuat hidangan ayam kremes tergolong sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Bumbu ayam kremes juga tidak sulit untuk ditemukan, sehingga Cocok di hidangkan di tengah keluarga.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaRevolusi Industri 4.0 dan Tantanganya Untuk Generasi Milenial
Artikel berikutnyaDaftar Harga HP Oppo Terbaru dengan Kualitas Mumpuni
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.