manfaat daun kelor

Jangankan mengetahui manfaatnya, tak banyak di kalangan masyarakat modern yang tahu seperti apakah bentuk dari daun kelor. Jika dilihat dari bentuknya, daun kelor ini tampak seperti daun katup. Pohon kelor itu sendiri bisa tumbuh dengan ketinggiannya yang mencapai 10 meter. Pada saman dahulu, daun kelor ini sering digunakan untuk memandikan mayat. Tak hanya itu, daun kelor juga diyakini dapat melunturkan ilmu hitam pada seseorang yang kebal terhadap serangan senjata tajam lho. Dibalik hal-hal mitos tersebut, ternyata daun kelor ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita lho.

Lantas, seperti apa sajakah manfaatnya? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat daun kelor, mari kita simak saja langsung uraiannya di bawah ini :

1. Bagus Untuk Kesehatan Mata
Bercira soal kesehatan mata, biasanya kita akan mengonsumsi wortel. Ya, sebab wortel itu sendiri kaya akan kandungan vitamin A yang bagus untuk memelihara kesehatan mata, dan meningkatkan daya penglihatan. Selain wortel terdapat juga jenis makanan lainnya yang bagus untuk kesehatan mata seperti buah pepaya, buah tomat, dan lain sebagainya. Namun tahukah kamu? Ternyata daun kelor juga bagus untuk kesehatan mata lho.
Berdasarkan dari hasil penelitian, daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi . Menurutnya, dalam 100 g daun kelor itu terdapat 3390 SI vitamin A. Bahkan, jumlah kandungan vitamin A pada daun kelor ini jauh lebih tinggi daripada wortel maupun buah pepaya.

2. Mampu Menurunkan Kadar Gula
Selain bagus untuk kesehatan mata, daun kelor juga dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh. Hal itu juga dibenarkan oleh para peneliti terkemuka dunia, yang menyebutkan bahwa mengonsumsi daun kelor sangat membantu dalam menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan. Pasalnya, daun kelor mempunyai kandungan senyawa bernama glibenclamide yang berfungsi untuk meningkatkan skresi insulin pada sel beta pancreas. Nah, proses tersebutlah yang dapat menurunkan kadar glukosa dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung, atau juga bisa dijadikan lalapan dan sayur.

3. Memiliki Sifat Antioksidan
Antioksidan merupakan senyawa aktif yang berperan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Tingginya tingkat radikal bebas dalam tubuh, tentunya dapat menyebabkan stress oksidatif yang berkaitan dengan penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Tak hanya memiliki sifat antioksidan, daun kelor juga memiliki kandungan lainnya seperti beta-karoten, quercetin, dan asam klorogenik. Menurut para peneliti, mengonsumsi 1,5 sendok teh atau sebanyak 7 gram bubuk daun kelor selama 3 bulan mampu meningkatkan kadar antioksidan darah secara signifikan.

kelor menurunkan kolesterol

4. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol
Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh, tentu saja sangt tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, kadar kolesterol yang tinggi itu dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung lho! Tapi kabar baiknya, kadar kolesterol yang tinggi tersebut dapat diturunkan dengan mengonsumsi daun kelor secara rutin. Ada beberapa cara penyajian daun kelor yang bisa kamu konsumsi seperti dibuat teh, sayur, lalapan, maupun dikonsumsi secara langsung.

5. Bagus Untuk Ibu Menyusui
Bagi ibu yang sedang menyusui sangat disarankan untuk mengonsumsi daun kelor. Sebab, daun kelor ini memiliki banyak kandungan zat besi yang tentunya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil sebagai asupan gizi.

Itulah beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui orang-orang. Setelah mengetahui manfaatnya, mungkin kamu tertarik untuk membuktikannya?

Facebook Comments

Artikel sebelumyaBerikut Ini Gejala Munculnya Asam Urat di dalam Tubuh yang Harus Anda Kenali
Artikel berikutnyaKelebihan Mini PC Intel Untuk Kebutuhan Kasir
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.