servis komputer
servis komputer

Pada saat komputer yang kamu mililki lemot dan lambat maka pastinya akan terasa sangat menyebalkan. Pasalnya segala kegiatan yang harus kamu lakukan didalam komputer akan menjadi lambat untuk segera terselesaikan misalnya saja tugas kampus keteteran atau tugas kantorpun jadi ketinggalan. Untuk mengatasi permasalahan ini biasanya kebanyakan orang akan segera menggunakan jasa service komputer profesional untuk mengatasinya.

Padahal sebenarnya sebelum menggunakan jasa service tersebut, ada baiknya mencoba terlebih dahulu 5 cara dibawah ini :

1.Uninstall Program Yang Tidak Terpakai
Saat anda membeli PC yang baru, ada banyak kemungkinan program yang sudah terpasang di dalamnya. Pclama bisa mengakumulasi ini dari waktu ke waktu, dan sebagian besar ini tidak akan pernah anda gunakan dan beberaoa di antaranya sering kali berjalan di latar belakang tanpa anda sadari dalam memperlampat komputer anda di bagian prosesornya. Cara untuk menghapunya degan langkah pertama klik “Start”, lalu masuk ke “Control Panel, lalu klik “Programs and Features” dan gulir daftar, lalu copot pemasangan yang tidak anfa gunakan.

2.Delete Temporary Files
Cara mengatasi komputer yang lemot dan lambat lainnya adalah dengan cara membuka tab run dengan kombinasi shortcut keyboard tombol logo window dan huruf R, lalu ketika “%tmp%” tanpa tanda kutip maka akan tampil jendela baru yang isinya file tempory dan silahkan blok semua file atau folder yang ada di halaman tersebut lalu hapus atau delete.

Setelah itu anda harus membuka halaman folder direktori prefecry caranya sama dengan membuka halaman tempory, tetapi anda harus mengetikan kata “prefecth” tanpa tanda kutip kolom run setelah itu hapus semua file dan folder yang ada di folder direktori tersebut. Dan pnting juga jika saat menghapus ada pesan pop up yang muncul, sperti pada gambar di bawah ini maka silahkan pilih tab skip dan biarkan file tersebut tetap pada tempatnya.

3.Instal Solid State Drive (SSD)
Jika proses starup pada komputer anda sangat lambat, kemungkinan besar diakibatkan oleh hard drive pada komputer anda yang menggunakan SSD, akan tetapi bagi yang masih menggunakan hardisk biasa maka anda bisa melakukan proses clean up. Karena pada SSD maupun hardisk ini memiliki banyk komponen yang bergerak serta bisa memakan waktu lama untuk menyala. Perlu diketahui bahwa Drive Solid State ini menggunakan memori flash (seperti stik USB yang besar) dan bisa membaca data dengan lebih cepat sehingga proses star up pada komputer anda bisa lebih cepat.

4.Hentikan Star Up Yang Tidak Perlu
Pada saat anda menghidupkan komputer, beberapa program akan mulai berjalan secara otomatis di latar belakang. Semua program dan aplikasi akan berjalan menggunakan memori komputer anda sehingga paritnya tidak perlu jalankan. Untuk menjalankan proses ini klik Start dan ketik “Run”. Lalu akan muncul sebuah kotak, kemudian pada bagian atas klik tab ‘Star Up” yang akan mencantumkan semua aplikasi yang dijalankan
pada saat komputer anda dinyalakan.


5.Upgrade RAM
Mungkin anda pernah mengerjakan beberapa aplikasi secara bersamaan (multitasking) seperti internet, email, namun tiba-tiba salah satu aplikasi tersebut tidak bisa digunakan / not responding, hal ini disebabkan komputer anda tidak memiliki RAM yang mumpuni, oleh karena itu sebaiknya anda menggantinya dengan RAM yang lebih besar kapasitasnya.

Jika komputer kamu masih lemot dan lambat meski telah dilakukannya kelima cara diatas, maka mau tidak mau kamu harus mengunakan jasa service profesional dengan mencarinya di Carijasa.co.id.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaReview Hangrui A9 Speaker Bluetooth Murah Berkualitas
Artikel berikutnyaSyarat Pengajuan Kartu Kredit yang Harus Diketahui oleh Pemula
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.