knalpot motor

Pada setiap kendaraan tentunya mempunyai banyak komponen. Komponen tersebut akan menjadi satu kesatuan yang bisa menjadikan alat transportasi yang aman dan nyaman. Salah satu komponen yang penting dalam kendaraan yaitu knalpot. ​Knalpot motor ​perlu untuk diberikan perawatan secara berkala.

Knalpot sendiri adalah komponen yang termasuk penting di setiap kendaraan. Karena tugasnya yang memproses kembali hasil dari pembakaran antara bahan bakar dan oksigen yang terjadi di ruang bakar, agar bisa dimanfaatkan untuk tenaga tambahan.

Jika knalpot tidak difungsikan sebagaimana mestinya, bisa saja menghasilkan proses pemanfaatan hasil pembakaran dari mesin yang kurang maksimal. Sehingga dapat terjadi pemborosan bahan bakar dan tenaga motor yang kurang optimal atau loyo.

Tips Merawat Knalpot Motor.

Pada umumnya, knalpot mempunyai waktu kegunaan yang cukup lama, tetapi dengan waktu atau usia tersebut bisa terjadi korosi atau karat di komponen gas buang. Ini terjadi karena perbedaan suhu di dalam dan di luar pipa knalpot.

Bahkan, jika Anda memiliki tempat tinggal dekat dengan daerah pantai, maka korosi bisa cepat terjadi yang dikarenakan oleh kandungan garam tinggi di udara sekitar. Hal tersebut juga memungkinkan kotoran yang ada bisa lebih mudah menempel dibandingkan dengan Anda yang memiliki lokasi tempat tinggal jauh dari pantai.

Nah, agar knalpot tetap memiliki performa yang bagus dan tampilan yang bersih, berikut tips merawat knalpot yang bisa dilakukan :

1. Panaskan mesin secukupnya

Tips pertama dalam merawat ​knalpot motor ​​adalah memanaskan mesin secukupnya. Untuk knalpot orisinil atau standar 4 tak yang cenderung kering, panas yang dibuat dari mesin akan lebih cepat menyebabkan karat dan kekuningan. Ini dikarenakan menempelnya kotoran yang begitu cepat. Maka dari itu, disarankan untuk memanaskan mesin secukupnya saja, jangan terlalu lama.

2. Bersihkan lubang buang pada silencer

Tips selanjutnya yaitu dengan membersihkan lubang buang pada silencer dengan cara memberikan oli secukupnya dalam waktu dua bulan sekali. Ini berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran atau mengeroposnya knalpot di bagian silencer ataupun pada leher knalpot yang berada dekat dengan silencer.

Jika terjadi kebocoran atau keropos pada knalpot bisa menghasilkan suara yang buruk, tenaga yang tidak maksimal, dan juga tidak ramah lingkungan.

Cara Merawat Knalpot Motor 4 tak
crigiz

3. Membersikan kotoran pada knalpot ketika sudah terjadi korosi

Jika knalpot sudah mengalami korosi, segera bersihkan kotoran yang menempel dengan sikat yang masih bagus dan juga kuat. Caranya sangat mudah yaitu memanfaatkan detergen yang dioleskan pada knalpot yang berkarat atau kotor.

Sikat dengan kuat karat atau kotoran tersebut hingga bersih. Jika kotoran sangat membandel, Anda bisa memakai sikat kawat agar kotoran lebih mudah dibersihkan.

4. Merawat bagian pipa knalpot

Jika bagian pipa ​knalpot motor ​​masih dalam keadaan bersih, Anda bisa merawatnya dengan mengoleskan oli bersih secara merata di leher knalpot. Hidupkan mesin sekitar dua menit agar oli bisa menyerap dan lama-kelamaan leher knalpot bisa lebih bersih karena oli yang sudah panas akan mengelupas.

5. Mengeringkan knalpot dengan hati-hati.

Ketika selesai mencuci kendaraan atau setelah kendaraan kehujanan, maka lakukan pengeringan di bagian knalpot dan Anda bisa menyemprot dengan cairan anti karat.

Itu dia beberapa cara merawat knalpot yang dapat Anda terapkan. Semoga bisa membantu Anda yang selama ini masih bingung bagaimana cara merawatnya. Jika Anda membutuhkan ​knalpot motor yang baru, bisa membelinya di toko-toko otomotif atau saat ini juga sudah bisa melalui marketplace seperti bukalapak. Di Bukalapak tersedia semua jenis barang yang dibutuhkan.

Jika Anda juga ingin membeli ​motor terbaru​, bisa mengeceknya di Bukalapak. Tersedia informasi mengenai motor yang Anda inginkan, termasuk harga motor​. ​​Belanja lebih mudah dan cepat di Bukalapak.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTips Memilih Tas Gunung Dan Merek Terbaik Yang Harus Dibeli
Artikel berikutnyaAplikasi Terbaik untuk sewa apartemen harian, Bulanan Hingga Tahunan
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.