kredit tanpa agunan

Manusia adalah makhluk yang selalu memiliki keinginan dan impian-impian. Dengan hal itu, orang-orang menjadi bersemangat mewujudkan mimpinya dan kemudian mulai menetapkan tujuan-tujuan untuk dicapai. Tetapi, betapapun sudah direncanakan dengan baik, kondisi ekonomi seseorang tidaklah bisa dalam keadaan yang stabil setiap waktu. Terkadang ada saat seseorang begitu membutuhkan tambahan dana, baik itu untuk kebutuhan usaha ataupun untuk kebutuhan mendesak lainnya. Dalam kondisi seperti itu, melakukan pinjaman menjadi solusi yang paling masuk akal.

Seperti bagi seorang pengusaha yang ingin memperbesar skala usaha, menambah jumlah karyawan atau menambah stok produksi dan membutuhkan kucuran dana, maka mau tidak mau mereka harus melakukan pinjaman, agar bisa menutupi kebutuhan tesebut. Daripada berjalan ditempat, maka lebih baik bagi pengusaha tersebut mengambil peluang untuk memperluas usaha sebelum momentumnya terlewatkan.

Namun masalahnya adalah, mendapatkan uang dalam waktu yang cepat bukanlah perkara yang gampang. Meminjam kepada perorangan seperti teman dan kerabat biasanya cukup sulit, apalagi jika nominalnya lumayan besar. Pilihan lainnya adalah memanfaatkan pihak perbankan untuk memperoleh pinjaman dana. Namun umumnya, yang ada dalam pikiran banyak orang adalah kita harus mempunyai agunan atau jaminan agar pinjaman bisa diproses. Tidak jarang mereka kemudian mengurungkan niat meminjam karena ketiadaan aset yang bisa digunakan sebagai agunan.

Berita baiknya bagi mereka yang tidak memiliki aset, namun ingin mengambil kredit. Saat ini sudah ada produk perbankan “Kredit Tanpa Agunan” atau KTA yang dapat menjadi solusi cepat atas kebutuhan dana yang diperlukan. Dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya, KTA memiliki keunggulan seperti persyaratan yang lebih simpel, masa pencairan yang lebih cepat, dan tentu saja tidak membutuhkan aset untuk diagunkan.

Namun, walaupun Kredit Tanpa Agunan sangatlah meggiurkan, sebaiknya sebelum memutuskan untuk meminjam harus memperhatikan hal-hal berikut ini agar memberi manfaat yang optimal dalam kehidupan dan tidak memberatkan di kemudian hari.

keuntungan kredit tanpa agunan

1. Memiliki Planning yang Rapi.

Kredit tanpa agunan memang menawarkan kemudahan dan pencairan yang cepat, namun yang perlu di ingat, KTA adalah  salah satu produk perbankan dengan bunga berbiaya tinggi. Jadi, sebelum mengajukan KTA, sebaiknya kita telah memiliki tujuan jelas untuk apa pemakaian dana tersebut nanti. Lebih baik pinjaman tersebut dipakai untuk keperluan produktif agar manfaatnya dapat mengimbangi bunganya yang tinggi.

Tetapi walaupun begitu, penggunaan KTA untuk keperluan konsumtif atau kebutuhan tidak terduga juga dapat dibenarkan. Asalkan kita dapat memastikan beban cicilan per bulan tidak sampai 30% dari jumlah penghasilan bulanan yang kita dapatkan. Hal ini penting, agar keuangan yang kita miliki tidak semakin berantakan saat memutuskan meminjam. Batas utang sebesar 30% dari penghasilan rutin adalah patokan umum yang disarankan saat seseorang hendak mengambil pinjaman apapun.

kta cekaja
kta cekaja

2. Bandingkan Pinjaman KTA

Lembaga perbankan biasanya memiliki ketentuan suku bunga Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang berbeda-beda. Tetapi biasanya berada pada kisaran angka 10% hingga 23%. Suku bunga tersebut terbagi atas dua jenis, yakni:

  • Suku bunga flat
    Kredit bunga flat atau bunga tetap, plafon kredit dan besarnya bunga akan dihitung secara proposional sesuai dengan jangka waktu kredit. Nilai bunga akan tetap sama setiap bulan, karena bunga dihitung dari prosentasi bunga dikalikan pokok pinjaman awal. Jadi jumlah pembayaran pokok + bunga setiap bulan akan sama besarnya.
  • Suku bunga efektif
    Bunga kredit dihitung dari saldo akhir setiap bulannya. Bunga dihitung berdasar nilai pokok yang belum dibayar. Jadi bunga per bulan akan berubah-ubah berdasar nilai pokok yang masih terutang. Nilai bunga yang dibayar debitur setiap bulan akan semakin mengecil.Karena bunganya yang dibayar mengecil, maka angsuran per bulan akan semakin menurun dari waktu ke waktu. Angsuran bulan kedua lebih kecil daripada angsuran bulan pertama, begitu seterusnya.

Untuk mendapatkan Kredit Tanpa Agunan yang paling sesuai dengan profil yang kita miliki, sebaiknya harus aktif mencari dan membandingkan berbagai tawaran KTA yang ada. Untungnya, sekarang tekhnologi telah mempermudah semua itu dengan hadirnya Cekaja.com yang merupakan portal layanan informasi dan perbandingan yang netral dan terpercaya untuk membantu masyarakat Indonesia membuat keputusan finansial yang cerdas.

cekaja.com KTA
cekaja.com KTA

Cekaja.com mempunyai kemampuan system perbandingan dan aplikasi mutakhir yang akan memberikan pilihan produk finansial dan asuransi secara cepat, mudah, dan singkat. Selain tekhnologi yang mumpuni, Cekaja.com juga didukung oleh tenaga profesional dan berpengalaman di bidang teknologi, finansial, dan asuransi. Sebagai platform perbandingan produk perbankan, Cekaja.com juga menjalin kerjasama dengan bank terbaik dan lembaga asuransi terpercaya di Indonesia.

cekaaja.com kredit tanpa agunan
cekaaja.com kredit tanpa agunan

Bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk datang konsultasi ke bank, kehadiran Cekaja.com akan memberikan kemudahan dalam membandingkan pinjaman KTA bunga murah secara online secara mudah dan praktis. Bukan hanya persyaratannya saja yang mudah, kita juga bisa membandingkan pilihan pinjaman dari puluhan bank penyedia KTA. Untuk lebih mengenali Kredit Tanpa Agunan di Cekaja.com, anda bisa mengunjungi link https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan. Solusi terbaik disaat membutuhkan dana tanpa menyerahkan agunan, dengan berbagai pilihan kemudahan secara online yang lebih praktis dan efisien.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaInternet XL kok Makin Lemot
Artikel berikutnyaDealer Toyota Bali Penyedia Mobil LCGC Terlengkap
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.