selog astra

Kargo merupakan logistik yang ditransportasikan, biasanya untuk kepentingan komersil. Dalam pengirimannya bisa menggunakan kapal laut atau pesawat. Tetapi kargo juga bisa digunakan untuk model pengiriman barang dengan menggunakan kereta api, mobil bak terbuka dan kontainer atau truk. Sera Astra yang berdiri sejak 1990, kini melebarkan sayapnya ke bisnis transportasi, penjualan kendaraan bekas dan agen pengiriman kargo.

Layanan Pengiriman Kargo Dari Sera Astra
Berikut ini tipe moda transportasi yang digunakan untuk mengirimkan barang pada jasa penyedia layanan logistik Sera Astra:

1. Transportasi laut
Pelabuhan biasanya digunakan untuk melayani berbagai kargo dalam jumlah besar. Layanan trasnportasi laut meliputi

  • Brak bulk cargo
    Merupakan layanan pengiriman kargo berupa material yang ditumpuk dalam pallet kemudian diangkut menggunakan kendaraan sejenis cranes yang tersedia pada dok kapal maupun luar kapal. Volume break bulk cargo kini menurun sering pertumbuhan kontainer. Di beberapa negara bahkan mewajibkan menggunakan kontainer untuk mengangkut barang-barang yang biasanya menggunakan break bulk cargo.
  • Bulk cargo
    Garam, besi tua dan oli biasanya merupakan komoditas yang tidak bisa di beri pallet dan dimasukkan dalam kontainer. Bulk cargo tidak menangani jenis barang satuan sebagaimana komoditi lainya. Kayu log, gypsum dan tepung merupakan beberapa contoh bulk cargo.
  • Neo bulk cargo
    Jenis layanan ini mengacu pada unit saat dihitung ketika barang tersebut dibongkar muat. Tetapi kategori barang ini juga tidak dimasukkan dalam kontainer.
  • Kontainer
    Kontainer merupakan jenis pengiriman kargo yang tumbuh paling pesat dan besar di semua pelabuhan dunia. Kargo yang diangkut menggunakan kontainer beragam, mulai dari spare parts kendaraan bermotor (auto parts), mesin industri, makanan, pakaian, minuman dan hasil laut yang dibekukan merupakan beberapa jenis barang yang biasanya diangkut menggunakan container.
  • Project cargo
    Project cargo merupakan angkutan dengan jenis komoditi berat seperti mesin produksi pabrik, komponen pabrik, peralatan militer, generator, dan alat berat lainya. Dimana barang-barang tersebut terlalu besar dan berat jika dimasukkan ke dalam kontainer.
  • Kendaraan bermotor
    Kendaraan bermotor seperti mobil ditangani oleh Sera Astra menggunakan kapal laut yang dirancang khusus untuk mengangkut mobil.

2. Transportasi darat ( kargo darat)
Kargo darat merupakan jasa pengiriman kargo yang dilakukan Sera Astra menggunakan jalur darat. Untuk pengiriman jalur darat, Sera Astra menggunakan armada jenis truk. Berbeda dengan kargo laut dan udara, kargo darat mempunyai jangkauan kirim yang terbatas. Oleh karena itu kargo darat biasanya digunakan untuk pengiriman barang antar kota dan antar provinsi saja dengan catatan tidak dipisahkan oleh lautan. Mengingat jarak kirim yang dekat, tarif kargo darat biasanya lebih murah dibanding kargo laut maupun udara. Selain relatif lebih murah, kargo darat cocok untuk pengiriman barang yang tidak diikejar batas waktu.

Ekspesidi trucking mendominasi Sera Astra untuk pengiriman barang jalur darat. Penggunaan truk dinilai lebih efisien dibanding jenis armada lainya. Hal ini karena truk mampu menampung barang dengan berat dan dimensi yang besar. Selain murah, ekspedisi trucking juga lebih praktis karena mampu membawa banyak barang dalam sekali angkut.

Nah, demikian beberapa layanan pengiriman kargo yang ditawarkan Sera Astra. Apapun perusahaan Anda, percayakan semua kebutuhan pengiriman logistik di SERA. Didukung 1.600 truk dan 12 kapal angkut Sera menyediakan jasa pengiriman ke seluruh wilayah nusantara dengan jaminan keamanan, zero defet dan tepat waktu. Untuk info lebih lanjut hubungi call center (62-21) 26605333.

Facebook Comments