Memiliki keluarga yang sakinah merupakan tujuan utama dalam sebuah pernikahan. Dimana dengan adanya pernikahan, maka diharapkan bisa terbentuk sebuah keluarga yang harmonis, bahagia dan juga sejahtera. Untuk itu kita harus mengerti terlebih dahulu tentang pengertian keluarga sakinah. Adapun terjadinya pernikahan antara seorang laki-laki dan perempuan harus memiliki dasar yang tepat, misalnya karena saling membutuhkan, saling menyayangi dan juga saling memahami. Selain merupakan kebutuhan, pernikahan untuk membentuk sebuah keluarga juga menjadi kontek yang baik dalam kehidupan manusia. Dengan kata lain untuk menghindari hal-hal yang bisa menimbulkan pandangan negatif.

Pengertian keluarga sakinah dalam bahasa Arab, memiliki beberapa arti atau pengertian, seperti:

1. Tenang
Keluarga yang sakinah adalah keluarga yang di dalamnya terdapat sebuah ketenangan. Ini merupakan tujuan utama dari sebuah keluarga. Dimana keluarga mampu memberikan perasaan tenang terhadap semua anggota keluarganya. Selain itu keluarga juga merupakan tempat ternyaman untuk berbagi. Misalnya ketika anggota disibukan dengan kegiatan di luar rumah, ataupun memiliki masalah, maka keluarga merupakan tempat yang tepat untuk berbagi masalah yang dihadapinya, dan juga merupakan pemberi solusi yang baik.

2. Terhormat
Sakinah dalam bahasa Arab juga dimaknai atau mengandung arti terhormat. Dimana keluarga yang sakinah merupakan keluarga yang memiliki nilai positif dan juga baik di mata semua anggota keluarganya ataupun di lingkungan sekitarnya. Pengertian terhormat disini bukan karena keluarga memiliki harta yang berlimpah, jabatan yang tinggi dan juga yang lainnya, tapi lebih karena sikap dan prilaku yang selalu mengedepankan kejujuran dan hal positif lainnya.

3. Penuh kasih sayang
Keluarga sakinah adalah keluarga yang didalamnya terdapat dengan penuh rasa kasih sayang. Dalam hal ini penuh kasih sayang merupakan pengertian sakinah dalam bahasa Arab yang sangat dianjurkan sekali. Karena terciptanya keluarga yang harmonis, bahagia dan sejahtera tdak akan pernah terwujud jika didalamnya tidak ada rasa kasih sayang, rasa saling membutuhkan, tidak ada rasa pembelaan terhadap anggota keluarga lainnya, dan tidak adanya rasa saling menghargai satu sama lainnya. Oleh sebab itu, ciptakan keluarga sakinah dengan memahami pengertian atau makna dan juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Facebook Comments