Salah satu jenis sumber energy industry yang menjadi sumber energi alternatif ialah biomassa yang juga merupakan sumber energi terbarukan. Jika dulu orang bergantung pada sumber energi yang sifatnya terbatas seperti minyak bumi, batu bara dan lain sebagainya. Karena semakin menipiskan bahan bakar fosil yang ada menjadikan kita wajib beralih dan mencoba sumber energi lain. Sumber enrgi tersebut harusnya bisa lebih baik dan jumlahnya melimpah agar tidak terjadi kejadian yang serupa.

Kebutuhan akan energi listrik dan bahan bakar baik oleh industri manufaktur maupun rumahtangga tentunya membutuhkan suplai yang berlimpah. Jenis industri energi yang patut digunakan ialah biomassa yang memiliki kelebihan:

•    Biomassa berasal dari sumber yang bisa diperbaharui dan jumlahnya tidak akan habis, seperti limbah pertanian, sampah tanaman, dll,
•    Menggantikan bahan bakar fosil yang jumlahnya terbatas dan diperlukan waktu lama untuk diperbaharui,
•    Penggunaan bahan limbah menjadikan biomassa ember energi yang ramah lingkungan,

Kelebihan ini menjadikan bimassa dikenal sebagai sumber energi masa depan yang ramah lingkungan dan mencukupi kebutuhan besar.

Pengolahan energi biomassa sendiri hingga saat ini masih terbatas namun tidak menutup kemungkinan mampu memasok listrik untuk cakupan wilayah yang luas. Namun perlu diakui bahwa biomassa sendiri memiliki kekurangan, yakni mahalnya proses pengolahan limbah. Dikatakan mahal sebab memerlukan sumber daya manusia yang cukup banyak agar prosesnya menghasilkan energi yang dibutuhkan. Namun untuk sumber energy industry yang ramah lingkungan, biomassa patut dipertimbangkan.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaBisskey IPM Terbaru Update
Artikel berikutnyaTips Membuat Scrub dari Teh Hijau
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.