Presentasi merupakan cara kita menyampaikan pesan kepada orang lain supaya dapat diterima dengan baik.
Presentasi secara luas meliputi juga seni berbicara di depan orang lain dan seni membuat slide.

Presentasi didefinisikan sebagai upaya penyampaian pesan kepada orang lain dengan bantuan media visual (Duarte, 2008), sedangkan Rae (2005) memadankan presentasi dengan komunikasi

Boleh dibilang dengan Presentasi kita berupaya untuk “mempengaruhi” orang lain agar menyesuaikan diri dengan pemikiran Anda.  Jadi jika Anda berhasil membuat orang lain menyetujui pemikiran Anda, atau  memahami pesan yang Anda sampaikan, maka Anda dikategorikan berhasil dalam presentasi.

Dalam dunia bisnis, peran presentasi bisnis berperan sangat penting, karena dengan presentasi jugalah sebuah informasi produk barang atau jasa akan diperkenalkan dan mencoba tampil mengesankan dimata calon investor ataupun konsumen itu sendiri. Dengan sukses nya presentasi bisnis akan berarti pula kenaikan omset penjualan dan akan membuat usaha anda semakin besar. Contoh sukses presentasi dalam bisnis tentu kita akan ingat sosok Steve Jobs mendiang bos Aple Iphone. Steve Jobs merupakan ahli presentasi yang sangat berhasil membentuk image dan melejitkan penjualan Apple Iphone.

Dalam membawakan presentasi kita dituntut harus menjadi penulis (scriptwriter), desainer, sekaligus aktor untuk menghasilkan sebuah presentasi yang berhasil demikian yang Kapterev katakan. Nah apakah dengan demikian presentasi itu sulit??? bisa ya bisa juga tidak,  Namun segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang tidak bisa dipelajari bukan? nah kita hanya perlu mencoba, mencoba, dan mencoba untuk berhasil melakukan ketiga aktivitas tadi: menulis, mendesain, dan membawakan presentasi Anda.

So tidak ada yang mustahil jika kita mau belajar,.. yuk belajar lebih giat lagi

Facebook Comments