Bunda pasti merasa bahagia jika melihat si Kecil tumbuh sehat, gemuk dan lucu. Hal ini menandakan bahwa perawatan bayi yang Bunda berikan pada si Kecil berjalan baik dan telah dilakukan dengan benar. Namun, ada satu hal yang harus Bunda ketahui, jika si Kecil terlalu gemuk dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan saat besar nanti. Obesitas atau kegemukan merupakan gejala dimana berat badan yang dimiliki seseorang melebihi berat normal dan obesitas yang terjadi pada bayi 80% disebabkan oleh faktor keturunan. Oleh sebab itu, obesitas yang disebabkan oleh faktor keturunan sangat sulit untuk dihindari. Selain faktor keturunan, obesitas yang diderita bayi disebabkan juga oleh pola makan yang diberikan Bunda. Jadi, Bunda memiliki peran besar penyebab terjadinya obesitas pada si Kecil.

Untuk itu, Bunda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi bayi yang menderita obesitas agar tidak salah dalam memberikan perawatannya. Berikut ini ada beberapa tips perawatan bayi obesitas di bawah usia 24 bulan, antara lain:

1. Tetap berikan ASI saja pada si Kecil dan hindari memberikan susu formula. Kandungan gula dalam susu formula sangat tinggi sehingga dapat mengakibatkan si Kecil menderita obesitas.
2. Berikanlah makanan pendamping ASI secukupnya atau dalam porsi yang tidak terlalu banyak. Jika terlalu banyak diberikan, maka dapat mengakibatkan obesitas pada si Kecil karena asupan kalori dari makanan terlalu berlebih.
3. Bunda harus berusaha membuat si Kecil aktif atau banyak bergerak sehingga kalori yang tertimbun di dalam tubuhnya akan terbakar. Jika si Kecil aktif, maka risiko terkena obesitas pun lebih kecil.
4. Perbaiki pola makannya dan cek kandungan gizi yang ada pada makanan. Hindari makanan yang mengandung gula dan lemak tinggi. Jika hal ini diperbaiki, maka si Kecil dapat terhindar dari bahaya obesitas.

Jadikanlah beberapa tips di atas sebagai panduan bagi Bunda untuk menjaga si Kecil terhindar dari masalah obesitas. Cegahlah obesitas pada si Kecil sedini mungkin karena sangat berdampak besar saat ia dewasa nanti.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaKeunikan Teh Oolong
Artikel berikutnyaCross A5,Hp Android 500 ribuan Dual SIM dan TV analog
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.