Tips Menghemat Listrik

Artikel Hemat listrik agar kita senantisa hidup dengan bijak dalam memanfaatkan energi. Selain hemat pengeluaran upaya hemat listrik juga merupakan bentuk partisipasi kita dalam pelestarian lingkungan dan energi. Hemat listrik untuk pelestarian lingkungan dan energi semakin. Semakin tinggi konsumsi listrik maka akan semakin tinggi pula emisi karbon yang dihasilkan dari pembangkit listrik, dimana 60 persen diantaranya menggunakan bahan bakar fosil. Sementara pembakaran bahan bakar fosil adalah penyebab utama terjadinya pemanasan global, yang berdampak pada meningkatnya suhu bumi secara global. Jadi betapa pentingnya kita mengapliaksikan Hemat Listrik mulai dari sekarang.

Berikut ini bagaimana cara menghemat listrik yang bisa lansung kita aplikasikan dirumah:

1. Gunakan lampu hemat energi, lampu neon hemat energi juga memberikan pencahayaan yang lebih baik dibandingkan lampu pijar.

2. Utamakan memilih alat-alat elektronik dengan fasilitas hemat energi saat membeli alat-alat elektronik baru.

3. Gunakan alat-alat elektronik anda dengan bijak, . Efisien dan proporsional memakai perangkat elektronik. gunakan seperlunya, matikan ketika tidak digunakan dan cabut kabelnya jika tidak akan digunakan dalam waktu lama.  Sesuaikan kapasitas kerja mesin dengan kebutuhan. Sebagai contoh, saat hendak memakai mesin cuci, jangan hanya memasukkan 1-2 potong baju saja ke dalam tabung. Lebih baik memasukkannya dalam jumlah banyak yang proporsional dengan kapasitas mesin.

4. Jika anda menggunakan pompa air, gunakan tangki air dan buat jadwal hidup pompa air. Gunakan air dengan hemat.

5. Memperlancar sirkulasi udara. Seringkali berada dalam rumah malah merasa panas. Solusinya, letakkan kipas angin di area plafon rumah. Kemudian saat menggunakan material transparan seperti kaca dan polikarbonat sebaiknya ”selipkan” penghalang berupa kisi-kisi dan kanopi. Disisi lain, letakkan tanaman hijau di area bukaan rumah. Caranya, cukup meletakkan di sekitar jendela, tanaman berdaun lebat yang tingginya sejajar dengan jendela itu. Sehingga tidak perlu lagi memakai Ac/ pendingin ruangan.

6. jika anda menggunakan AC, atur suhu AC anda seperlunya. suhu AC yang lebih dingin membutuhkan energi listrik yang lebih banyak. bersihkan AC secara teratur.

7. Buat sistem pencahayaan yang baik di rumah anda sehingga anda tidak perlu menghidupkan lampu di siang hari.Memaksimalkan cahaya alami. Perbanyak jendela dan perbesar ukurannya. Pilih bentuk jendela yang tidak terbagi dalam bagian kecil yang dibatasi frame, dapat dibuka lebar dan berkaca transparan. Cara lain, manfaatkan plafon transparan yang bisa di tempatkan di berbagai ruangan. Penggunaan warna cat dinding bernuansa cerah dan terang seperti putih, kuning dan lain-lain turut mendukung penerangan cahaya dalam ruang.

8. Buat jadwal mencuci dalam satu minggu, dan gunakan mesin cuci sesuai kapasitas, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. gaunakan pengering bila hanya benar-benar perlu.

9. Buat jadwal menyetrika seminggu sekali, karena proses pemanasan setrikaan memerlukan daya listrik yang cukup besar.

10. Bersihkan kulkas secara rutin agar kinerja kulkas tetap optimal. Isi secukupnya, jangan dibuka tutup terlalu sering dan tutup dengan rapat.

11. Perhatikan meteran listrik dan segera evaluasi jika terjadi lonjakan penggunaan.

12. Rawat instalasi listrik di rumah anda dan gunakan alat-alat elektronik yang sesuai.

13. Pilih menggunakan laptop dibandingkan desktop, atau kalau harus menggunakan desktop gunakanlah layar lcd. laptop dan layar lcd lebih hemat energi.

Tindakan hemat listrik tidak terbatas untuk menghemat pengeluaran tapi juga merupakan tindakan bijak yang berguna bagi kepentingan orang banyak, di masa kini dan masa mendatang. Bentuk kepedulian kita untuk Bumi yang lebih hijau dan sehat.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaAlamat Service Center Blackberry
Artikel berikutnyaSOS Group – “Pusat” SDM Berkualitas Nomor Wahid
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.