cara menambahkan tanda tangan pdf
cara menambahkan tanda tangan pdf

Cara Mengedit Text dan Menambahkan Tanda tangan pada file PDF ini akan saya update pada tahun 2020, ini karena seiring waktu ada cara yang lebih praktis dan mudah daripada menggunakan adobe reader X. Bahkan kita bisa melakukan ini secara online tanpa perlu sign up terlebih dahulu.

Berikut situs untuk menambahkan tanda tangan pada file PDF

1. Small PDF

Kunjungi https://smallpdf.com/id/tanda-tangan-pdf

Menambahkan tanda tangan disini kita hanya perlu mengupload dokumen yang akan ditanda tangani.

Setelahnya kita bisa memilih antara menggambar tanda tangan dengan mouse, mengupload gambar tanda tangan atau bahkan foto.

Ketika sudah selesai, kita bisa mengunduhnya langsung atau menyimpannya ke akun Google drive ataupun DropBox

2. Adobe Acrobat Online

Kunjungi https://documentcloud.adobe.com/link/tools/?group=group-sign

Untuk dapat menandatangani file PDF dengan adobe acrobat ini kita harus sign in dahulu. Bisa menggunakan akun gmail, facebook, dan akun apple.

adobe tanda tangan online

Setelah sign in kita bisa mengunggah file dokumen yang ingin di tanda tangani seperti di smallpdf diatas.

Cara Mengedit File Pdf dengan Adobe reader x

Saya mau berbagi pengalaman saat mengedit file pdf mungkin anda juga mempunyai problem yang sama semoga bermanfaat,kebetulan sekali beberapa saat yang lalu saya menerima sebuah file Pdf yang harus saya lengkapi dengan segera, jujur waktu itu saya sangat bingung sebab ini adalah pengalaman pertama bagi saya.

Banyak rekomedasi yang saya temukan di google saat browsing ”Cara edit file pdf” salah satunya memakai Foxit Reader, namun kok saya malah bingung ya apalagi saya juga harus membubuhkan tanda tangan di file pdf tersebut. Terpikir juga cara untuk menscan File tersebut dan baru menandatangani nya lalu kemudian di scan lagi bru kemudian dikirimkan, namun menemukan warnet dengan kemampuan scan di kota kecil tempat saya tinggal bukanlah perkara gampang. Dan setelah browsing kesana kemari saya sedikit menemukan titik di sebuah website yang katanya semua itu bisa di lakukan oleh Adobe Reader x

saya sertakan gambar saat saya mengedit, klik gambar untuk memperjelas. saya menggunakan adobe reader x 10.1.3

1. Pilih file yang mau di edit dengan Adobe Reader x

2. Setelah Terbuka silakan Klik icon seperti dalam gambar dengan nomor 1. Akan muncul sebuah jendela kecil disamping kiri seperti ditunjukan oleh nomor 2 kemudian klik maka akan muncul kembali di sudut atas Font,ukuran font seperti tampak dalam nomor 3.

3, Setelah kita selesai menambahkan Text dan bermaksud menambahkan Tanda tangan pada file pdf tersebut klik ”Place Signature” seperti ditunjukan oleh nomor 1. maka akan muncul jendela option anda bisa memilih ”Draw Signature” atau ”use an Image”.

Saat anda memilih draw signature maka anda dapat membuat tanda tangan anda sendiri dengan bantuan mouse. namun jika anda memiliki gambar/scan tanda tangan tinggal replace saja dan tempatkan di kolom tanda tangan.

 

 

4. Replace Tanda tangan atur besaranya dengan menarik gambar tanda tangan sesuai keinginan anda.

nah mudah bukan mengedit file Pdf, semoga membantu anda jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar Terimakasih.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaSpesifikasi,Harga Imo I Memo
Artikel berikutnyaCara Instal Emulator Android di PC/Laptop
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.