Prediksi Juara Piala Champions 2011 Manchester United vs Barcelona.

Final Liga Champions 2011 tinggal menghitung waktu,dan Stadion Wembley akan menjadi saksi pada Tanggal 28 mei siapakah juara sejati di benua biru antara Barcelona vs Manchester United. Akankah ini merupakan ulangan final Champions tahun 2009?? Mari kita bedah ”Prediksi Final Champions 2011”

Manchester United : Kick & Rush
MU, sebagai tim Inggris adalah penganut sepakbola kick and rush, dengan speed,power,tentu konsentrasi tinggi dan fokus dalam mencari celah kelengahan lawan.

Simak pengakuan Pep Guardiola, “They have a great squad with two great teams and extraordinary players”. Ya,tembakan langsung ke gawang bisa datang dari lini manapun. Ciri khas pola ini menerapkan efisiensi. Penguasaan bola tidak perlu lama-lama dan membutuhkan penguasaan lapangan mutlak. Kombinasi operan panjang dan pendek mengalir cepat. Bola mati dan kemelut di depan gawang adalah ‘kesukaan’ MU. Oleh karena itu penjagaan man to man tidak efektif meredamnya. Anti strateginya adalah merusak konsentrasi lawan.

BARCELONA : PROSES MENYERANG
Barca, menganut pola menyerang yang mengandalkan proses,Tidak bisa dipungkiri, sentuhan Johan Cruif sangat terasa mengingat Pep salah satu andalan legenda Belanda itu. Permainan yang sangat mementingkan proses ini sungguh enak ditonton karena sangat mengandalkan skill membawa dan mengoper bola sampai sedekat mungkin dengan gawang. Kerjasama tim menjadi andalan. Ball possession mutlak harus diraih sepanjang mungkin. Maka pengatur dan otak serangan Barca perlu mendapat perhatian penuh sebagaimana pengakuan Sir Alex, “What we have to do is find a solution to the Xavi-Messi-Iniesta problem. Everyone is searching for that because they are outstanding footballers ”. Maka anti strateginya adalah merusak irama permainan lawan.

FAKTOR TEKNIS
Pola permainan yang sangat kontras ini menyebabkan gaya Inggris sangat ‘tidak disukai’ Spanyol. Begitu juga sebaliknya. Jarang, jika tidak dikatakan sulit,pemain Inggris bersinar di Spanyol, begitu juga sebaliknya. Sejenak kita lihat ke belakang,Steve Mc. Manaman sampai dengan Michael Owen dan David Beckham (kebetulan semua mantan pemain Real Madrid), dapat dikatakan tidak terlalu menonjol. Sebaliknya, Toress dan Fabregas adalah contoh pemain Spanyol yang tidak
mentereng. Oleh karena itu strategi yang jitu adalah kunci memasuki pertempuran nanti. Bukan penerapannya yang menjadi perhatian masing-masing Pelatih, tetapi anti-strategi lawan yang menuntut cepat untuk diamati dan ditangani segera. Jika pemain MU ada yang hilang konsentrasi dan tidak fokus karena ‘diganggu lawan’, tentu segera dicari solusi cepat dan tepat. Sebaliknya juga jika pemain Barca gagal mendukung proses menyerang karena mendapat ‘tekanan lawan’. Kecepatan dan ketepatan Pelatih dalam membaca inilah menurut saya memegang porsi 70% kunci.

FAKTOR NON-TEKNIS
Permainan bola tidak lepas dari faktor non-teknis. Di atas disebutkan bahwa 70% berupa pengamatan jitu anti-strategi lawan. Sebanyak 20 % saya menyertakan masalah non-teknis para pemain,Penggemar tentu tidak lupa bagaimana para pemain Barca saat bentrok dengan rival abadi mereka Real Madrid. Suka tidak suka tuduhan bahwa mereka cengeng dan bisa melakukan diving perlu menjadi catatan. Ini tentu klop dengan karakter dan emosi seorang Rooney, salah satu andalan MU. Sepanjang Rooney, Rio, Van Der Sar, dan yang lain, mampu mengatasi emosi dan tetap fokus dalam permainan tentu bukan masalah. Tapi ada banyak cara memancing emosi lawan bukan? Kemudian Messi, dari awal semua sudah tahu bahwa untuk menahannya tidak cukup 1-2 orang. Maka yang bisa dilakukan adalah menekan mental para pemain Barca. Hal ini dibantu dengan suasana Wembley yang tentu mendukung tuan rumah. Barca harus dipandang MU sebagai ‘tim biasa yang ingin merebut trofi di rumah saya’.

Yang 10 % adalah masalah klasik: wasit.Selain pengadil permainan,pada saat yang sama wasit dapat merusak permainan.Misalnya ketepatan dalam memberi kartu,sah-tidaknya penalti, sampai dengan kontroversi goal, semuanya bisa diperdebatkan dan tentu ikut mempengaruhi suasana, dan sistematika, pertandingan.

So dari paparan di atas siapakah yang menurutmu paling pantas menjadi juara??? *_# . Baca Juga => INILAH Wasit Pemimpin MU VS BARCA

ulasan Rob roy Kompasianer.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaBlogger Tidak Bisa di Akses?
Artikel berikutnyaContoh Soal Test Psikotest
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.