Semua Orang tau bahwa Buronan nomor satu di Dunia adalah ”Osamah Bin Laden”, Gembong Teroris yang diduga otak di balik serangan terhadap WTC pada 20m1 silam. Dan betapa terkejutnya kita ketika mendengar ”Berita Osama Bin Laden Tewas !!” , benarkah???

Lalu seperti apakah kronologi nya hingga Osamah bin Laden tewas ?? Inilah kronologi bagaimana pemimpin Al Qaeda,
Osama bin Laden tewas dikutip dari Kompas.com

Di sebuah komplek perumahan yang mirip benteng, di pinggiran Abbottabad, Pakistan barat laut,Lokasi komplek tersebut letaknya hanya 800 meter dari Akademi Militer Pakistan, sebuah pusat pelatihan elit militer Pakistan, yang digambarkan para wartawan, sekelas dengan akademi militer Sandhurst, di Inggris.

Diduga, lokasi barak Abbottabad tersebut digunakan sebagai basis pasukan khusus AS, sebelum menyerang komplek perumahan Osama. Menurut sumber militer kepada BBC berbahasa Urdu,operasi dimulai sekitar pukul 22.30 waktu setempat dan berlangsung sekitar 45 menit,Dua atau tiga helikopter terlihat terbang rendah di atas wilayah tersebut.Seorang saksi mata mengatakan,penduduk setempat terlihat panik menyaksikan keributan tersebut.

Target operasi pasukan khusus tersebut adalah bangunan besar berlantai tiga yang berada di tengah komplek tersebut. Ketika helikopter mendarat di luar, beberapa orang keluar dan berbicara dengan penduduk setempat dalam bahasa Pashto,Warga yang tinggal di wilayah itu yang dikenal bernama Tanda Choha mengatakan, warga diminta mematikan lampu dan tidak keluar rumah.

Lalu beberapa saat kemudian terdengar suara tembak menembak dan suara senjata tempur berat. “Dalam kontak senjata tersebut,satu helikopter jatuh terkena tembakan,” kata laporan itu,Menurut penuturan penduduk setempat,bangkai helikopter terlihat masih berada di dalam kompleks bangunan tertutup itu,yang luasnya diperkirakan sekitar 3.000 meter persegi.

Namun, warga sekitar tidak pernah tahu kegiatan apa saja yang berlangsung di dalam kompleks tersebut. “Bangunan tersebut tertutup rapat, dan dikelilingi tembok tebal dan gerbang kokoh sekitar 14 meter. Sehingga tidak banyak kegiatan yang bisa dilihat dari luar. Dindingnya juga dikelilingi kawat berduri lengkap dengan kamera CCTV pemantau,” kata saksi mata kepada BBC.

Ada dua gerbang penjagaan di rumah itu,tidak ada saluran telepon atau internet yang masuk ke kompleks tersebut,demikian dilaporkan Associated Press (AP). Saksi mata mengatakan, setelah operasi militer berakhir, terlihat api membumbung tinggi dari kompleks bangunan tersebut. Tak lama kemudian,pasukan khusus keluar dari kompleks tersebut,Terdengar mereka juga mengatakan, di dalam juga terdapat perempuan dan anak-anak yang tinggal di dalam bangunan di kompleks tersebut.

Seorang penduduk setempat mengatakan kepada BBC, bahwa rumah itu dibangun kira-kira sekitar 10-12 yang lalu oleh warga etnis Pashtun. Warga etnis Pashtun ini hidup di perbatasan Afghanistan-Pakistan. “Tidak ada satupun warga di sini yang peduli, siapa saja yang tinggal di dalam kompleks terssebut” katanya.

Para pejabat intelijen dari Amerika Serikat yang dikutip oleh AP mengatakan,menurut informasi rumah tersebut sengaja dibangun untuk peristirahatan seorang tokoh besar. Berdasarkan informasi ahli intelejen inilah, CIA memastikan yang tinggal di rumah besar tersebut, hampir pasti Osama bin Laden.Pasukan Pakistan tiba di tempat kejadian setelah serangan itu berakhir dan mereka kemudian mengambil alih kendali atas wilayah tersebut.

Wartawan BBC mengatakan, “Sebelum melakukan penyerangan,pasukan khusus AS mungkin menggunakan pangkalan militer Tarbela Ghazi, dekat Abbottabad, yang digunakan oleh Marinir AS.”

Nah apakah dengan tewas nya Osama apakah akan juga membunuh teror yang selama ini bermunculan?? Ataukah malah menimbulkan serangan yang lebih besar sebagai bentuk balas demdam kelompok teroris terhadap kematian Osama bin Laden??? . Kita hanya bisa berdoa semoga kekacauan dan teror tak lagi muncul di bumi ini.. Amien

Facebook Comments