”Kebaikan SBY” versi Googlee menjadi ”Keburukan SBY” apa sebabnya…?? Nah hal ini mencuat sekitar hari minggu yang lalu, para pencari berita Online yang mengetikan Kata Kunci ”kebaikan SBY” akan di beri pertanyaan oleh Google ” mungkin maksud anda adalah: Keburukan SBY” lho kenapa begitu,..? Apa Google kejam sampai mencap orang nomor satu di negri ini hanya di kenali keburukanya saja?? Eits jangan salah sangka dulu, apalagi sampai menuduh ada ”sabotase” atau sebangsa nya,.. Ini dia alasanya menurut seorang ahli IT dikutip dari Inilah.com.

Menurut pengamat telekomunikasi Budi Raharjo ada banyak kemungkinan terkait proses revisi yang diberikan Google. Namun, ia menegaskan tidak ada unsur kesengajaan pada Google karena ini hanyalah mesin pencari otomatis.

“Ini bukanlah kesengajaan. Ada banyak alasan mengapa Google secara otomatis melakukan penyaranan revisi pencarian. Ini bisa saja terkait perbedaan isi dengan indeks, jumlah kata kunci keburukan yang lebih banyak dan lainnya, ” kata Budi Raharjo.

1. Alasan pertama, ada banyak orang yang membuat artikel soal kebaikan SBY namun berisikan informasi lebih banyak tentang keburukan SBY pada tubuh artikel. Karena Google merupakan mesin pencari yang memanfaatkan jumlah kata kunci maka secara otomatis Google melakukan koreksi.

2. Alasan Kedua, banyak pihak yang menulis di judul atau paragraf awal di artikel yang diindeks di Google, memasang kata ‘kebaikan SBY’. Namun, di halaman selanjutnya, komentar yang muncul atau tautan artikel mencantumkan banyak kata soal keburukan SBY.

“Kita tidak bisa tahu secara langsung di halaman depan Google soal isi keseluruhan artikel terkait ‘kebaikan SBY’. Bisa jadi, banyak yang mencantumkan kata keburukan SBY pada komentar dan tautan. ”

3. Alasan ketiga adalah pemasangan indeks dan kategori kata berupa ‘keburukan SBY’ pada artikel atau berita internet berisi kebaikan SBY. “Semua artikel di internet pada dasarnya mencantumkan indeks dan kategori. Karena itu, bisa jadi ketidaksesuaian pemasangan indeks dan kategori terhadap isi berita. ”

Jika pengguna membuka halaman situs www.google.co.id dan mengetik kata kunci ‘kebaikan SBY’ maka muncul revisi dari Google berbunyi, “mungkin maksud Anda adalah: keburukan SBY”. Hal ini tidak pernah terjadi sebelumnya Ada juga yang menduga bahwa keganjilan itu tergantung pada browser yang digunakan. “chrome & firefox tahunya keburukan SBY; opera & safari tahunya kebaikan SBY,” tulis seorang tweep. Namun ada yang menduganya perbedaan itu akibat pemilihan setelan penelusuran google yang Anda pilih. Jika bahasa antarmuka dan bahasa penelusuran disetting ke bahasa Indonesia, maka akan keluar seperti di atas. Namun jika menggunakan bahasa Inggris akan tampil normal.

Setelah di coba sendiri memang hanya Google.co.id saja yang memberikan ”Keburukan SBY”, dan hal ini juga menimpa tokoh lainya misal ”kebaikan JK” maka muncul ”keburukan JK” maupun tokoh-tokoh lainya, so ini bukan gara-gara Google Sensitif lho ama Sby.. *_@
nah apakah sobat penasaran mencoba?? Silakan di check.. 🙂
CMMiW

Facebook Comments

Artikulli paraprakCara Membaca Pikiran Pria.
Artikulli tjetërPuisi : Selamat Tinggal.
Hallo, saya adalah Rusdiana. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.