tips berbuka puasa yang sehat
tips berbuka puasa

Menu Berbuka Puasa harus diperhatikan sob, agar kita lancar dalam melaksanakan Puasa Ramadhan. Nah untuk itu ini dia Tips Berbuka Puasa yang Sehat, silakan sobat simak ;

1. Minum yang cukup dan makan secara bertahap (awali dengan porsi yang kecil), agar perut tidak melilit.

2. Awali dengan minuman manis serta makanan yang manis.
Terutama berbuka dengan Kurma atau 1-2 potong kue manis rendah lemak (misalnya kue-kue jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras), untuk mngembalikan cairan tubuh n kadar gula darah.

3. jangan mengkonsumsi makanan pembuka sekaligus dalam jumlah banyak, agar kadar gula darah kita tidak meningkat secara tiba-tiba.

4. Setelah tenggang waktu sejam (setelah sholat Maghrib), barulah perut sobat diisi dengan makanan dalam porsi penuh. Makanan yang dikonsumsi sebaiknya bervariasi agar semua zat-zat gizi dapat terpenuhi.

5. Cukup minum.
Kira-kira 2 liter sehari (± 8 gelas).
Setiap harinya, manusia membutuhkan 2000-2500 kalori dan ini setara dengan 2000-2500 asupan air yang harus terpenuhi agar tubuh terasa segar.

6. Jangan makan yang mengandung bumbu terlalu merangsang, seperti cabe atau santan kental.

7. Jangan minum dan makan yang menimbulkan gas, yakni kol, lobak, nangka, ubi jalar dan minuman ringan.

8. Jangan mengkonsumsi tape ketan, kopi, dan teh kental karena dapat merangsang pengeluaran asam lambung.

9. Setelah sholat Isya dan Tarawih, temen-temen boleh mengkonsumsi lagi makanan selingan dengan porsi seperti makanan pembuka.

10. Sebelum tidur malam, makanan selingan bisa jadi pilihan konsumsi. Misalnya, kolak atau segelas jus buah.

11. Ada kebiasaan salah yang dulakukan sebagian orang, yaitu minum air es atau es yang dicampur ke dalam minuman sebelum menyantap makanan.
Cara ini sangat merugikan karena es dapat menahan rasa lapar. Akibatnya, hidangan lain yang lebih bergizi bisa tidak disantap, sehingga mengurangi asupan nutrisi yang diperlukan. Hindari minum es saat buka puasa.

Semoga Tips Berbuka nya bermanfaat,sehingga kita dapat menjalani Ibadah dengan khusyuk. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa sob,

Facebook Comments