BERBAGI

ciungtips.com – Satu dekade lalu pelajar masih berkutat dengan pulpen dan buku, lalu kini pelajar semakin akrab dengan Buku Sekolah Eletronik (BSE) yang paperless dan memanfaatkan laptop sebagai media pembelajaran. Tekhnologi memang telah mengubah gaya hidup kita menjadi semakin praktis dan efisien. Penggunaan laptop tidak lagi hanya terbatas digunakan untuk ranah pekerjaan kantoran di perusahaan besar dan industri tertentu saja, kini penggunaannya sudah meluas hingga ke sektor pendidikan.

Desain laptop saat ini dituntut untuk semakin ultraportable, ini terlihat dari tren semakin disukainya laptop dengan bobot ringan dan dimensi yang kompak. Ini sejalan dengan gaya hidup yang semakin mobile namun semakin tergantung kepada perangkat tekhnologi.

Salah satunya yang saat ini mulai populer adalah type laptop 2 in 1. Salah satu keunggulan dari perangkat ini adalah kemampuanya untuk menjadi 2 mode berbeda dalam 1 perangkat.

2 Jenis laptop 2 in 1
Dari desain nya, laptop 2 in 1 bisa dibilang ada dua jenis yakni “hybrid dan covertible“. Kedua desain ini memiliki keunggulanya masing-masing, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang kita inginkan.

Hybrid: Hybrid adalah laptop yang dimana layar bisa benar-benar terlepas dari keyboard dan berfungsi sebagai touchscreen. Sebagai dasarnya yaitu keyboard, berisi fungsi yang lengkap seperti port USB dan baterai sendiri.

Convertible: Sebuah Convertible laptop adalah layar bisa dibalik atau diputar yang membuat laptop berbentuk tablet. Layar dan keyboard tidak bisa dilepaskan, tapi layar touchscreen biasanya diberikan untuk menjadikannya sebuah tablet.

Sejarah Laptop 2 in 1.
Walaupun Laptop 2 in 1 baru memperoleh kepopuleran pada tahun-tahun terakhir ini, sesunggguhnya laptop 2 in 1 pertama kali hadir pada tahun 2002. Compaq TC1000 adalah laptop hybrid 2-in-1 pertama yang selain bisa diputar-putar keyboardnya (convertible), bisa juga dilepas pasang (detachable). Laptop ini juga sudah support input stylus, meskipun tidak support touch menggunakan jari.

Desain nya menjadi inspirasi laptop masa kini dan bisa dibilang Compaq TC1000 ini adalah kakek buyut nya laptop 2 in 1.


Pada awalnya laptop 2 in 1 hadir lebih sebagai pelengkap akomodasi para pebisnis dan para eksekutif, dengan desain ringkasnya hingga bisa lebih mobile namun tetap memberikan fungsi sebagai laptop. Kesan ini pun tidak terlepas dari harganya yang lumayan mahal pada saat awal kemunculan nya.

Namun kini seiring waktu, produsen melihat bahwa konsumen yang lebih umum pun sebenarnya memerlukan kehadiran laptop 2 in 1 sebagai perangkat harian mereka. Oleh karena itu sekarang laptop 2 in 1 dapat hadir dengan harga yang lebih terjangkau.

Beberapa pertimbangan kenapa laptop 2 in 1 sangat cocok digunakan untuk gaya hidup pelajar.


Dimasa lalu laptop 2 in 1 identik dengan kata “Mahal” tetapi kini para produsen mulai membuat varian yang beragam dengan rentang harga yang semakin terjangkau. Segmentasi harga ini membuat laptop 2 in 1 semakin populer dan dapat menjadi pilihan yang wort-it untuk dibeli.

Laptop 2 in 1 yang paling murah saat ini sudah dapat dimiliki dengan harga 3 jutaan, dimana harga ini setara dengan harga laptop konvensional. Dengan segala kelebihanya tentu saja laptop 2 in 1 memiliki nilai plus yang tidak dapat ditandingi.


Sebuah perangkat yang ultraportable merupakan jawaban dari laptop 2 in 1 ini, desain yang tipis ringan merupakan kelebihan yang dicari oleh para pelajar. Dengan dimensi nya yang “kompak” perangkat dapat dengan mudah masuk ke tas tanpa memakan space yang banyak.

Desain anti mainstreamnya Perangkat notebook 2 in 1 yakni penggunanya bisa browsing internet senyaman menggunakan tablet, namun tetap bisa bekerja senyaman menggunakan laptop juga menjadi kelebihan tersendiri yang tak bisa diberikan perangkat lain.


Laptop 2 in 1 kebanyakan memiliki dukungan baterai yang tahan lama, fitur ini sangat dibutuhkan oleh pelajar karena akan dipakai seharian penuh. Apalagi dengan kebijakan “Full Day School” yang mengharuskan pelajar tetap on dari pagi hingga sore. Bayangkan betapa repotnya jika memakai laptop dengan kemampuan baterai pendek, sehingga harus membawa charger laptop yang ukuran dan beratnya begitu membebani.

Beberapa laptop 2 in 1 memiliki dimensi charger yang kecil setara dengan charger smartphone. Bahkan beberapa yang lainya dapat di charger dengan menggunakan powerbank seperti type 2 in 1 Asus Transformer T100.


Laptop 2 in 1 tidak memiliki performa yang gegas ? di masa lalu mungkin pendapat itu benar, tetapi kini sudah tidak lagi relevan. Laptop 2 in 1 dengan dukungan prosesor Intel i7 terbaru ditandemkan dengan kartu grafis kini telah banyak diciptakan oleh para produsen seperti ASUS, Acer, Lenovo hingga Dell.

Dengan dimensi yang ringkas, siapa menyangka kemampuannya bisa diandalkan. Untuk laptop 2 in 1 seri termurah seperti ASUS Transformer T101 atau Acer Switch sudah bisa dengan lancar dipakai untuk mengerjakan tugas-tugas di Office. Apalagi seri diatasnya yang bahkan kuat untuk diajak rendering video karena sudah memakai prosesor intel yang disertai dengan kartu grafis.


Untuk pelajar dengan kebutuhan sebatas office ringan dan browsing internet rasanya laptop 2 in 1 di rentang harga 3-4 jutaan sudah cukup mengakomodasi kebutuhan tersebut. Ada produsen dengan reputasi bagus seperti ASUS, Dell dan Acer yang mengisi segmen ini.

Nah berikut rekomendasi untuk kamu yang sedang mencari perangkat terbaik dengan budget terbatas.

ASUS T101

  • Sistem Operasi : Windows 10
  • Processor : Intel Atom Z8350
  • Memory : 2GB RAM dan Hardisk 64GB EMMC
  • VGA : Intel HD Graphics
  • Layar : 10.1 Inch  Touch Detachable
  • Harga : Rp 4 Jutaan

Berat layarnya saja dalam mode tablet hanya 500 gram, dengan tekhnologi true vivid, splendid dan i-care untuk mata supaya tidak cepat lelah. Desain dengan Alumunium, dan kelebihan lainya adalah bisa dicharger via micro USB pakai powerbank.

Acer Switch SW1-O11

  • OS : Microsoft Windows 10 Home 32bit
  • Processor : Intel Atom X5-Z8350 (1.44Ghz up to 1.84Ghz)
  • Hard disk : 500GB HDD dock + 32GB tablet
  • Memory RAM : 2GB DDR3
  • Screen : 10.1 inch Touchscreen (1280 x 800)
  • Model : 2 in 1, layar dapat dicabut dari keyboard.
  • Harga : Rp 3,7 jutaan

Dibandingkan dengan rival sekelasnya, Acer Switch SW1-011 ini memiliki kapasitas penyimpanan paling lega yakni 500GB yang terletak di docknya. Ketika digunakan untuk pengetikan di aplikasi office perangkat 2-in-1 ini bisa diajak untuk bekerja selama 6 hingga 8 jam

Dell Inspiron 11 3168

  • Processor : Intel N3060 2.48 GHz
  • Memori : 2GB DDR3 of RAM
  • Kapasitas Penyimpanan : 32GB eMMC
  • Screen Size : 11.6 Inch convertible
  • OS : Windows 10 Home
  • Harga : Rp 3,9 jutaan

Prosesor Intel Dell 11 ini mampu untuk memutar video beresolusi 4k, baterai nya bisa bertahan hingga 7 jam saat digunakan untuk fungsi office dan 4,5 jam saat dipakai untuk streaming nonstop.

Pilhan terbaik Laptop 2 in 1 With Intel Prosesor
Intel telah membuktikan diri sebagai pemain utama pada sektor prosesor di dunia. Kiprahnya selama ini telah menjadi bukti tak terbantahkan untuk jaminan kualitas komputasi dari setiap perangkat yang menggunakan prosesor intel.

Laptop 2 in 1 Intel terbaru mampu menghadirkan visual menakjubkan, Nikmati film, foto, dan game  dengan lancar dan tanpa hambatan serta kemampuan masa pakai baterai yang lebih lama. Selain itu kemampuan touchscreen juga dapat disajikan dengan baik berkat prosesor intel sehingga menambah kenyamanan saat menggunakan nya dalam mode tablet.


Gaya hidup digital membuat kita semakin mudah membeli apapun dengan hanya klak-klik di depan komputer atapun dari layar smartphone. Namun walau begitu kita jangan sampai salah memilih tempat belanja online, perhatikan dengan seksama agar kita mendapat pengalaman belanja terbaik.

Blibli.com adalah favorit saya dalam berbelanja online, sudah banyak sekali barang yang sudah saya beli dan semuanya meninggalkan kesan yang baik dengan ketepatan dan pelayanan yang luar biasa menyenangkan.

Untuk kategori Laptop 2 in 1 Blibli menyediakan beragam type yang dapat kita pilih dengan free ongkos kirim. Biasanya untuk paket laptop beratnya lebih dari 4kg nah tentu saja akan sangat berarti jika kita dapat “Gratis Biaya Pengiriman“, jadi lebih hemat belanja di Blibli.


Inovasi membuat hidup kita semakin mudah, seperti juga laptop 2 in 1 yang memberikan pilihan perangkat yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Ketika ingin lebih mobile kita bisa menjadikan nya “tablet” dan ketika ingin mengetik kita bisa menambahkan docking untuk mulai bekerja.

Dunia pendidikan kini menuntut pelajar untuk semakin kreatif, membuat kehadiran laptop untuk menunjang kegiatan belajar menjadi sebuah kebutuhan yang tidak terelakan. Laptop 2 in 1 sangat cocok untuk melengkapi gaya hidup pelajar tersebut, dimensi ringan dan fleksibel membuatnya tak membebani keseharian mereka.

Dengan pilihan beragam serta free ongkos kirim dari blibli.com membuat kita semakin mudah dan murah dalam memiliki perangkat laptop 2 in 1 impian kita.

 

comments