ciungtips.com – Indonesia adalah negara besar dengan sumberdaya alam yang melimpah, negara agraris di tengah khatulistiwa yang menjadi primadona bagi dunia. Di masa lalu negara kita adalah tujuan utama bagi bangsa eropa yang mencari rempah-rempah, Hingga kemudian kita merdeka negara kita mampu swasembada beras pada masa pemerintahan presiden soeharto. Lalu bagaimana dengan keadaan saat ini ? Secara umum pembangunan sektor pertanian di indonesia saat ini mengalami tren positif, walaupun pada akhirnya masih belum cukup maksimal untuk dapat mencapai swasembada pangan.

Negara kita yang memiliki kontur tanah yang sesuai sebagai lahan pertanian seharusnya memang tak kesulitan kembali menjadi negara agraris yang kuat, hal ini harus didukung oleh investasi pada rantai pasok dan modernisasi alat-alat pertanian. Dengan alat-alat pertanian yang modern, saluran irigasi terintegrasi serta metode tanam yang efisien kejayaan pertanian kita akan semakin tampak nyata.

Beberapa produk pertanian yang akan berkembang dimasa datang adalah diantaranya adalah jagung, selain padi dan gandum jagung merupakan komoditi pangan yang penting. Saat ini permintaan dunia terhadap jagung pun cenderung terus meningkat. Jagung termasuk tanaman yang mampu diolah menjadi berbagai produk seperti pangan, produk pakan ternak, farmasi, kertas bahkan dapat digunakan untuk memproduksi bahan bakar alternatif ramah lingkungan. Di indonesia, sentra produksi jagung terkemuka berada di daerah sulawesi tepatnya di Gowa.

Pertanian merupakan sektor yang mempunyai peranan strategis dalam struktur pembangunan perekonomian nasional negara kita. Hampir 60% warga indonesia menggantungkan hidup pada pertanian,mereka tersebaar di pedesaan-pedesaan yang ironisnya sebagian besar merupakan kalangan berpenghasilan rendah. Pembangunan sektor pertanian di indonesia saat ini seharusnya menitikberatkan kepada peningkatan ekonomi pada para petani kita sehingga dapat meningkatkan taraf hidup mereka.

Tantangan di masa depan akan semakin beragam, termasuk juga isu lingkungan dan pemanasan global secara tidak langsung akan mempengaruhi pola tanam dan produksi pertanian. Diharapkan pemerintah dapat memainkan peran sentral dalam membangun sektor pertanian menjadi sektor yang dapat diandalkan dan menjadi andalan masyarakat dalam meningkatkan taraf hidup mereka.