tips beli mata uang crypto
tips beli mata uang crypto

Beberapa mata uang kripto mencapai all time high alias harga tertingginya pada tahun 2021 namun begitu tiba di penghujung tahun, penurunan besar terjadi. Bersamaan dengan penurunan itu, ada banyak sekali berita yang membuat fear di market sehingga crypto banyak dilepas.

Pasar crypto terkena imbas dari ketidakpastian makro ekonomi yang sedang berlangsung. Kondisi ini sebagian besar didorong oleh perubahan regulasi, lonjakan inflasi, pasar saham yang goyah, kenaikan suku bunga, dan ketakutan akan resesi. Hingga paruh pertama tahun 2022 pasar crypto masih tertekan. Bitcoin dan ethereum telah turun lebih dari 60% dari level tertinggi sepanjang masanya pada tahun 2021.

Tetapi walau demikian minat orang pada crypto tetap tinggi. Ini adalah topik yang selalu menarik untuk dibahas tidak hanya di kalangan investor tetapi juga dalam budaya populer para milenial.

Tips Cuan Mata Uang Kripto

Karena cryptocurrency tingkat volatilitasnya sangat tinggi, tentukan seberapa besar risiko yang dapat kita tanggung. Jika bahkan perubahan kecil dalam harga membuat kamu tidak bisa tidur maka mungkin ini bukan investasi yang cocok untuk kamu. Saat memutuskan membeli maka kita harus siap menghadapi perubahan harga yang cukup signifikan.

Tidak disarankan untuk membeli karena ikut-ikutan teman atau membeli aset digital karena Fear-of-Missing-Out (FOMO). Untuk investasi aset kripto apa pun, sebaiknya baca roadmapnya terlebih dahulu untuk memahami lebih baik tentang tujuannya, teknologi, dan penggunaan mata uang kripto tersebut.

Kita perlu menetapkan tujuan apakah mau investasi atau trading karena disini ada perbedaan yang mendasar. Trading cenderung bersifat jangka pendek dan seringkali lebih spekulatif. Kita bisa melakukan trading dengan memanfaatkan fluktuasi harga intra-day. Trading harus disiplin karena mereka yang paling sukses mengelola emosinya bisa meraih cuan dengan maksimal.

Di sisi lain, investasi juga membutuhkan rencana dan disiplin agar bisa cuan, tetapi yang membedakan adalah jangka waktunya yang lebih lama. Investor dapat menggunakan strategi DCA saat market bergejolak.

Apa Itu Mata Uang Kripto

Mata uang kripto adalah mata uang virtual yang berfungsi sebagai aset digital yang diperlakukan sebagai media pertukaran antara dua pihak. Kita juga dapat membeli dan menyimpannya sebagai aset seperti emas. Atau trading cepat untuk mendapatkan cuan dari perbedaan harga jual dan beli.

Mata uang kripto umumnya terbagi ke dalam salah satu dari dua kategori ini:

  • Koin: Seperti Bitcoin dan altcoin (semua mata uang kripto selain Bitcoin) termasuk cryptocurrency berbasis penambangan, stablecoin, token keamanan, dan token utilitas.
  • Token: Aset yang dapat diprogram dan berjalan di dalam blockchain dari platform tertentu.

Apa Itu Koin Crypto?

Koin kripto adalah rangkaian kode komputer yang dapat mewakili aset, konsep, atau proyek, baik berwujud, virtual, atau digital yang dimaksudkan untuk berbagai kegunaan dan dengan penilaian yang bervariasi. Awalnya, koin ini dimaksudkan untuk berfungsi sebagai jenis mata uang.

Cryptocurrency tidak seperti mata uang fiat sepertl rupiah, dolar, euro, atau yen. Uang fiat itu nyata, diatur oleh otoritas keuangan, dan beroperasi sebagai alat tukar baik dengan barang atau jasa. Sementara mata uang kripto dapat melayani banyak tujuan di luar mata uang. Karena dibangun di atas teknologi blockchain, beberapa kripto dapat menawarkan solusi untuk masalah klasik di hampir setiap sektor ekonomi kita.

Apa Itu Token?

Token biasanya dibuat dan didistribusikan melalui initial coin offering (ICO), mirip dengan initial public offering (IPO) untuk saham. Dapat dibedakan menjadi:

  • Token nilai (seperti bitcoin)
  • Token keamanan (yang mirip dengan saham)
  • Token utilitas (ditunjuk untuk penggunaan tertentu)

Meskipun sebagian besar altcoin dibangun di atas kerangka dasar yang sama dengan Bitcoin dan berbagi beberapa karakteristiknya, setiap altcoin menawarkan peruntukan yang sedikit berbeda. Beberapa altcoin menggunakan proses yang berbeda untuk menghasilkan dan memvalidasi blok transaksi. Beberapa mungkin menawarkan fitur baru, seperti kontrak pintar atau keuntungan, seperti volatilitas harga yang lebih rendah.

mata uang kripto

Peringkat Kripto Paling Populer

Mata uang Kripto sangat volatil, bisa menjadi investasi yang menjanjikan cuan yang sangat tinggi dalam waktu yang singkat. Namun, disisi lain jika tidak hati-hati juga bisa membuat kita mengalami kerugian yang cukup besar.

Ada ribuan mata uang kripto saat ini, sebagian besar nilainya sangat kecil dan potensinya tidak jelas. Untuk meminimalisir kerugian sebaiknya kita memilih kripto yang memiliki nilai tinggi, stabil, proyek yang jelas dan tim yang kompeten.

Berikut adalah peringkat crypto yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli.

  • Bitcoin
  • Ethereum
  • XRP
  • Tether
  • Cardano
  • Polkadot
  • Binance coin
  • USD Coin
  • Dogecoin
  • Litecoin

Pilih Koin yang likuid

Ingat untuk memilih koin yang likuid agar kita bisa menjualnya dengan mudah. Kenali peringkat crypto yang paling populer dan diminati sebelum membeli. Jika nekad memilih koin yang tidak liquid bisa jadi kita hanya bisa membeli namun saat ingin menjualnya kembali tidak ada peminatnya.

Pilih bursa kripto terpercaya seperti Indodax

peringkat crypto

Indodax adalah bursa kripto terbaik di tanah air. Dengan membuka akun disana kita bisa membeli dan menjual berbagai macam koin popoler. Saat ini tidak kurang dari 217 aset koin dalam market IDR, 15 aset USDT, derivative, Defi dan stablecoin.

Di Indodax kita bisa melihat peringkat crypto berdasarkan volume perdagangannya dalam 24 jam terakhir. Dengan demikian kita memantau koin mana yang sedang hype. Selain itu juga bisa melihat koin manakah yang memiliki liquiditas yang baik.

Selain itu, salah satu kelebihan dari Indodax adalah kita bisa melakukan deposit melalui semua bank lokal Indonesia. Prosesnya cepat dan mudah sehingga kita tidak kehilangan momentum jika ada koin yang sedang populer. Ketika memutuskan untuk menjualnya maka aset kripto itu bisa dikonversikan menjadi Rupiah secara instan

Bagi yang suka trading cepat, Indodax juga sangat menyenangkan karena biaya Trading dan Persentase Penarikan mulai dari 0%. Tidak ada hari libur di pasar kripto, kita bisa trading di Indodax kapanpun karena transaksi berlangsung 24 Jam sehingga kita bisa memaksimalkan cuan.

indodax academy cuan
indodax academy cuan

Bagi yang masih pemula kita bisa belajar dulu melalui Indodax Academy. Disini kita bisa memanfaatkannya untuk paham benar bagaimana cara melakukan pembelian dan penjualan di Indodax baik di website resmi atau pun di mobile Apps.

Facebook Comments