sewa mobil liburan keluarga
sewa mobil liburan keluarga pixabay.com

Mobil masih menjadi salah satu moda transportasi yang banyak dipilih wisatawan saat liburan bersama keluarga. Terlebih jika jaraknya hanya 3-5 jam perjalanan, mobil rasanya menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan.

Apalagi di zaman serba praktis seperti sekarang ini, wisatawan juga tak perlu bingung jika tak memiliki mobil untuk membawa keluarga berlibur. Sebab, kini banyak rental mobil lepas kunci yang tersedia baik secara offline dan online, salah satunya melalui Traveloka.

Masih favoritnya mobil digunakan untuk moda transportasi liburan keluarga pun bukan tanpa alasan. Dengan membawa mobil sendiri, kamu lebih bisa menikmati waktu bersama keluarga di sepanjang perjalanan.

Kamu bisa mengobrol dengan keluarga dan bersenda gurau untuk mengusir bosan, serta ngantuk selama mengendarai mobil. Dengan bawa mobil sendiri, kamu juga bisa bebas berhenti kapan saja di area peristirahatan, tanpa takut mengganggu orang lain.

Namun, meskipun membawa mobil sendiri mendapatkan banyak keuntungan saat liburan, tapi ada hal-hal yang harus diperhatikan, terutama bagi kamu yang menyewa mobil lepas kunci. Apa saja?

Berikut lima hal yang harus diperhatikan sebelum menyewa mobil untuk liburan bersama keluarga.

tips liburan bersama keluarga
tips liburan bersama keluarga
pixabay.com
  1. Periksa Kelengkapan Surat Mobil

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum menyewa mobil adalah mengecek kelengkapan surat mobil yang akan disewa. Pastikan seluruh surat dan dokumen terkait lengkap, serta masih berlaku. Misalnya saja memperhatikan masa berlaku pajak kendaraan dan keaslian stnk.

Hal ini diperlukan agar tidak terjadi masalah di sepanjang perjalanan, selama kamu menyewa mobil tersebut. Jangan lupa juga untuk menanyakan setiap detail surat atau hal-hal terkait kepada pihak rental mobil. Semakin kamu teliti, semakin baik selama perjalanan.

  1. Cek Keadaan Mobil yang Disewa

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah mengecek keadaan mobil secara keseluruhan, sebelum kamu memutuskan untuk menyewanya. Hal ini penting agar tidak terjadi masalah selama perjalanan liburanmu bersama keluarga. Kamu tidak ingin niat awalnya untuk bersenang-senang, justru malah kesusahan karena kondisi mobil yang tidak baik, kan?

Sebab, statusnya yang disewakan membuat mobil tersebut sudah digunakan oleh banyak orang. Kadang kala, terdapat penyewa yang menggunakan mobil dengan sembarangan, sehingga membuat kondisi mobil menjadi tidak baik.

Untuk itu, pastikan kamu untuk mengecek secara menyeluruh kondisi mobil, seperti bagian rem dan mesin berfungsi dengan baik. Kemudian, oli juga masih dalam keadaan baik, sehingga liburanmu tetap akan nyaman dan aman.

  1. Cek Kebersihan Mobil

Selanjutnya, jangan lupa juga untuk memperhatikan dan mengecek kebersihan mobil yang akan disewa. Terlebih di zaman pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini, rasanya kita harus benar-benar teliti untuk mengecek kebersihan mobil.

Apalagi, orang-orang yang menyewa sebelumnya kadang kala tidak peduli dengan kebersihan mobil, dan banyak meninggalkan sampah ketika mobil dikembalikan. Pihak rental mobil pun terkadang tidak terlalu memperhatikan mobil sewaan mereka, sehingga kita sebagai penyewa harus lebih teliti tentang masalah ini.

Carilah mobil di rental yang terjamin kebersihannya. Jangan lupa mengecek setiap sudut mobil, untuk memastikan kondisi mobil dalam keadaan baik dan bersih.

  1. Sewa Mobil di Tempat Terpercaya

Kemudian, jangan lupa juga untuk menyewa mobil di tempat terpercaya. Kamu bisa survei dan mencari tahu rental mobil mana saja yang terpercaya, agar tidak terjadi masalah ke depannya.

Saat ini, semakin banyak rental mobil yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan, kamu juga tak perlu repot-repot mencari tahunya secara manual, karena sudah tersedia berbagai platform untuk menyewa mobil, termasuk di Traveloka.

Apalagi, kamu juga tak perlu khawatir jika menyewanya di situs resmi, karena terpercaya keasliannya. Meskipun begitu, kamu tetap harus teliti mencari tahu operatornya, ya. Jangan lupa untuk membaca ulasan dari penyewa sebelumnya, untuk memastikan apakah rental mobil tersebut terpercaya atau tidak.

  1. Pastikan Harga Sewa Mobil

Terakhir, jangan lupa juga untuk memastikan harga sewa mobil di rental yang ingin kamu sewa. Kamu juga bisa mencari tahu harga sewa mobil di pasaran, agar tidak tertipu ketika ingin menyewa.

Kamu bisa membandingkan harga dari satu rental ke rental lainnya. Jangan lupa juga syarat dan ketentuan yang diberikan setiap rental mobil.

Hal ini penting dilakukan, karena jika tidak teliti, harga sewa mobil yang kamu bayar justru akan lebih mahal. Misalnya perhatikan apakah harga sewa yang ditetapkan sudah termasuk bensin atau tidak. Perhatikan juga batas hitungan sewa per hari. Kadang kala, ada rental yang menghitung sewa harian dari pukul 12.00 siang hingga 12.00 malam.

Bagaimana, sudah mengerti apa saja yang harus diperhatikan saat menyewa mobil rental? Ingat, kamu harus teliti sebelum menyewa mobil, ya. Selamat berlibur!

 

Facebook Comments