mengatasi nyeri haid

Ketika menstruasi tak jarang para wanita mengalami nyeri hingga kram di bagian perut. Rasa sakit biasanya paling terasa di hari pertama hingga kedua menstruasi. Hal ini pun terkadang juga menghambat aktivitas harian maupun menimbulkan perasaan tidak nyaman. Secara umum, penyebab nyeri haid hari pertama terjadi adalah karena adanya pergerakan dinding otot rahim yang menekan pembuluh darah di sekitarnya.

Hal ini membuat pasokan oksigen menuju rahim terhenti. Ketiadaan oksigen di area rahim akan memicu tubuh untuk mengeluarkan zat kimia pemicu rasa sakit dan juga memproduksi prostaglandin. Prostaglandin inilah yang membuat otot-otot di rahim terus berkontraksi sekaligus meningkatkan rasa sakit. Guna meredakan rasa sakitnya, berikut adalah beberapa cara mudah dan alami yang bisa dilakukan.

1. Kompres Air hangat
Pemberian kompres air hangat bisa membantu merelaksasi otot, mencegah perasaan begah saat menstruasi, dan juga meningkatkan aliran darah. Minum air hangat juga bisa dilakukan untuk meningkatkan efek relaksasinya. Sehingga rasa nyeri bisa segera teratasi.

2. Olahraga Ringan
Olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, berenang, hingga bersepeda mampu mendorong produksi hormon endorfin yang befungsi sebagai penghilang rasa sakit.

3. Pijatan di Area Perut dan Punggung
Pijatan ringan di bapada perut dan punggung bagian bawah dapat mengurangi rasa sakit akibat menstruasi. Lakukan secara perlahan dengan gerakan memutar. Meredakan rasa sakit juga bisa dilakukan dengan posisi tidur sambil menaikkan kaki ke atas atau juga bisa dengan berbaring miring dengan lutut ditekuk

4. Hindari Makanan dan Minuman Tertentu
Guna mengurangi nyeri akibat haid, pembatasan konsumsi makanan atau minuman tertentu juga diperlukan. Makanan berlemak, bergula tinggi, tinggi akan garam, dan juga minuman bersoda maupun beralkohol sebaiknya dihindari.

Minuman maupun makanan mengandung kafein juga sebaiknya turut dihindari karena kafein dapat memperparah kram dan nyeri otot perut.

nyeri haid

5. Asupan Bergizi
Makanan yang mengandung gizi tinggi meliputi magnesium, vitamin E, vitamin B6, vitamin B1, asam lemak omega-3, berpotensi mengurangi rasa sakit atau kram ketika menstruasi. Konsumsi sayur dan buah yang mengandung mineral dan serat juga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

6. Teh Herbal Chamomile
Kandungan senyawa hippurate yang ada pada teh chamomile mampu membantu meredakan nyeri haid karena berfungsi sebagai anti radang. Senyawa ini akan menekan produksi prostaglandin dan mengurangi rasa sakit.

7. Relaksasi Aromaterapi
Menggunakan aromaterapi juga bisa mengurangi nyeri akibat menstruasi. Aroma bahan-bahan alami yang mebyegarkan seperti cengkeh, mawar, lavender, dan kayu manis bisa diaplikasikan ke daerah yang dirasa sakit.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba dengan mudah, namun jika tidak mereda, maka minum obat pereda nyeri haid bisa menjadi opsi yang bisa ditempuh. Semoga tips diatas membantumu menjalani hari lebih menyenangkan ya.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaRekomendasi Tempat Makan di Surabaya yang Murah Meriah
Artikel berikutnyaKenali 5 Tanda Seseorang Mengalami Alergi Sabun
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.