konsultasi dokter

Menjalani operasi mungkin bukan suatu hal yang diinginkan oleh setiap orang. Namun, operasi perlu dijalani untuk mendapatkan kondisi tubuh yang lebih baik. Untuk itu, kita perlu merelakan tubuh untuk dibedah sementara waktu agar bisa memiliki tubuh yang lebih baik lagi nantinya.

Dalam proses pemulihan pasca operasi, salah satu hal yang perlu diperhatikan betul adalah luka bekas operasi. Proses penyembuhan luka bekas operasi perlu diperhatikan karena bisa menyebabkan infeksi dan luka yang lebih lama sembuh. Penggunaan obat luka operasi jadi hal yang sangat penting supaya luka bisa cepat mengering dan bekasnya bisa hilang lebih cepat. Tapi, sudah tahukah Anda apa sajakah hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi? Berikut ini beberapa diantaranya:

Rutin konsultasi dengan dokter
Agar luka bekas operasi yang Anda dapatkan tidak mengalami infeksi, maka sebaiknya rutinlah berkonsultasi dengan dokter. Jika Anda masih berada di rumah sakit, proses konsultasi mungkin bisa dilakukan dengan mudah, tapi hal tersebut bukan berarti harus dihentikan setelah Anda keluar dari rumah sakit.

Konsultasi sangat penting untuk mengetahui seberapa baik proses penyembuhan luka berjalan dan langkah apa saja yang perlu dilakukan agar proses penyembuhan luka berjalan lebih cepat. Selain itu, konsultasi juga berguna untuk mengatahui apakah ada hal berbahaya yang terjadi pada luka bekas operasi supaya infeksi bisa dicegah. Dengan demikian, proses pemulihan luka akan berjalan lebih cepat tanpa perlu merasakan efek sampingnya sama sekali.

Memilih antibiotic yang tepat
Dalam menyembuhkan luka, tak jarang Anda membutuhkan antibiotic untuk dikonsumsi secara rutin. Antibiotik berguna untuk membantu mencegah terjadinya infeksi pada luka terutama pada luka pasca menjalani operasi. Tapi, penggunaan antibiotic tentu perlu didasarkan sesuai dengan kebutuhan berdasarkan kondisi luka dan kondisi tubuh Anda.

Agar bisa memilih antibiotic yang tepat, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sampai mendapatkan resep antibiotic yang dirasa cocok. Setelah itu, rutinlah konsumsi antibiotic tersebut sampai benar-benar habis dan infeksi pada luka pun bisa dicegah.

Itulah dua langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan apabila ingin menyembuhkan luka. Disamping dua hal diatas, Anda juga perlu rutin membaca info kesehatan terbaru agar lebih siap saat suatu penyakit datang. Artikel penyembuhan luka diabetes dari guesehat bisa menjadi salah satu opsi yang tepat untuk berjaga-jaga.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTips Membuat Website Untuk Traveler Menggunakan WordPress
Artikel berikutnyaTabunganku Maybank, Tabungan tanpa Biaya Administrasi dan Bebas Biaya Transfer Antar Bank
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.