Kelengkapan identitas sebagai pemilik mobil memang merupakan hal yang sangat penting bagi kita. Karena identitas tersebut menunjukkan bahwa kita adalah pemilik sah mobil tersebut. Sebaiknya kita tak hanya memahami syarat perpanjang STNK atau SIM saja. Pemahaman tentang proses pengurusan STNK yang hilang juga tak kalah penting.

Jangan panik dulu bila STNK mobil tiba-tiba hilang. Tenangkan diri agar kita bisa berpikir jernih dan melakukan proses-proses berikut ini:

1. Menyiapkan Syarat-Syarat Pengurusan

Ada beberapa dokumen yang harus kita siapkan untuk mengurus STNK mobil yang hilang. Dokumen-dokumen tersebut yaitu KTP asli dan fotokopi kita sebagai pemilik mobil, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), fotokopi STNK yang hilang (bila ada). Kita harus menggunakan dokumen tersebut untuk mengurus surat keterangan STNK hilang di kantor polisi terdekat dari rumah. Surat keterangan STNK hilang sangat dibutuhkan untuk mengurus STNK yang baru.

2. Melakukan Cek Fisik Kendaraan

Proses cek fisik kendaraan harus dilakukan di Samsat. Mobil kita akan melalui beberapa tes seperti pengecekan warna mobil, tes nomor rangka, dan tes nomor mesin. Hasil cek fisik ini dibutuhkan untuk lampiran formulir pengajuan pembuatan STNK yang baru.

3. Mengisi Formulir Pembuatan STNK

Kalau sudah memiliki kelengkapan identitas dan melakukan cek fisik kendaraan, selanjutnya kita harus mengisi formulir pembuatan STNK. Pastikan kalau kita mengisi data-data formulir dengan benar dan jelas. Supaya proses pembuatan STNK yang baru dapat berlangsung lancar.

4. Jangan Lupa Menyiapkan Biaya Pembuatan STNK

Selain biasa pembuatan STNK, kita juga harus menyiapkan dana tambahan karena STNK yang lama hilang. Biaya tambahan tersebut biasanya tidak terlalu besar, kurang dari 100 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat.

Pengalaman kehilangan STNK tentu membuat kita lebih cermat menjaga mobil kesayangan. Jangan sampai kita malah mengalami musibah kehilangan mobil di kemudian hari. Pilihlah satu dari sekian banyak produk asuransi all risk di Futuready untuk melindungi mobil kesayangan. Futuready adalah supermarket asuransi berkualitas yang menyediakan ragam pilihan asuransi dengan premi terjangkau. Keamanan mobil kesayangan kita akan senantiasa terjaga dengan proteksi menyeluruh dari asuransi pilihan kita. Mari melindungi mobil kesayangan sedini mungkin!

Facebook Comments